iPhone 11 Pro Ketahuan Kumpulkan Data Lokasi Pengguna

in ,
Celah Keamanan Di Iphone 11 Pro

Apple baru saja memberikan kabar jika iOS 13 memiliki pengaturan privasi yang sudah ditingkatkan dari sebelumnya. Namun tidak begitu nyatanya, iPhone 11 Pro malah masih saja melacak lokasi pengguna meskipun Location Services dinonaktifkan.

Hal tersebut ditemukan di laman Krebs on Security, merekalah yang membocorkan semua kejadian tersebut. Seperti yang disebutkan mereka menemukan jika iPhone 11 Pro masih tetap melakukan ping modul GPS untuk mengumpulkan data lokasi tanpa disembunyikannya.

Jika dilihat dari kebijakan privasi Apple itu sendiri, sebenarnya iPhone secara berkala akan mengirimkan lokasi di titik WiFi atau menara seluler secara anonim dan terenskripsi. Namun Apple mengatakan jika hal tersebut dapat dinonaktifkan secara sistematis setiap aplikasi.

iPhone 11 Pro Ketahuan Kumpulkan Data Lokasi Pengguna

Tapi dari temuan Kerbs terlihat sebaliknya. Melalui video yang mereka bagikan itu walaupun sudah dinonaktifkan Location Services pada setiap aplikasi, mematikan penerimaan data. Namun GPS masih saja tetap melakukan ping ke server secara misterius saat kemballi online.

Pihak Apple Menilai Ini Hal Wajar

Engingeer Apple dalam sebuah pernyataannya mengatakan jika mereka tidak mendapati resiko keamanan di sini. Ikon panah yang muncul pada saat Location Services diaktifkan itu sesuatu yang wajar.

Ikon itu juga bakal muncul jika Location Services dinonatifkan. Karena ada layanan dari sistem yang tidak memiliki tombol switch di Settings.

Inilah yang kemudian menjadi tanda tanya apakah Apple telah menyembunyikan sesuatu dari pengguna dengan fitur yang tidak bisa dinonaktifkan itu. Namun sejauh ini perusahaan yang basisnya di Cupertino itu belum memberikan konfirmasi lebih lanjut mengenai hasil temuan Krebs ini.


Nah jika kamu salah satu pengguna iPhone 11 Pro, apakah kamu juga mengalami hal seperti yang ditemukan oleh Krebs di atas? Yuk bagikan pendapatmu soal kasus ini melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Balasan