Sekarang Video Facebook untuk aplikasi di Android Mobile/smartphone sudah bisa ditonton secara offline alias, tidak perlu lagi koneksi internet. Dengan syarat pengguna sudah menyimpan atau mengunduh video tersebut kedalam perangkat Android sebelumnya.

Adanya layanan tersebut berkat hadirnya fitur baru yang disebut dengan “Save Video” yang resmi dirilis oleh Facebook pada hari ini Rabu 20/7/2016. Cara menggunakannya pun cukuplah mudah. Pengguna hanya perlu membuka video pada aplikasi Facebook Android, Lalu menyentuh ikon titik tiga yang sudah tersedia. Setelah itu Tinggal pilih tulisan “Save Video“.

Syaratnya sederhana saja, pengguna harus memutar video sampai selesai disaat sedang terhubung dengan koneksi internet. Jika tidak maka video yang tersimpan tidak bisa diputar secara offline atau hanya tersimpan pada kolom penyimpanan saja.

JANGAN LEWATKAN
Google Membuat Aplikasi Chatting Hasil "Contekan" Facebook

Seperti yang dilaporkan dari Lifehacker, Rabu 20/7/2016. jika sudah melakukan langkah-langkah tadi, Pilih kembali ikon (tiga garis datar) sebelah kanan atas Facebook lalu cari kolom bertuliskan “Saved”.

Pada kolom tersebut, dapat pengguna lihat dimana video-video yang sudah disimpan dan siap untuk ditonton secara offline melalui aplikasi Facebook. Tidak bisa diputar melalui aplikasi lain (Misalnya: Mx Player, VLC media Player, dan Pemutar Media lainnya).

Mulanya fitur “Save Video” ini hanya sebagai uji coba yang diterapkan di India, namun sekarang sudah dirilis kesemua aplikasi mereke khususnya untuk OS Android.

Untuk pengguna iOS belum ada kabar akan diberikan fitur tersebut, sebagaimana disaat berita ini muncul. Dan pastinya setelah ada di Android, bisa jadi di iOS sedang dalam tahap pengembangan.