10 Lagu Yang Terdengar Mirip Dengan Lagu Lain

in ,
Lagu yang terdengar mirip dengan lagu lain
Ilustrasi Madonna & LAdy Gaga | YouTube (Life in Auto-tune)

Inilah 10 lagu yang nadanya, percya atau tidak terdengar mirip dengan lagu lain.

Memang sih gak dipungkiri. Yang namanya musik memiliki 7 nada solmisasi. Dari Do ke Do lagi.

Atau kalau kata band Kuburan, dari C ke C lagi. Dengan demikian, gak heran kalau kita sering mendengar lagu yang terdengar mirip musiknya atau nadanya denga lagu lain.

Tapi untuk kasus 10 lagu ini, gokilnya kemiripan nada atau musiknya dengan satu lagu spesifik lainnya, benar-benar mirip. Siap-siap untuk terkejut ya guys!

10. Don’t Stop Believein’ (Journey) & Someone You Loved (Lewis Capaldi)

Sekilas kalau kamu mendengar kedua lagu ini, mungkin kedua lagunya tak terdengar mirip satu sama lain.

Tapi coba deh kamu dengar dengan baik-baik dan turunkan tempo sedikit “Don’t Stop Believin”. Terdengar banget kalau sound piano / kibor kedua lagu ini terdengar mirip satu sama lain. Coba deh denger!

9. Dance With Me Tonight (Olly Murs) & Dear Future Husband (Meghan Trainor)

Kedua lagu ini memiliki struktur chord yang benar-benar mirip. Terlepas “Dance With Me Tonight” dirilis pada tahun 2011, sedangkan “Dear Future Husband” dirilis pada tahun 2015.

Tapi kemiripan ini toh, disadari oleh Murs & Trainor. Terbukti di episode blind audition, The Voice UK, Januari 2020 lalu, keduanya berduet dan mengkombinasikan (mash-up) kedua lagu mereka tersebut ini dengan sangat padu.

JANGAN LEWATKAN •
Dua Lipa Akan Kolaborasi Bareng Madonna

8. The Air That I Breathe (The Hollies) & Creep (Radiohead)

Kalau kamu bener-bener music nerd. Pastinya kamu masih ingat kasus heboh awal 2018 silam. Yap, kasus yang dimaksud adalah Radiohead yang menuntut Lana Del Rey.

Grup gawangan Thom Yorke cs ini menggugat Lana akibat lagu “Get Free” Lana terdengar mirip dengan lagu super hit mereka, “Creep”.

Ketika membaca berita ini, banyak fans musik yang langsung menyinyir Yorke cs. Pasalnya lagu “Creep” sendiri sama persis dengan lagu “The Air That I Breathe” milik grup 60an legendaris, The Hollies. Jadi ya siapa jiplak siapa jiplak siapa?

7. Stay With Me (Sam Smith) & I Won’t Back Down (Tom Petty & The Heartbreakers)

Sama kasusnya seperti Journey & Lewis Capaldi. Pada dasarnya yang membuat lagu “Stay With Me” terdengar sedikit beda saja dari “I Won’t Back Down”, adalah tempo “Stay With Me” yang diperlambat dikit.

JANGAN LEWATKAN •
Album ‘Smile’ Katy Perry, Resmi Diundur Dua Minggu Perilisannya

Namun dari nada melodi refrain-nya, benar-benar terdengar sama persis kuncinya dengan “I Won’t Back Down”. Untungnya, Petty yang sadar akan kemiripan ini, gak mempermasalahkan kemiripan ini sama sekali.

6. Express Yourself (Madonna) & Born This Way (Lady Gaga)

Ketika “Born This Way” rilis beberapa tahun lalu, gak dipungkiri lagu milik Lady Gaga ini langsung hype abis. Namun ironisnya, hype-nya ini lebih dikarenakan masalah lagunya yang terdengar mirip dengan lagu “Express Yourself milik Madonna.

Bahkan juga kalau kamu masih ingat, Madonna sendiri kala itu merasa sedikit keki ketika mengetahui kemiripan lagu Gaga tersebut dengan lagunya ini. Dan memang sih kalau didengar cukup mirip komposisi lagunya.

Tapi di saat yang sama, terasa juga kalau “Born This Way” lebih terinspirasi dari “Express Yourself” ketimbang terang-terangan menjiplak atau “copy paste” hit Madonna tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
10 Lagu Super Hit Katy Perry

5. No Scrubs (TLC) & Stay The Night (IMX)

Gampang dan singkat saja nih. Kalau kamu mendengar dan membandingkan kedua lagunya, pasti kamu tahu kenapa kedua lagu ini terdengar mirip satu sama lain.

Dengan kata lain, “Stay the Night” adalah versi cowo dari “No Scrubs”-nya TLC. Bahkan video klip-nya pun lumayan copy-paste dengan lagu tersebut. Oh ya satu hal lagi perilisan kedua lagunya hanya terpaut 6 bulan saja di tahun 1999.

4. Sweet Little Sixteen (Chuck Berry) & Surfin’ USA (The Beach Boys)

Kedua lagu ini struktur nadanya cuma beda sedikit chord-nya saja. Dengan kata lain, “Surfin’ USA” terdengar sedikit lebih tinggi dan upbeat daripada “Sweet Little Sixteen”.

Bahkan dulu Berry saja terkejut banget ketika mendengar kesamaan ini, Tapi untunglah setelah itu ia gak begitu mempermasalahkannya.

JANGAN LEWATKAN •
Yuk Dengerin Lagu Terbaru Katy Perry, "Daisies"

3. She Loves Control (Camila Cabello) & Waterfall (Stargate feat. Pink & Sia)

Awalnya mungkin kemiripan antara kedua lagu ini terasa seperti kebetulan saja. Tapi ketika Sia menyanyikan refrain yang diawali dengan kalimat “I’ve lost control”, bukan hanya kesamaan kata control saja.

Namun nada menyanyikannya juga mirip banget dengan lagu “She Loves Control” nya Camila. Dan kalau mau ngomong jujur nih, lumayan banyak loh lagu milik Camila yang nadanya terdengar mirip banget dengan lagu hit lainnya. Langsung saja deh kamu kulik-kulik sendiri!

2. Picture Book (The Kinks) & Warning (Green Day)

Walau yang satu adalah lagu rilisan 1969 dan yang satu, adalah rilisan 2000. Tapi tetap saja gak menghentikan kesamaan yang dimiliki kedua lagu ini.

Spesifiknya, kesamaan terletak pada komposisi chord intro kedua lagunya. Well lebih spesifinya, adalah chord-nya lah. Coba aja kamu dengar baik-baik.

JANGAN LEWATKAN •
Madonna Dan Penulis Naskah Juno, Terlibat Dalam Proyek Misterius, Film Biopik kah?

1. Roar (Katy Perry) & Brave (Sara Bareilles)

Selain jarak perilisannya yang sama-sama dirilis di tahun 2013 (cuma terpaut sekitar 5 bulan), tentunya kamu tahu bukan kenapa “Brave” dan “Roar” ini sampai ditempatkan di posisi puncak?

Yap, chord intro piano kedua lagunya benar-benar nyaris bagai pinang di belah dua. Dan kesamaan ini juga sudah disadari baik oleh kedua penyanyinya, dan juga seluruh kritikus musik.

Dan belum cukup sampai disitu, usungan tema lagunya, juga memiliki pesan yang esensinya hampir serupa. “Brave” mengenai ajakan keberanian untuk memperlihatkan jati diri kita yang sesungguhnya.

Sedangkan “Roar”, adalah ajakan kepada kita untuk merasa percaya diri dengan apa yang kita miliki (self confident & self empowerement). Kebetulan? Hmm, sepertinya gak juga sih ya?

Nah itulah tadi 10 lagu yang nada / musiknya, terdengar mirip dengan lagu lain. Bagaimana nih tanggapanmu akan pembahasan ini?