5 Fakta Menarik PlayStation 5 Yang Wajib Kalian Ketahui Sebelum Membelinya

in , , ,
Fakta Menarik PS5 Desain Yang Unik
Fakta Menarik PlayStation 5 | Sony PlayStation

Kabar mengenai fakta menarik PlayStation 5 memang sangat senter diberitakan di berbagai media. Berbagai bocoran seputar PlayStasion 5 pun telah beredar sejauh ini. Baru saja, Shuhei Yoshida selaku pihak Sony telah memberikan berbagai informasi kepada publik tentang konsol terbaik di dunia ini.

Kabar ini diperoleh pada pagelaran Sony CES 2020 beberapa waktu lalu. Banyak orang berharap Sony mengungkap banyak hal soal Playstation 5, namun pihak Sony nampaknya tengah menyediakan suatu kejutan.

Jika mengacu pada informasi yang dibagikan oleh Gematsu, Sony sepertinya tidak melakukan banyak perubahan terhadap PlayStation 5. Namun ada beberapa fakta menarik yang harus diketahui mengenai PlayStation 5 ini.

Nah kali ini Dafunda Game akan membahas mengenai fakta menarik yang terdapat pada PlayStation 5, berikut adalah ulasannya.

1. Memiliki Desain Yang Unik

Fakta Menarik PS5 Desain Yang Unik
Sony PlayStation

PlayStation 5 dikabarkan akan memiliki desain yang cukup unik, yakni berbentuk huruf V. Di tengah-tengahnya ada beberapa lubang yang diduga berfungsi untuk menjaga temperatur konsol.

Meskipun tidak diumumkan pas pengenalan logonya di CES 2020, tapi PS5 tetap diprediksi bakal punya desain yang lebih futuristik dibanding generasi sebelumnya.

2. Fitur Unggulan

Fitur Unggulan PS5
Sony CES 2020

Selain bentuknya yang terbilang sangat futuristik, PlayStation 5 diketahui bakal banyak menghadirkan fitur unggulan. Fitur-fitur tersebut adalah 3D Audio, Haptics / Adaptive Trigger yang digunakan pad kontroller DualShock 5, Ultra-High Speed SSD, Hardware-Based Ray Tracing dan Ultra HD Blu-Ray.

Untuk GPU-nya, PlayStation 5 akan menggunakan GPU custom yang berdasarkan AMD Radeon Navi. Digunakannya GPU ini memungkinkan PlayStation 5 untuk memiliki fitur grafis ray-tracing, dan menjadi konsol game pertama yang mendukung fitur ini.

3. Fakta Menarik PlayStation 5 Didukung Media Penyimpanan SSD

SSD
WD

Fakta menarik lainnya adalah PlayStation 5 diketahui akan didukung media penyimpanan SSD. Solid State Driver (SSD) kini tengah menjadi primadona, pasalnya benda ini menawarkan komputasi yang lebih cepat.

Kabar mengenai PS5 didukung SSD ini disampaikan juga pada saat pagelaran CES 2020 lalu. SSD yang nantinya digunakan PS5 diklaim memiliki kecepatan super tinggi yang mendukung komputasi game hingga resolusi 8K.

4. Spesifikasi Dewa

Spesifikasi PS5
Sony PlayStation

Fakta menarik selanjutnya adalah mengenai spesifikasi. Dari hasil bocoran desain PS 5 Dev Kit, muncul bocoran perihal spesifikasi PS5. Mulai dari penggunaan chipset AMD 8 Core dengan arsitektur Ryzen, serta GPU terbaik dari klan GPU Radeon Navi.

Dukungan penyimpanan SSD, setting Audio 3D, perangkat keras PSVR, dan paling menarik dukungan 8K. Semua spesifikasi tersebut dibeberkan oleh Mark Cerny dengan penjelasan serta alasan menggunakan spesifikasi mahal dan berkelas tersebut.

Khusus untuk GPU, sistem untuk PS5 nantinya akan berhubungan dengan Ray Tracing yang merupakan bagian termahal dari sebuah program CGI pada perfilman Hollywood.

Selain itu, penggunaan resolusi 8K juga untuk menambah detail dari setiap game yang dimainkan. Untuk Optical Drive yang digunakan dalam memutar game 4K Blue Ray, sudah menggunakan model bertenaga 100 GB.

5. Harga Sony Playstation 5

PlayStation 5
Sony PlayStation

Melansir dari BGR, sebuah retailer game di Slowakia bernama ProGamingShop mengklaim PlayStation 5 akan dibanderol 499 Euro atau sekitar Rp 7,7 juta.

Jika benar demikian, berarti harga awal PS5 lebih tinggi dari PS4 yang di Eropa kala itu dibanderol 340 Euro. Tentunya bocoran harga tersebut belum pasti benar dan bisa berbeda-beda di tiap negara.

Selain harga, tanggal pasti rilis PlayStation 5 pun sudah beredar di mana-mana. Awalnya diprediksi konsol ini akan dirilis pada pertengahan November 2020, akan tetapi berubah menjadi awal Desember.


Nah itulah tadi beberapa fakta menarik yang harus diketahui mengenai PlayStation 5. Nantikan terus kabar menarik lainnya seputar PlayStation 5 ini hanya di Dafunda Game.