Tahun Depan, Ponsel Samsung Bakal Dijual Tanpa Charger

in ,
Adapter Charger Samsung
Adapter Charger Samsung | thegioididong.com

Sepertinya Samsung bakal mengikuti jejak dari Apple, dimana tidak lagi menyediakan kepala kepala (adapter) charger di dalam kotak penjualan untuk smartphone miliknya. Aksesoris tersebut selama ini memang selalu diikut sertakan di dalam paket penjualannya.

Seperti yang diberitakan situs Korea ETNews, langkah diambil oleh Samsung ini berdasarkan asumsi jika akesoris pengisi daya itu sudah banyak dijual di pasar. Apalagi sudah kurang lebih 10 tahun smartphone Samsung mengisi pasar gadget.

Disamping itu hal ini juga dilakukan untuk menekan biaya produksi, seiring kini sudah ada penambahan ongkos untuk menufaktur smartphone 5G.

Samsung berencana tidak sediakan charger untuk penjualan smartphone-nya tahun depan

Bahkan Apple sendiri juga mengatakan hal serupa. Menurut analis fenomenal Ming-Chi Lou, nanti mereka bakal menghilangkan juga adapter charger 5W atau 18W yang biasanya didapat di dalam kemasan boks saat membeli iPhone. Alasannya juga sama yaitu untuk mengurangi biaya produksi.

Nanti sebagai ganti, Apple bakal menyediakan adapter yang sudah mendukung pengisian cepat 20W, sudah tentu ini dijual secara terpisah.

Menurut rumor yang beredar baik dari Samsung dan Apple berniat untuk menerapkan langkah ini mulai tahun 2021 yang akan datang. Walaupun demikian, ini masih sebatas rumor, karena belum ada konfirmasi kebenarannya. Karena Samsung dan Apple belum memberitahu rencana tersebut secara pasti.

Nah jika memang benar rumor tersebut, tentu pengguna nanti mau tidak mau harus membeli kepada adapter secara terpisah.

Nilai positif dari rencana Samsung

Namun disamping itu, setidaknya ada beberapa hal yang positif jika langkah tersebut benar terjadi. Selain dapat menghemat biaya produksi, aksesori charger yang tidak tersedia ini katanya bakal berdampak baik terhadap lingkuangan.

Pasalnya konsumen tidak bakal membuang lagi kepala charger smartphone yang sudah mereka miliki. Artinya konsumen bakal membeli kepala charger saat dibutuhkan, begitulah yang Dafunda Tekno kutip dari The Verge.

Di sisi lain, untuk kotak penjualan smartphone ke depan juga bisa didesain lebih ramping dan simpel supaya lebih ramah lingkungan. Pasalnya kepala charger yang sekarang ini membutuhkan banyak tempat karena tebal.

Bagikan jika kamu suka

JANGAN LEWATKAN •
Harga Samsung Galaxy S10 Lite Resmi di Indonesia