20 Lagu Romantis Yang Pas Didengar Bersama Pasangan di Hari Valentine

in
20 lagu valentine
Smooth Radio

Wah gak kerasa nih besok udah hari Valentine lagi. Dan gue yakin banget pastinya banyak dari kalian yang kini sudah merencanakan untuk jalan-jalan romantis bersama pasangan di hari teromantis di setiap tahunnya tersebut.

Tapi bagi kalian yang mungkin lebih senang untuk bermanja-manja mesra di rumah untuk merayakan Valentine-nya, well, gak masalah juga kok. Malah selain lebih irit kantong, juga perayaannya bakalan jauh lebih intens dan mesra.

Nah apabila kamu adalah yang tipe demikian, yuk mari kita semakin romantiskan hari Valentine dengan si dia dengan memutar 20 lagu pilihan berikut ini. Perlu diingat daftar ini sifatnya subyektif. Tapi gue jamin, kamu dan pasangan bakalan suka deh dengan pilihan lagu-lagunya ini!

20. Janelle Monae – Make Me Feel (2018)

Janelle Monae – Make Me Feel

Secara sound, “Make Me Feel” memang gak terdengar layaknya seperti lagu-lagu romantis mendayu-dayu kebanyakan.

Liriknya pun kalau mau ditelaah secara pasti, adalah mengenai seorang wanita yang mengagungkan dirinya sebagai seorang biseksual. Tapi mari kita buang dulu deh poin-poin yang sudah valid tersebut.

Dan mari kita gantikan saja makna lagunya dengan pengungkapan rasa apresiasi kita terhadap pasangan yang selalu membuat kita selalu jatuh cinta dengannya setiap hari. Dengan mind-set demikian, dijamin lagu ini bakalan kedengeran jauh lebih romantis.

19. The Beach Boys – God Only Knows (1966)

The Beach Boys – God Only Knows

Sama hal-nya seperti “Make Me Feel”-nya Janelle Monae, mungkin secara sound, salah satu hit besar rival The Beatles di Amerika Serikat ini, bukanlah tipikal sound lagu cinta-cintaan kebanyakan.

Tapi dengan lirik utamanya, “God Only Knows What I’d Be Without You”, gak dipungkiri sama sekali bahwa kalimat lirik tersebut, adalah lirik yang dijamin kalau kita nyanyiin ke pasangan, akan membuat si dia jadi makin merah pipinya di hari Valentine.

18. Boyz II Men – I’ll Make Love To You (1994)

Boyz II Men – I’ll Make Love to You

Bagi kamu yang sudah menikah, gak dipungkiri lagu ini merupakan lagu yang sangat penting dan “wajib” banget untuk diputar di setiap hari Valentine.

Tentunya gue gak perlu panjang lebar bahkan sampe detail untuk ngejelasin kenapa gue sampai katakan demikian. Yang jelas sekali lagi, “I’ll Make Love to You” merupakan lagu yang wajib dipasang untuk semakin meromantiskan bahkan “memanaskan” hari Valentine kalian berdua.

17. Journey – Faithfully (1983)

Journey – Faithfully

Kalau mau ngomong jujur-jujuran, semua lagu-lagu milik Journey era vokali Steve Perry, sangatlah romantis terlebih, Open Arms (1982).

Tapi pada akhirnya gue merekomendasikan lagu yang diambil dari album Frontiers (1983) ini. Alesannya, “Faithfully” memiliki lirik yang apabila ditelaah secara seksama, merupakan ode pria untuk terus setia ke pasangan wanitanya terlepas mungkin ia selalu jauh dari dirinya.

Lagu ini cocok banget bagi kamu berdua yang mungkin kini sedang menjalani hubungan jarak jauh a.k.a LDR.

16. Train – Marry Me (2010)

Train – Marry Me

Sebenarnya gue awalnya agak enggan untuk masukin lagu ini ke dalam daftar. Bukannya karena gue gak suka. Lagunya memang enak banget dan romantis banget.

Tapi secara lirik, sebenernya lagu ini bukan 100% bermakna mengajak pasangan nikah atau mengajak dirinya untuk selalu setia bersama kita selama-lamanya. Lagu ini sebenarnya lebih ke pengharapan si pria untuk menjadi pasangan dari si wanitanya.

Si pria dan si wanita memang sudah saling jatuh hati. Tapi sayangnya si pria nya masih ragu untuk “nembak” atau sekedar melakukan PDKT. Alhasil iapun memberikan “ultimatum” ke dirinya dan si wanita incaran.

Apabila si pria nantinya berani menembak atau mendekati, maka si wanita harus langsung mau dan selalu setia bersamanya. Agak creepy bukan makna sesungguhnya. Tapi ya sudahlah untuk di hari Valentine, mari kita dengar dan maknai saja secara “mentah” lagunya. Apalagi, jika kamu dan pasangan di hari Valentine ini, memang berencana untuk menikah di hari indah tersebut.

15. Bon Jovi – Thank You For Loving Me (2000)

Bon Jovi – Thank You for Loving Me

Rasanya gak adil apabila harus menentukan 1 lagu cinta paling enak dari band Rock legendaris asal New Jersey, AS ini. Karena semua lagu cinta milik Jovi emang enak-enak semua.

Tapi yeah, dari semuanya adalah lagu yang diambil dari album Crush (2000) inilah yang baik secara musik maupun lirik, memang sangat romantis. Dan kerennya lagi lagu ini bersifat sangat universal banget.

Lagu pengucapan terima kasih cinta ini, bisa ditujuin ke pasangan, orang tua, bahkan sahabat dekat kita. Pokoknya yang selama ini bener-bener peduli dan sayang banget sama kita.

14. Shania Twain – You’re Still the One (1998)

Shania Twain – You’re Still the One

Lagu Pop Country yang langsung meroketkan biduanita asal Kanada ini, tak dipungkiri memiliki judul dan lirik yang to the point.

“Kamu tetaplah satu-satunya”. Putar lagu ini di hari Valentine, dijamin kamu dan pasangan akan semakin berjanji untuk terus setia hingga maut memisahkan. Amin.

13. Ronan Keating – This I Promise You (2006)

Ronan Keating – This I Promise You

Dari zaman di boyband top Boyzone, gak dipungkirin Ronan sudah lekat banget dengan lagu cinta-cintaan. Tapi daripada lagu-lagu seperti: “No Matter What”, “When You Say Nothing at All”, dan “If Tomorrow Never Comes”, adalah lagu yang diambil dari album keempat Bring You Home (2006) inilah yang benar-benar romantis.

Liriknya yang pada dasarnya merupakan janji setia terhadap pasangan, semakin memperkuat feel haru biru romantis yang dirasakan saat bermanja-manja berdua.

12. Dido – Thank You (2000)

Dido – Thank You

Lagu yang membesarkan nama biduanita asal Kensington, Inggris ini tak hanya memiliki irama yang sangat catchy dan memorable, namun juga memiliki lirik yang bisa membuat pasangan kita merasa sangat disayang dan dihargai oleh kita.

Apabila kamu adalah tipe yang sangat sulit untuk bilang “makasih ya” ke pasangan, lagu ini bisa dijadikan perwakilan yang sangat tepat.

11. Ellie Goulding – Love Me Like You Do (2015)

Ellie Goulding – Love Me Like You Do

Oke. Mungkin adaptasi film Fifty Shades of Grey (2015) bukanlah film yang ideal untuk menemani hari valentine kalian berdua (terkecuali filmnya memang memiliki kesan terhadap kalian berdua).

Namun soundtrack utamanya yang dibawakan oleh si imut Ellie ini, pastinya akan disukain bahkan menjadi lagu yang pas untuk menemani kalian berdua di hari terkasih.

10. Camila Cabello & Shawn Mendes – Senorita (2019)

Camila Cabello & Shawn Mendes – Senorita

Alasan mengapa gue pilih lagu duet yang masih ngetop hingga detik ini tentunya tidak hanya dikarenakan irama latinya yang toxic banget, namun juga dikarenakan judul dan liriknya yang sangat flirty.

Dijamin setelah mendengar, kalian berdua akan ingin bermesraan lebih “intens” lagi di hari spesial.

9. Carly Rae Jepsen – All That (2015)

Carly Rae Jepsen – All That

Diambil dari album ketiga, Emotion (2015), “All That” memiliki sound layaknya lagu-lagu romantis dekade 80an. Bagi yang besar atau lahir di dekade ini, dijamin bakalan langsung nostalgia senyum-senyum sendiri ketika mendengarnya.

Dan ketika medengarnya bersama pasangan, dijamin akan membuat sesi “kelon-kelonan” kian terasa adem saja.

8. The Pretenders – I’ll Stand By You (1994)

The Pretenders – I’ll Stand By You

Sebenarnya andaikata kamu atau pasangan lebih suka yang versi cover entah itu versi Gina Glocksen, Carrie Underwood, atau lainnya, gak masalah. Karena versi mereka juga enak banget.

Tapi seenak-enaknya, untuk hari spesial di bulan Februari, gue saranin banget lebih baik dengerin yang versi orisinilnya ini. Karena secara keseluruhan, versinya jauh lebih terasa “menusuk”.

Hal ini dikarenakan Chrissie Hynde cs sangat cerdas banget dalam mengatur tempo lagunya dari awal hingga akhir yang alhasil, ngebuat kita yang ngedenegrin jauh lebih paham dan “khusyuk” dengan cerita serta vibe romantis yang diperdengarkan.

7. John Legend & Meghan Trainor – Like I’m Gonna Lose You (2015)

John Legend & Meghan Trainor – Like I’m Gonna Lose You

Mungkin bagi kamu yang punya kaka atau adik super gaul, kamu bakal diejek “alay” ketika mendengar dan menyanyikan lagu duet Trainor dan Legend ini.

Dikatakan demikian karena menurut mereka, lagu ini memang terdengar “norak”. Tapi ya enyahkan saja deh cibiran mereka itu. Apa salahnya bukan kita “alay-alayan” dengan pasangan untuk 1 hari yang spesial?

6. Savage Garden – I Knew I Loved You (1999)

Savage Garden – I Knew I Loved You

Kalau kamu sudah SD atau SMP di tahun 1999-2000, pasti kamu tahu banget kalau lagu ini ketika dirilis, gak berhenti-berhentinya diputar di berbagai radio dan stasiun televisi.

Pokoknya mustahil banget kala itu kita tidak mendengar lagu ini di 1 harinya. Dan wajar sih. Lagu ini walau secara lirik agak “ngeyel”. Tapi, gak dipungkirin kalau “I Knew I Loved You” adalah salah satu lagu romantis yang pernah dirilis di dunia ini.

5. Glen Hansard & Marketa Irglova – Falling Slowly (2006)

Glen Hansard & Marketa Irglova – Falling Slowly

Lagu ini pertama kali ditampilin sebagai soundtrack dari film independen asal Irlandia, Once (2006).

Dan seketika diperdengarkan di adegan yang kamu lihat, “Falling Slowly” tidak hanya membuat Once sukses menjadi salah satu film independen terbaik sepanjang masa, namun juga sukses membuat lagunya menjadi salah satu lagu wajib baru di hari Valentine.

4. Extreme – More Than Words (1991)

Extreme – More Than Words

Well, siapa sih yang gak kenal dengan lagu akustik legendaris ini? Rasanya kita semua kenal bukan?

Walau kerap disalahartikan maknanya secara literal sebagai lagu untuk mengungkapkan cinta dengan perbuatan, tapi hal tersebut gak masalah sih. Soalnya alunan romantisnya memang pas banget untuk didengerin bersama pasangan di hari teraksih setiap tahunnya.

3. Taylor Swift (2019)

Taylor Swift – Lover

Lagu milik Ms. Swift yang hingga tulisan ini diunggah masih merajai berbagai radio dan tangga lagu memiliki percampuran antara pop, indie, dan sedikit country yang sukses membuat lagu bermakna pengabdian terhadap pasangan ini semakin romantis dan mengharu biru saja.

Pokoknya setelah mendengar lagunya, dijamin kamu dan pasangan akan semakin menyayangi satu sama lain terlepas apapun halangan yang menghadang.

2. Ed Sheeran – Perfect (2017)

Ed Sheeran – Perfect

Mungkin dari semua lagu di daftar ini, lagu yang diambil dari album Divide (2017) dan berirama Pop Country ini, adalah yang paling bosenin di kedua telinga.

Tapi ya faktanya lagunya emang enak banget sih. Lagipula lagunya juga emang pas banget bukan untuk dijadikan salah satu playlist di hari Valentine?

1. Jim Brickman & Martina McBride – Valentine (1997)

Jim Brickman feat. Martina McBride – Valentine

Well, apabila kamu bingung mau memutar lagu apa di hari terkasih, ya wes dah, langsung aja putar lagu yang judulnya juga “Valentine”.

Dirilis di tahun 1997 di paruh perjalanan kedua karir McBride, “Valentine” tidak hanya kian mempopulerkan nama McBride dan pians Jim Brickman, namun juga sukses membuat lagu ini begitu ngetop hingga detik ini.

Bagi kita-kita yang di Indonesia dulu, lagu ini lebih sering disebut, “My Valentine”. Ya mau bagaimanapun kita kenal dan nyebutnya, sekali lagi lagu ini tak dipungkiri merupakan lagu perayaan Valentine yang paling mumpuni hingga detik ini.


Itulah tadi 20 lagu yang pas untuk kamu dengar bersama pasangan jelang hari Valentine esok. Dari 20 lagunya, yang mana nih yang kamu sukai?

Tinggalkan Balasan