Sejarah Penggunaan Istilah “Cyberpunk” Dalam Dunia Game!

in ,
Cyberpunk 2077 (keanu Reeves)
Cyberpunk 2077 (keanu Reeves) | besthdwallpaper.com

Saat ini, game Cyberpunk 2077 menjadi salah satu game yang sangat dinantikan oleh para pecinta game. Pasalnya, game besutan CD Projekt Red ini menawarkan sensasi bermain game yang cukup berbeda dari game pada umumnya. Game ini juga menghadirkan seorang karakter ternama yaitu Keanu Reeves.

Cyberpunk 2077 sendiri digadang-gadang akan menjadi game dengan tema cyberpunk terbaik atau bahkan menjadi yang terbaik dari keseluruhan game itu sendiri. Namun ternyata banyak yang menganggap bahwa Cyberpunk sendiri merupakan sebuah nama game. Padahal Cyberpunk sendiri adalah sebuah genre video game yang sudah ada sejak tahun 1983 silam.

Sejarah Penggunaan Istilah Cyberpunk Dalam Dunia Game

Cyberpunk 2077 1
Cyberpunk 2077 | CD Projekt Red

Penggunaan istilah cyberpunk pertama kali digunakan pada tahun 1983 oleh penulis bernama Bruce Bethke pada cerita pendek berjudul sama (Cyberpunk). Dimana istilah cyberpunk sendiri merupakan gabungan antara cybernetics dan punk.

Cybernetics adalah istilah yang menjelaskan tentang adanya kendali otomatis baik pada mesin maupun makhluk hidup.Sedangkan Punk adalah suatu budaya, gaya hidup, dan aliran musik yang identik dengan kekerasan dan kebebasan.

Sejatinya premis dan konsep dari cyberbunk sudah lama digunakan oleh penulis, artis, dan philosopher tahun 80-an. Namun, istilah ini baru digunakan secara resmi pada tahun 1983. Salah satu detail mengenai dunia cyberbunk sebelum istilah cyberpunk digunakan adalah film Blade Runner yang dirilis pada tahun 1982 silam.

Ciri khas dari tema cyberpunk sendiri adalah adanya suatu kehidupan dimana teknologi berkembang pesat dan mempengaruhi kehidupan manusia dalam skala yang masif.

Selain teknologi, tema cyberpunk juga berfokus pada kultur, gaya hidup, hingga icon tersendiri. Hal inilah yang membuat tema cyberpunk menjadi genre game yang berbeda dengan game pada umumnya. Untuk saat ini, game-game yang memiliki genre Cyberpunk sendiri di antaranya adalah Deus Ex, Watch Dogs, System Shock, dan Far Cry 3: Blood Dragon.


Istilah Punk Lain Yang Digunakan Dalam Game

Bagi kalian yang belum tau, cyberpunk sendiri adalah istilah yang digunakan untuk memberikan kesan futuristik dalam sebuah game maupun hal lainnya. Namun, cyberpunk sendiri bukanlah satu-satunya istilah yang ada, ternyata masih ada tema lain yang berhubungan dengan istilah punk.

Adapun istilah punk pada sub-genre lain tidak kalah menarik. Beberapa sub-genre ‘punk’ yang diketahui ada di video game antara lain steampunk, whalepunk, biopunk, dan dieselpunk.


Steampunk

Bioshock Infinite
Bioshock Infinite | Irrational Games

Istilah Steampunk adalah turunan dari istilah cyberpunk, dimana kultur masih dapat ditemukan pada sub-genre ini. Dalam tema ini, kalian bisa membangun dunia melalui teknologi pada masa revolusi industri.

Kalian akan dibawa kembali di era tahun 1800-an dimana sering disebut dengan mesin uap, dan akan menemukan hal seperti balon udara, kereta uap, senjata era 1800-an. Contoh dari game dengan tema steampunk adalah Bioshock Infinite, Steamworld series, dan The Order 1886.


Whalepunk

Dishonored
Dishonored | Arkane Studios

Contoh game dari tema Whalepunk bisa ditujukan kepada game Dishonored. Dishonored sendiri adalah game artistik dengan dunia yang memiliki ciri dari steampunk. Akan tetapi, teknologi yang terdapat dalam game ini terlihat sangat maju. Hal itulah yang membuat game ini bisa dikategorikan sebagai salah satu contoh game dengan tema Whalepunk.


Biopunk

Bioshock
Bioshock | 2K Games

Contoh game dari tema Biopunk sendiri bisa kita lihat dalam game seperti Bioshock, Prototype, dan Prey (2017). Genre Biopunk sendiri berfokus pada perubahan yang diakibatkan oleh modifikasi biologis. Ciri khas dari tema ini biasanya karakter utama yang memiliki kemampuan menggunakan dan memodifikasi organ tubuhnya.


Dieselpunk

Mad Max
Mad Max | Feral Interactive

Contoh game dengan tema dieselpunk antara lain Mad Max, Wolfenstein series, dan Red Alert saga. Tema Dieselpunk biasanya berfokus pada dunia fiktif yang paling identik dengan dunia nyata.

Game dengan tema ini hadir teknologi diesel yang menyebabkan pencemaran udara dan perubahan lingkungan secara drastis. Ciri khas dari tema ini seperti truk berukuran jumbo, senjata berkaliber besar, dan protagonis gahar selalu menemani kalian di setiap situasi.


Nah itulah Sejarah Penggunaan Istilah Cyberpunk Dalam Dunia Game dan beberapa istilah punk lainnya dalam dunia game. Update selalu informasi game kalian hanya di Dafunda Game yaa!!

Source: Gamebrott.com

Bagikan jika kamu suka