Jangan Pernah Klik ‘OK’ Kalau Dapat Notifikasi Nomor Telepon Kamu Tidak Terdaftar Lagi di WhatsApp

in ,
Modus Menyadap Whatsapp Melalui Nofitikasi Yang Dikirimkan Kepada Pengguna
Modus Menyadap Whatsapp Melalui Nofitikasi Yang Dikirimkan Kepada Pengguna | tecnoandroid.it

Ada sejumlah pengguna yang mengaku mereka telah mendapatkan notifikasi atau jendela pemberitahuan. Dalam notifikasi tersebut menyatakan kalau akun WhatsApp mereka tidak terdaftar di ponsel yang digunakan. Tetapi sudah berada di ponsel atau perangkat lain.

Bagi yang belum tahu bagaimana notifikasi dari motif pembajakan akun WhatsApp. Kamu bisa lihat melalui gambar di bawah ini.

Notifikasi Whatsapp Masuk Ke Perangkat Lain
Notifikasi Whatsapp Masuk Ke Perangkat Lain | kompas.com

Salah seorang pengguna bernama Sisca mengatakan jika baru-baru ini adiknya mendapatkan notifikasi serupa. Begitulah yang Dafunda Tekno kutip dari kompas.com.

Sejumlah pengguna WhatsApp Dibajak Setelah Mendapatkan Notifikasi

Selain wanita tersebut, ternyata notifikasi serupa juga diterima oleh sejumlah warga Twitter. Salah satunya adalah @batgurl__ yang mengaku jika akun WhatsApp di ponselnya secara tiba-tiba keluar. Setelah itu iya terpaksa memasukkan kode verifikasi nomor ponsel.

Lalu ada juga akun @Rohmanstwn mengaku ia merasa bingung karena tidak dapat lagi mengakses WhatsApp miliknya. Setelah ia menerima notifikasi tersebut dan tidak tahu apakah harus klik OK atau Verifikasi.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mudah Download Status di WhatsApp Android 100% Berhasil
pic.twitter.com/nq2D62mNku

— kalong subuh 🦇 (@Rohmanstwn) May 10, 2020

Lalu apa penyebab notifikasi pembajakan WhatsApp itu muncul dan apa yang harus dilakukan jika mendapat notifikasi begini?

Cara Mewaspadai Pembajakan Akun WhatsApp denga Tidak Meng-klik tombol OK

Seperti yang dikatakan oleh salah seorang pakar keamanan siber dari Vaksin, Alfons Tanujaya. Jendela tersebut hanya muncul ketika pengguna telah berhasil masuk ke sebuah akun WhatsApp.

“Itu bukan tanda WhatsApp bakal dibajak, tapi memang sudah dibajak,” ungkap Alfons.

Menurut ia, apabila pengguna menerima notifikasi tersebut, maka mereka harus mengklik tombol ‘Verifikasi’ untuk mengambil alih akunnya.

Jangan sekali-kali diklik OK tapi klik saja di tombol Verifikasi.

Cara Verifkasi Whatsapp Masuk Ke Perangkat Lain
Cara Verifkasi Whatsapp Masuk Ke Perangkat Lain | kompas.com

Saat memilih tombol verifikasi, maka pengguna harus melakukan verifikasi ulang akun WhatsApp. Dengan menggunakan enam digit kode yang dikirim melalui nomor telepon kamu.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Sembunyikan Status Sedang Mengetik di WhatsApp

Sebaliknya jika menekan tombol ‘OK’ maka pengguna seakan telah menyetujui jika akun mereka memang masuk ke perangkat lain.

Padahal pengguna WhatsApp tidak pernah mencoba untuk masuk atau mengganti nomor WhatsApp. Namun jika sudah terjadi pembajakan, maka akun tersebut bisa disalahgunakan untuk kepentingan tertentu.

Aktifkan fitur two-step verification

Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah Di Whatsapp
Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah Di Whatsapp | kompas.com

Untuk mencegah hal tersebut, Alfons menyarankan pengguna untuk mengaktifkan fitur keamanan tambahan, seperti Two-step verification di akun WhatsApp.

Fitur tersebut dapat diaktifkan dengan membuka menu pengaturan WhatsApp – Account – Two-step verification.

Lalu ketuk pada tombol Enable dan masukkan enam digit PIN yang mudah diingat dan tidak mudah ditebak. Pengguna juga bisa memasukkan email tambahan untuk mempermudah saat lupa nomor PIN.

Setelah mengaktifkan fitur keamanan tambahan di WhatsApp, kamu cukup harus memasukkan PIN yang sudah dibuat tadi ketika masuk akun WhatsApp di perangkat lain.