HardwareTekno

Berniat Kalahkan Pesaing, AMD Hadirkan Radeon Vega Frontier Edition

Radeon Vega yang dulu pernah diperkenalkan oleh AMD kini kembali di ulas dalam Frontier Edition pada 2017 Financial Analyst Day. AMD mengkalim bahwa Radeon Vega Frontier Edition akan menjadi VGA pendatang baru pertama yang akan sangat direkomendasikan untuk kalangan pengembang AI.

Hal ini mungkin mengecewakan bagi para gamer namun ini akan menarik bagi pengguna lainnya. AMD mengklaim VGA ini memiliki 64 compute unit yang akan menghasilkan 13 teraflops yang akan memberikan performa yang presisi 32 bit. Pada Nvidia GTX 1080 Ti menawarkan 11.3TFLOP dan Nvidia Titan XP 12TFLOP.

Radeon Vega Frontier ini akan memiliki 4096 stream processor dengan clock melebihi 1550 MHz. AMD juga mengklaim Radeon Vega Frontier Edition ini akan menjadi VGA card tercepat di dunia.

Radeon Vega Frontier

Radeon Vega Frontier Edition

Radeon Vega Frontier Edition ini menawarkan cache bandwidth 16GB yang dibuat oleh High Bandwidth Memory 2, yang mampu menghasilkan data hingga 480Gbps. High Bandwidth Memory 2 ini akan menjadi cache bukan sebagai memori atau VRAM. hal ini menjadi keunggulan utama Vega yang akan memberikan akses data yang cepat dalam jumlah yang besar.

AMD juga sedang merancang untuk membangun New Compute Unit yang menggunakan double packed math, untuk melipatgandakan troughput dengan menggunakan data 16 bit yang akan memiliki total 26TFLOP. Namun hal ini tidak akan berdampak besar untuk game atau aplikasi sehari-hari lainnya.

AMD Radeon Vega Frontier Edition merupakan VGA ultra high-end yang dirancang untuk multitasking. VGA ini juga mendukung VR, visualisasi yang lebih meningkat lagi, sehingga VGA ini dapat memainkan beragam game berat dengan kualitas yang baik.

AMD Radeon Vega Frontier Edition ini memiliki 64 compute units dan 4096 stream processor yang dapat menghasilkan performa 13 TFLOPS, setingkat lebih tinggi dari Nvidia Titan XP.Tentu saja VGA gaming ini akan membuat kamu bermain dengan lebih nyata lagi.

Sebelumnya Nvidia baru saja mengumumkan Tesla V100 terbarunya yang didasarkan pada arsitektur Volta, jadi tidak mengherankan kalau AMD kali inipun kembali menghadirkan kartu grafis Frontier Edition terbarunya.

GPU Vega menandai masuknya AMD ke kancah persaingan GPU desktop yang berkinerja tinggi, namun juga berfungsi sebagai platform untuk menembus pasar data center yang ada saat ini.

GPU Radeon Vega Frontier Edition ini dibekali dengan 64 Next-Generation Compute Units, yang telah dianugerahi AMD dengan moniker “nCU” karena mendukung tipe data baru, yang menampilkan 4.096 stream processors. AMD telah mengoptimalkan nCUs untuk clock yang lebih tinggi dan juga mengintegrasikan buffer instruksi yang lebih besar sesuai kebutuhannya.

RADEON VEGA FRONTIER EDITION GPU TERKUAT DI VEGA

Radeon Vega Frontier Edition akan memiliki dua model yang pertama akan menggunakan fan untuk pendingin nya dan yang kedua akan menggunakan liquid cooling untuk sistem pendinginan nya. Kedua VGA card ini menggunakan 2×8-pin konektor daya yang memiliki TDP sekitar 300W.

AMD Radeon Vega Frontier Edition akan diluncurkan pada bulan Juni 2017 dan untuk harganya mungkin ini akan sangat mengecewakan mengingat performa Vega dapat melebihi GTX 1080 Ti dan Titan Xp. Para gamer mungkin akan kecewa juga melihat VGA card Radeon Vega akan difokuskan untuk perusahaan bukan untuk para gamer.

GPU Family AMD Vega AMD Navi NVIDIA Pascal NVIDIA Volta
Flagship GPU Vega 10 Navi 10? NVIDIA GP100 NVIDIA GV110
GPU Process 14nm FinFET 7nm FinFET? TSMC 16nm FinFET TSMC 12nm FinFET
GPU Transistors 15-18 Billion TBC 15.3 Billion 21.1 Billion
Peak FP32 Compute 12.5 TFLOPs TBC 12.0 TFLOPs 15.0 TFLOPs
Memory (Consumer Cards) HBM2 HBM3 GDDR5X/HBM2 GDDR6/HBM2?
Memory (Dual-Chip Professional/ HPC) HBM2 HBM3 HBM2 HBM2
HBM2 Bandwidth 480 GB/s (Instinct MI25) >1 TB/s? 732 GB/s (Peak) 900 GB/s
Graphics Architecture Next Compute Unit (Vega) Next Compute Unit (Navi) 5th Gen Pascal CUDA 6th Gen Volta CUDA
Successor of (GPU) Radeon RX 500 Series? Radeon RX 600 Series? GM200 (Maxwell) GP100 (Pascal)
Launch 2017 2018 2016 2017

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment