Ini Alasan Kenapa Channel YouTube Calon Sarjana Hilang!

in ,
Penyebab Calon Sarjana Dihapus
Akun YouTube Calon Sarjana | Okezone.com

Dunia YouTube khususnya di Indonesia kali ini dibuat terkejut setelah musnahnya salah satu akun YouTube dengan jumlah subcriber terbanyak sejumlah 13 juta yaitu Calon Sarjana. Channel YouTube Calon Sarjana benar-benar hilang dari platform milik Google tersebut setelah sebelumnya ditimpa masalah plagiat konten.

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya kenapa akun YouTube Calon Sarjana tidak dapat ditemukan lagi? Alasannya sudah tentu soal pelanggaran hak cipta, sehingga video yang pernah di uploadnya sudah dihapus oleh pihak YouTube.

Calon Sarjana
Akun Calon Sarjana Dihapus | Youtube.com

Seperti yang sudah Dafunda Tekno sebutkan di atas. Beberapa waktu lalu Calon Sarjana menimpa kasus plagiarisme, dimana mereka mengambil thumbnail serta isi video tanpa menaruh sumber pemilik asli dari video.

Akun YouTube Calon Sarjana Dihapus Pihak YouTube

Salah satu YouTuber yang mempermasalahkan soal tindakan Calon Sarjana ini yaitu JT dengan melaporkan akun Calon Sarjana. Ia meminta akun INFIA tersebut untuk segera dihapus dari platform YouTube.

Selanjutnya JT melaporkan kepada YouTuber lain soal konten miliknya dicuri oleh Calon Sarjana dan sama-sama untuk melaporkan kepada pihak YouTube. Tujuannya supaya pihak YouTube untuk menghapus akun Calon Sarjana dari platform mereka.

Sebagai informasi tambahan, berikut di bawah ini merupakan sistem hak cipta dari YouTube yang diterapkan untuk semua content creator:

Sistem Hak Cipta YouTube

Sistem Hak Cipta Youtube
Sistem Hak Cipta YouTube | YouTube
  1. Laporan ‘strike’ (pertama) yaitu channel akan dibekukan, artinya konten tidak dapat diupload selama 1 minggu.
  2. Laporan ‘strike’ (kedua) yaitu membuat channel dibekukan selama dua minggu
  3. Laporan ‘strike’ (ketiga) yaitu YouTube secara terpaksa menghapus channel yang melanggar aturan tersebut.

Nah sudah terjawab kan pertanyaan kalian kenapa akun YouTube Calon Sarjana dihapus oleh YouTube. Akun Calon Sarjana sudah tiga kali kena strike dalam hal melanggar peraturan dari YouTube sehingga akunnya sudah tidak dapat ditemukan lagi di YouTube.

Padahal sebelumnya akun Calon Sarjana lebih kurang satu bulan vakum. Mereka kembali menghadirkan konten terbaru lebih original dengan animasi buatan sendiri.