Kapal Karam di Cisolok Terekam Google Maps, Ini Linknya!

in ,
Penampakan Kapal Karam Di Google Maps
Penampakan Kapal Karam Di Google Maps | Google.maps

Terlihat melalui sebuah tangkapan layar (screenshot) citra satelit Google Maps yang sedang viral di media sosial. Tangkapan layar tersebut adalah sebuah foto benda yang dinyatakan itu adalah kapal yang karam.

Benda yang besar dugaan itu adalah kapal karam berada tidak jauh dari pantai Cikembang, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat.

Seperti yang tertulis di dalam keterangan dari seorang saksi. Foto tersebut pertama kali ditemukan oleh para nelayan bernama Akbar, Iki dan Asep yang sedang memancing di laut Selatan Sukabumi.

Kapal Karam di Cisolok Terekam Google Maps

Awalnya mereka bertiga sedang menggunakan aplikasi Google Maps untuk mencari lokasi memancing yang strategis. Tetapi tidak disangka kalau mereka malah menemukan sosok benda yang mirip kapal karam di tengah laut.

“Awalnya Iki tidak sengaja melihat benda yang aneh di Google Maps. Lalu menanyakan ke saya dan saya juga penasaran” cetus Akbar Alfiana (22) seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Kompas.com.

JANGAN LEWATKAN •
Instagram, Whatsapp & Facebook Akan Saling Terintegrasi! Kamu Bisa Saling Mengirim Pesan Lintas Aplikasi

Foto tersebut kemudian telah dibagikan di grup Facebook oleh Iki pada Jumat 19/6/2020 sekitar pukul 23.00 WIB. Ia berharap warganet bisa memberikan jawaban dari foto kapal karam tersebut.

Setelah dibagikan di Facebook dan foto viral di media sosial. Sehingga para petugas gabungan yang beranggotakan TNI , Polri dan tim SAR langsung menelusuri ke lokasi penampakan kapal karam tersebut.

“Penelusuran ini adalah untuk memastikan keberadaan kapal karan yang tertangkap melalui satelit Google Maps itu. Namun untuk memastikannya, kamu memiliki kendala dengan peralatan deteksi bawah laut” ungkap Kepala Satuan Polair Polres Sukabumi AKP Tri Andri Apandi, di Sukabumi.

Petugas kini sudah mengarahkan kapal patroli yang bertolak dari Dermaga I Pelabuhan Perikanan Nusantara Pelabuhan ratu menuju ke titik koordinat kapal. Berada di 6.97’2601″ Bujur Timur-106.42’7192″ Lintang Selatan, tepatnya di Pantai Cikembang, Kecamatan Cisolok.

JANGAN LEWATKAN •
Pendiri WhatsApp Ajak Netizen Hapus Facebook

Link Google Maps Kapal Karam di Cisolok

Setelah sampai di lokasi, para petugas mengamati secara manual untuk melihat koordinasi dan tetap berhati-hati memantau arus permukaan. Petugas akhirnya berhasil mengidentifikasi kapal yang berjenis kargo tersebut.

Diperkirakan kapal karam di laut Cisolok itu memiliki panjang sekitar 150 meter dan lebar 28 sampai 30 meter dan bobot matinya 120.000 ton.

Penampakan kapal karam tersebut cukup jelas terlihat di Google Maps. Bagi yang penasaran ingin mengaksesnya, kamu bisa klik pada link atau tautan ini. Foto kapal bisa terlihat disaat kamu mengubah tampilan maps ke citra satelit.