GadgetTekno

6 Perbedaan Menarik dari iPad Air dan iPad Pro, Mana yang Terbaik?

iPad Air dan iPad Pro adalah dua tablet andalan dari Apple yang memiliki banyak keunggulan. Keduanya sama-sama dibekali dengan prosesor yang powerful, layar yang jernih, dan berbagai fitur canggih.

iPad Air dan iPad Pro adalah dua tablet andalan dari Apple yang memiliki banyak keunggulan. Keduanya sama-sama dibekali dengan prosesor yang powerful, layar yang jernih, dan berbagai fitur canggih. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar antara kedua tablet tersebut yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya.

Dalam pembahasan kali ini, pentingnya untuk mengetahui perbedaan utama antara iPad Air dan iPad Pro beserta kelebihannya masing-masing. Dengan mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut, Anda dapat memilih tablet yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

1. Desain dan Layar

Perbedaan paling mencolok antara iPad Air dan iPad Pro adalah desainnya. iPad Air memiliki desain yang lebih ramping dan ringan, dengan ketebalan hanya 6,1 mm dan berat 462 gram. Sedangkan iPad Pro memiliki desain yang lebih tebal dan berat, dengan ketebalan 6,7 mm dan berat 682 gram.

Dari segi layar, iPad Air memiliki layar Liquid Retina berukuran 10,9 inci dengan resolusi 2360 x 1640 piksel. Sedangkan iPad Pro memiliki layar Liquid Retina XDR berukuran 11 inci atau 12,9 inci dengan resolusi 2388 x 1668 piksel atau 2732 x 2048 piksel.

Layar iPad Pro juga memiliki teknologi ProMotion yang dapat menyesuaikan refresh rate hingga 120 Hz, sehingga tampilannya menjadi lebih mulus dan responsif.

2. Performa dan Spesifikasi

Ketika berbicara soal performa, iPad Pro unggul dengan chip yang lebih canggih dan kapasitas RAM yang lebih besar, sehingga membuatnya sebagai pilihan yang sempurna untuk tugas-tugas berat dan aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya.

Di sisi lain, iPad Air dilengkapi dengan chip yang cukup kuat untuk menangani kegiatan sehari-hari seperti browsing internet, streaming video, dan bermain game dengan lancar.

iPad Air dan iPad Pro sama-sama dibekali dengan prosesor M1.

Namun, iPad Pro memiliki versi M1 yang lebih powerful, yaitu M1 Pro atau M1 Max. M1 Pro memiliki 10 inti CPU dan 16 inti GPU, sedangkan M1 Max memiliki 10 inti CPU dan 32 inti GPU.

3. Kamera dan Kemampuan Multimedia

iPad Air dan iPad Pro memiliki perbedaan kamera yang cukup signifikan. iPad Pro dilengkapi dengan sistem kamera yang lebih canggih, termasuk kamera belakang ganda dan sensor LiDAR yang mendukung realitas tertambah (AR) yang lebih baik.

Sementara iPad Air memiliki kamera yang lebih sederhana, tetapi tetap mampu menghasilkan kualitas foto dan video yang baik untuk penggunaan sehari-hari. iPad Air memiliki kamera belakang 12 MP dan kamera depan 12MP.

Di samping itu, iPad Pro memiliki kamera belakang 12MP Ultra Wide dan kamera belakang 12MP Wide, serta kamera depan 12MP Ultra Wide. Kamera belakang iPad Pro menawarkan fitur Center Stage yang dapat mengikuti pergerakan pengguna saat melakukan video call.

Bagi pengguna yang sering menggunakan iPad untuk fotografi, videografi, atau keperluan AR, iPad Pro adalah pilihan yang tidak diragukan lagi.

4. Baterai

iPad Air dan iPad Pro sama-sama memiliki baterai yang mampu bertahan hingga 10 jam penggunaan. Namun, iPad Pro memiliki keunggulan dalam hal pengisian daya. iPad Pro mendukung pengisian daya cepat 20W, sedangkan iPad Air hanya mendukung pengisian daya cepat 18W.

5. Aksesori dan Kompatibilitas

Kedua model iPad ini kompatibel dengan aksesori seperti Apple Pencil dan Smart Keyboard, namun terdapat perbedaan dalam hal kompatibilitas dengan generasi tertentu dari aksesori tersebut.

iPad Pro mendukung Apple Pencil generasi kedua yang memiliki fitur lebih canggih dibandingkan dengan generasi pertama yang kompatibel dengan iPad Air. Hal ini penting untuk dipertimbangkan, terutama jika Anda seorang profesional di bidang kreatif.

6. Harga

Terakhir, perbedaan harga antara kedua model ini tidak bisa diabaikan. iPad Pro, dengan semua fitur canggihnya, hadir dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan iPad Air. Bagi pengguna yang mencari perangkat dengan performa tinggi untuk keperluan profesional, investasi pada iPad Pro mungkin adalah pilihan yang tepat.

Namun, untuk penggunaan sehari-hari yang tidak memerlukan fitur khusus yang ditawarkan iPad Pro, iPad Air menawarkan nilai yang lebih baik dengan harga yang lebih terjangkau. iPad Air dibanderol dengan harga mulai dari Rp9,9 jutaan, sedangkan iPad Pro dibanderol dengan harga mulai dari Rp14,9 jutaan.

Dalam memilih antara iPad Air dan iPad Pro, pertimbangan utama harus didasarkan pada kebutuhan dan penggunaan pribadi Anda. Keduanya sama-sama memiliki performa yang kencang dan desain yang stylish. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya.

Jika Anda mencari tablet premium dengan harga yang terjangkau, iPad Air adalah pilihan yang tepat. iPad Air memiliki layar yang cerah dan tajam, performa yang kencang, dan desain yang stylish.

Sementara itu, jika Anda membutuhkan tablet dengan performa dan fitur yang lebih tinggi, iPad Pro adalah pilihan yang tepat. iPad Pro memiliki layar yang lebih cerah dan tajam, performa yang lebih kencang, dan fitur-fitur tambahan yang menarik, seperti performa kameranya.

Apapun pilihan Anda, iPad dan gadget lainnya dari Apple bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau di Blibli. Blibli selalu memberikan promo menarik untuk berbagai produk, termasuk iPad dan gadget lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera beli iPad dan gadget lainnya di Blibli sekarang juga!

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.