10 Animasi Batman Terbaik Sepanjang Masa

in , , ,
Animasi Batman Terbaik Sepanjang Masa

Perdebatan Marvel vs DC selalu menarik dibicarakan, namun satu hal yang pasti adalah DC memenangkan satu poin dalam hal film animasi, khususnya animasi Batman. Hampir setiap animasi yang dirilis mendapat ulasan positif.

Hal ini tentu karena semesta di animasi DC tampaknya lebih terkoordinasi daripada film live-action mereka. Dengan rilis terbaru dari Batman vs Teenage Mutant Ninja Turtles dan adaptasi yang akan datang dari novel grafis populer Batman: Hush. DC dan Warner Bros benar-benar telah menguasai genre superhero berbasis animasi.

Saat ini, Batman vs Teenage Mutant Ninja Turtles menerima banyak ulasan positif. Kehadiran Batman: Hush juga sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar.

Pada kesempatan ini Dafunda Movie memiliki daftar 10 film animasi Batman terbaik sepanjang masa. Simak daftarnya di bawah ini.


10 Film Animasi Batman Terbaik

Batman: Return of the Caped Crusaders 2016

Animasi Batman Terbaik

Jika kalian adalah seorang penggemar Adam West ketika ia berperan sebagai Batman, maka film Batman: Return of the Caped Crusaders wajib kalian liat.

Disuarakan oleh banyak pemeran asli (termasuk Adam West dan Burt Ward), film animasi ini dengan sempurna membawa cerita menarik dari seri aslinya.

Plot cerita ini mengikuti kisah Batman dan Robin ketika mereka berusaha untuk menggagalkan trik Joker, Riddler, Penguin, dan Catwoman. Namun, semua mulai berubah menjadi aneh ketika kepribadian Batman berubah secara tiba-tiba.

Seluruh film dipenuhi dengan aksi, plot lucu, dan humor yang semuanya berasal dengan serial TV asli. Meskipun tidak terlalu mendalami karakter, Batman: Return of the Caped Crusaders adalah sebuah tontonan nostalgia yang sangat ingin dilihat oleh penggemar serial TV.


Batman Beyond: Return Of The Joker 2000

Animasi Batman Terbaik Batman Beyond

Serial TV Batman Beyond tetap menjadi favorit banyak penggemar. Warner Bros memutuskan sesuatu yang kontroversi saat memperkenalkan Batman yang lebih muda, untungnya film itu terbukti sukses besar.

Film ini juga menampilkan nada yang lebih gelap dan Bruce Wayne yang jauh lebih tua (masih disuarakan oleh Kevin Conroy) yang berfungsi sebagai jembatan ke serial animasi asli. Penggemar semakin tertarik menyaksikan film ini karena memperlihatkan kembalinya penjahat paling berbahaya Batman, Joker.

Melihat Joker (disuarakan oleh Mark Hamill) meneror Neo-Gotham, Bruce Wayne, dan Batman baru dipaksa untuk melakukan perjalanan yang sangat berbahaya agar bisa menghentikan Joker.

Film ini juga menceritakan lebih banyak kisah detektif dengan banyak kejutan untuk sebuah film animasi. Terry ditantang hampir dalam segala hal oleh Joker dan dengan caranya sendiri mampu membuktikan bahwa ia layak disebut Batman.


Superman/Batman: Apocalypse 2010

Animasi Batman Terbaik Apocalypse

Berdasarkan alur cerita komik, Superman/Batman: Apocalypse, film ini menceritakan kisah Superman dan Batman yang berhadapan dengan Darkseid. Film ini juga mengikuti kisah sepupu Superman, Kara yang kembali ke dunia DC.

Setelah kematiannya dalam Crisis on Infinite Earths, Kara tidak akan muncul kembali sampai bertahun-tahun kemudian. Versi film ini mengikuti alur cerita komik, namun tidak cukup menggambarkan kehebatan gaya seni Michael Turner.

Meskipun fokus utamanya menceritakan kisah Superman, Batman masih memiliki momen untuk bersinar dalam film ini.

Film ini benar-benar memperlihatkan betapa pintarnya Batman saat ia mengatasi strategi musuh. Film itu juga menunjukkan betapa hebatnya Batman saat mengancam Darkseid.

Meskipun tidak sebagus pendahulunya, Superman / Batman: Public Enemies, film ini masih merupakan sebuah perjalanan yang menyenangkan yang memperlihatkan apa yang semua orang sukai tentang Batman.


Superman/Batman: Public Enemies 2009

The Batman Superman Movie

Setahun sebelum Apocalypse keluar, Superman/Batman: Public Enemies memulai debut-nya. Film animasi ini mengikuti hampir semua cerita dari novel grafis dengan nama yang sama.

Sementara Apocalypse memamerkan lebih banyak sisi cerdas Batman, Public Enemies lebih fokus pada menggambar perbedaan antara Batman dan Superman. Film ini menceritakan kisah yang lebih dalam tentang sisi kemanusiaan yang dimiliki Batman, sambil tetap menggabungkan adegan hebat yang penuh aksi.

Para pemain pendukung juga secara signifikan lebih besar di Public Enemies, yang membuatnya jauh lebih menarik bagi penggemar berat DC.

Meskipun gambar dan desain karakter mengikuti dengan gaya dalam novel, rasanya kartun klasik seperti ini akan dilewatkan oleh beberapa orang. Namun, jika kalian adalah penggemar kedua karakter, kalian tentu tidak akan mau ketinggalan fitur animasi yang luar biasa ini.


The Batman Superman Movie: World’s Finest 1997

The Batman Animasi Terbaik

Apa pun kondisi dan alasannya, banyak film terbaik Batman yang juga menampilkan Superman. The Batman Superman Movie: World’s Finest 1997 adalah salah satunya.

Dibuat dengan gaya seni Bruce Timm yang populer dan menampilkan suara Kevin Conroy, Mark Hamill, dan Tim Daly, film animasi ini wajib ditonton oleh penggemar serial animasi DC.

Setelah Joker dan Lex Luthor bekerja sama, The Caped Crusader dan Man of Steel juga harus menggagalkan rencana jahat mereka dan menyelamatkan Superman.

Sama seperti Return of the Caped Crusaders, World’s Finest adalah sebuah tontonan nostalgia yang hebat bagi siapa pun yang melihatnya hari ini. Untuk setiap penggemar animasi 90-an, ini adalah sebuah film yang sangat rugi untuk dilewatkan.


Batman: Year One 2011

Batman Year One

Sampai hari ini, orang-orang melihat novel grafis Frank Miller yang berjudul Batman: Year One sebagai cerita asal-usul terbaik untuk Batman. Kisah awal Bruce Wayne sebagai Dark Knight begitu populer, sehingga banyak dari cerita ini diangkat ke Batman Begins 2005 karya Christopher Nolan.

Untungnya, versi animasi dari cerita ini sepenuhnya mengikuti komik-nya. Hal ini menjadi tempat yang tepat bagi penggemar baru untuk melihat dan mengetahui masa-masa awal Batman.

Bagi penggemar baru komik khususnya Batman, atau siapa pun yang mencari salah satu cerita hebat Batman, maka Batman: Year One adalah sesuatu komik yang cocok untuk diikuti.


Batman: Gotham by Gaslight 2018

Animasi Terbaik Batman

Gotham by Gaslight mungkin adalah animasi yang mengambil kebebasan paling banyak saat mengadaptasi ceritanya. Karena kisah aslinya sangat pendek, banyak adegan yang ditambahkan untuk fitur animasi.

Gotham by Gaslight benar-benar berhasil dalam berbagai hal karena banyak hal baru yang juga menarik untuk dilihat. Banyak perubahan menarik yang dikembangkan oleh film animasi ini tanpa mengabaikan cerita utama.

Gotham by Gaslight mengikuti kisah Batman di era Victoria saat ia memburu Jack the Ripper yang terkenal. Sepanjang film, penonton akan diperkenalkan pada penggambaran yang berbeda tentang pemeran pendukung Batman, seperti Robin dan Catwoman.

Perbedaan terbesar antara film animasi dan komik asli adalah pada identitas Jack the Ripper. Meskipun beberapa penggemar memiliki masalah dengan twist akhir cerita ini, itu bukan perubahan yang cukup besar untuk sebuah perdebatan.

Terutama mengingat fakta bahwa itu adalah komik jenis “What If?”. Secara keseluruhan, Gotham by Gaslight adalah kisah Batman yang berdiri sendiri yang akan sangat menarik bagi mereka yang suka twist dengan fitur animasi dan karakter klasik.


Batman: Under the Red Hood 2010

Animasi Batman Under The Red Hood

Meskipun Batman: Under the Red Hood sedikit berbeda dengan buku komik-nya, film ini masih merupakan salah satu adaptasi animasi Batman terbaik hingga saat ini. Perbedaannya relatif kecil dan sebagian besar dibuat untuk membuat film lebih mudah dipahami bagi mereka yang tidak terbiasa dengan komik.

Jensen Ackles bahkan bergabung sebagai salah satu penjahat populer Gotham, The Red Hood. Ketika Batman mencoba menemukan motif dan identitas baru Red Hood, rahasia dari masa lalu Batman perlahan mulai muncul ke permukaan.

Apa yang membuatnya menonjol di antara yang lain adalah kesesuaian film dengan komik. Dalam versi komik, banyak motif dan alasan Batman dipertanyakan.

Film ini melakukan hal yang sama bagusnya dengan komik yang mempertanyakan keputusan sepihak Batman. Batman: Under the Red Hood adalah salah satu film Batman terbaik yang sangat rugi untuk dilewatkan.


Batman: The Dark Knight Return Part I / Part II 2012 & 2013

The Dark Knight Returns Animasi Batman Terbaik

Animasi Batman terbaik yang berada diposisi kedua adalah Batman: The Dark Knight Return. Film adaptasi yang seluruh ceritanya bahkan aksinya yang sesuai dengan buku komik mungkin tidak ada selain Batman: The Dark Knight Returns. Seperti halnya dengan Batman: Year One, Batman: The Dark Knight Returns adalah kisah yang ditulis oleh Frank Miller.

Di antara komunitas komik, The Dark Knight Returns dianggap oleh banyak orang sebagai cerita Batman terbaik yang pernah ditulis. Kali ini, ceritanya berfokus pada Bruce Wayne yang lebih tua yang telah pensiun sebagai Batman.

Ketika keadaan mulai menjadi semakin buruk di Gotham karena ketidakhadiran Batman, Bruce harus sekali lagi mengenakan topeng itu untuk memerangi kejahatan sebagai Batman.

Tim kreatif film menunjukkan dedikasinya yang besar terhadap komik sehingga mereka berusaha mereplikasi setiap detailnya sebaik mungkin. Dedikasi ini jelas terlihat dalam film itu. Semua momen emosional dan urutan aksi disampaikan dengan sangat baik.

Mereka yang belum pernah melihat The Dark Knight Returns mungkin adalah salah yang paling rugi karena melewatkan kisah spektakuler ini.


Batman: Mask Of The Phantasm 1993

Batman Mask Of The Phantasm

Ada cinta, aksi, kehilangan, penjahat baru dan lama, dan saat-saat terhebat Batman. Seperti halnya World’s Finest, film ini dibuat dengan gaya seni Bruce Timm yang menjadikannya sempurna untuk penggemar seri 90-an.

Film ini masih dipuji karena berhasil meluncurkan era baru penggemar Batman. Siapa pun yang menonton film ini di bioskop saat masih kecil dipastikan dapat membuatnya menghidupkan kembali kenangan indah itu.


Itulah daftar 10 animasi Batman terbaik sepanjang masa. Apakah kalian sudah menonton salah satu diantaranya? Berikan komentar kalian di bawah ini.

Ayo mulai berdiksusi