10 Film Romantis Indonesia Terbaik, Jangan Lupa Siapin Tisu!

in ,
Film Romantis Indonesia Terbaik

Salah satu genre film yang sering dibuat oleh sineas dalam negeri adalah Film Romantis. Yap, tentu saja karena peminatnya sangat banyak dan bisa menjangkau dari anak muda hingga yang sudah dewasa. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau kami membagikan rekomendasi film romantis Indonesia terbaik, bukan?

Berbicara tentang cinta, memang pembuat film asal Indonesia memiliki cara tersendiri untuk mengembangkan film. Ada yang mengambil cerita dari novel laris, ada pula yang menggunakan kisah cinta tokoh-tokoh ternama.

Tentu saja, semuanya dibuat sangat serius sehingga menghasilkan karya yang membuat penonton tersenyum, senang, bahkan meneteskan air mata. Nah, kali ini Dafunda Movie akan memberikan kamu rekomendasi film romantis Indonesia terbaik. Yuk cek di bawah ini!


10 Film Romantis Indonesia Terbaik yang Buat Emosi Kamu Meluap!

Habibie & Ainun (2012)

Film Romantis Indonesia Terbaik Habibie Ainun

Habibie & Ainun merupakan film romantis Indonesia yang diangkat dari kisah Presiden Indonesia Ke-3, B.J. Habibie dengan istrinya. Seperti yang kita tahu, kisah cinta keduanya memang sangat kuat, terbukti dari hanya maut yang bisa memisahkan.

Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari. Terdapat dua judul yang sudah dirilis dan film ketiga sedang dalam tahap produksi.

Sinopsis Habibie & Ainun

Rudy Habibie seorang genius ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar: berbakti kepada bangsa Indonesia dengan membuat pesawat terbang untuk menyatukan Indonesia. Sedangkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karier terbuka lebar untuknya.

Pada tahun 1962, dua kawan SMP ini bertemu lagi di Bandung. Habibie jatuh cinta seketika pada Ainun yang baginya semanis gula. Tapi Ainun, dia tak hanya jatuh cinta, dia iman pada visi dan mimpi Habibie. Mereka menikah dan terbang ke Jerman.

Punya mimpi tak akan pernah mudah. Habibie dan Ainun tahu itu. Cinta mereka terbangun dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Dinginnya salju Jerman, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta godaan harta dan kuasa saat mereka kembali ke Indonesia mengiringi perjalanan dua hidup menjadi satu.

Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah segalanya, pengisi kasih dalam hidupnya. Namun setiap kisah mempunyai akhir, setiap mimpi mempunyai batas.

Informasi Habibie & Ainun

JudulHabibie & Ainun
GenreRomance, Drama
SutradaraFaozan Rizal
Tanggal Rilis20 Desember 2012

Dear Nathan (2017)

Film Romantis Indonesia Terbaik Dear Nathan

Dear Nathan merupakan film romantis tentang kehidupan remaja Indonesia. Film ini sendiri diangkat dari cerita Wattpad yang kemudian dijadikan buku novel karya Erisca Febriani. Film ini sudah memiliki sebuah sekuel berjudul, Dear Nathan: Hello, Salma.

Film ini dibuat oleh Rapi Films dan dibintangi oleh aktor muda seperti Jefri Nichol dan Amanda Rawles. Alur ceritanya cukup mirip dengan kebanyakan film cinta remaja lainnya. Seorang siswi pindahan bertemu dengan seorang siswa berandalan yang mengejar cintanya.

Sinopsis Dear Nathan

Salma (Amanda Rawles) merupakan seorang murid pindahan di SMA Garuda. Suatu pagi ia terlambat datang ke upacara bendera dan seorang murid bernama Nathan (Jefri Nichol), yang dikenal sebagai murid berandal yang hobi tawuran, menyelamatkannya dari hukuman.

Salma, yang bertekad untuk selektif memilih teman, berusaha menjauhi Nathan, tetapi Nathan justru membuat heboh satu sekolah dengan terang-terangan mengejar cinta Salma. Berbagai cara dilakukan Salma untuk menghindar, tetapi semakin ia menjauh, semakin ia dihadapkan pada kesempatan demi kesempatan untuk memahami masa lalu Nathan dan perlahan jatuh cinta.

Saat Nathan mulai membuka diri dan mau berubah demi Salma, kekasih masa lalu Nathan, Seli (Denira Wiraguna), datang untuk meminta cintanya kembali.

Informasi Dear Nathan

JudulDear Nathan
GenreRomance, Drama
SutradaraIndra Gunawan
Tanggal Rilis23 Maret 2017

London Love Story (2016)

Film Romantis Indonesia Terbaik London Love Story

Mengambil latar tempat di luar negeri memang merupakan salah satu teknik yang baik untuk menarik pecinta film romantis. Yap, salah satu film yang menggunakannya adalah London Love Story.

Film yang diproduksi oleh Screenplay ini dibintangi oleh Michelle Ziudith dan Dimas Anggara. Film Bercerita tentang para mahasiswa yang sedang kuliah di London. Kisah cinta rumit menghiasi kehidupan dan mereka harus bisa melewatinya.

Sinopsis London Love Story

Film ini menceritakan tentang Dave (Dimas anggara), yang memiliki kepopuleran di kalangan para mahasiswa, ternyata hal itu tidak dapat menutupi kekosongan hatinya, sejak ditinggalkan oleh satu satunya wanita yang dicintainya. Wanita yang menghilang dari kehidupannya disaat ia telah melabuhkan hatinya.

Suatu malam ketika baru pulang dari pesta ulang tahun temannya, dia bertemu Adelle (Adila Fitri) seorang wanita yang mencoba bunuh diri. Dave berusaha meyakinkan apa yang dilakukan sia-sia. Awal pertemuan itu membuat Adelle jatuh cinta karena kebaikan Dave.

Sementara Caramel (Michelle Ziudith) selalu ribut dengan ibunya tentang surat–surat untuknya yang datang ke rumah ibunya. Caramel tidak ingin membuka luka lamanya dengan membaca surat itu dan di saat yang bersamaan Bima (Dion Wiyoko) justru berusaha untuk mengejar cinta Caramel. 

Caramel yang sudah lelah dengan urusan cinta, selalu menggunakan logika untuk menilai lelaki. Namun, semakin Caramel tolak, Bima semakin penasaran.

Apa yang membuat Caramel tidak bisa membuka hatinya untuk Bima? Apakah dia masih mencintai lelaki yang pernah hadir di hidupnya? Atau Caramel tidak ingin jatuh cinta lagi?

Akhirnya takdir mempertemukan mereka berempat dengan cara yang berbeda. Pertemuan itu sekaligus menjawab semua pertanyaan yang ada di antara Dave, Caramel, Adelle dan Bima. Sebenarnya apa hubungan mereka satu dengan lainnya?

Informasi London Love Story

JudulLondon Love Story
GenreRomance, Drama
SutradaraAsep Kusdinar
Tanggal Rilis4 Februari 2016

Eiffel I’m in Love (2003)

Film Romantis Indonesia Terbaik Eiffel Im In Love

Sama halnya seperti judul film sebelumnya, film romantis dengan settingan luar negeri memang sudah dimulai sejak tahun 2000-an. Salah satu film romantis Indonesia terbaiknya dalah Eiffel I’m in Love.

Film yang dibintangi oleh Sandy Aulia dan Samuel Rizal ini tak hanya mengajikan kisah cinta, rumor segar juga mengikuti film ini sehingga nyaman untuk ditonton. Pada tahun 2018 lalu, sekuel dari film ini dirilis. Apa kamu sudah nonton?

Sinopsis Eiffel I’m in Love

Tita (Shandy Aulia) tinggal dengan keluarganya yang harmonis. Pacarnya, Ergi adalah orang yang sangat sabar dan penuh perhatian, dan teman-temannya sangat baik. Yang ia keluhkan hanyalah ibunya yang sangat protektif.

Semua itu berubah secara drastis sejak kamar tamu yang berada di sebelah kamar Tita ditempati Adir, anak dari seorang teman bapaknya. Sifat Adit yang angkuh, judes dan cuek membuat Tita sangat kesal. Apalagi wajahnya yang ganteng menarik perhatian banyak orang.

Mau tak mau Tita harus menerima kenyataan bahwa orangtuanya menjodohkan mereka berdua. Semua itu bagai mimpi buruk bagi Tita. Mimpi itu bertambah buruk ketika Tita menyadari perasaannya pada Adit berubah 180 derajat saat Adit berpacaran dengan sahabat Tita.

Informasi Eiffel I’m in Love

JudulEiffel I’m in Love
GenreRomance, Komedi
SutradaraNasri Cheppy
Tanggal Rilis21 November 2003

Jelita Sejuba (2018)

Film Romantis Indonesia Terbaik Jelita Sejuba

Film Romantis Indonesia terbaik selanjutnya adalah Jelita Sejuba. Memang film yang satu ini berbeda dengan film cinta lainnya. Jelita Sejuba berfokus pada kehidupan rumah tangga seorang perwira tentara. Layaknya di dunia nyata, sang istri tetap setia menanti belahan hatinya yang pergi bertugas untuk membela negara.

Jelita Sejuba dibintangi oleh Putri Marino dan Wafda Saifan Lubis. Kalau kamu memang pecinta film romantis, harus nonton film ini deh!

Sinopsis Jelita Sejuba

Kisah cinta Sharifah dan Jaka memang tidak terlalu berliku. Takdir seakan menpertemukan mereka dengan mudah. Tanpa pacaran bertele-tele, Jaka segera melamar Sharifah dan mereka pun menikah. Namun, kisah cinta bukanlah melulu mengenai pertemuan.

Menjalani kehidupan cinta dalam bentuk rumah tangga, apalagi rumah tangga keluarga tentara, mempunyai dinamika tersendiri. Sharifah harus belajar menggenggam rindunya setiap kali Jaka ditugaskan. Bagai pesisir Sejuba yang dihiasi batu-batu cantik dan besar menantikan mentari esok, Sharifah terus menanti kepulangan belahan hatinya.

Informasi Jelita Sejuba

JudulEiffel I’m in Love
GenreRomance, Komedi
SutradaraNasri Cheppy
Tanggal Rilis21 November 2003

Dilan 1990 (2018)

Film Romantis Indonesia Terbaik Dilan 1990

Siapa sih yang gak pernah dengar nama Dilan? Yap, Dilan 1990 merupakan salah satu film romantis remaja Indonesia yang diangkat dari novel penjualan terbaik. Bagi para muda-mudi, ini merupakan film yang sangat cocok karena dibalut dengan dialog dan gombalan yang bisa membuat melayang.

Dilan 1990 memiliki Iqbaal Ramadhan dan Vannesha Prescilla sebagai pemeran utamanya. Dilan disaksikan lebih dari 6 juta penonton dan membuatnya menjadi film kedua terlaris sepanjang masa. Kesuksesan ini tentu tak diabaikan begitu saja. Awal tahun ini, sekuelnya Dilan 1991 telah rilis di bioskop Indonesia.

Sinopsis Dilan 1990

Milea (Vanesha Prescilla) bertemu dengan Dilan (Iqbaal Ramadhan) di sebuah SMA di Bandung tahun 1990, saat Milea pindah dari Jakarta ke Bandung. Perkenalan yang tidak biasa membawa Milea mengenal keunikan Dilan, pintar, baik hati, romantis.

Cara Dilan mendekati Milea tidak sama dengan teman-teman lelaki lain, bahkan Beni (Brandon Salim), pacar Milea di Jakarta. Perjalanan hubungan mereka tak selalu mulus. Beni, Anhar (Giulio Perangkan), Kang Adi (Refal Hadi) mewarnai perjalanan itu. Dilan membuat Milea percaya ia bisa tiba di tujuan dengan selamat.

Informasi Dilan 1990

JudulDilan 1990
GenreRomance, Drama
SutradaraFajar Bustomi
Tanggal Rilis25 Januari 2018

Posesif (2017)

Film Romantis Indonesia Terbaik Posesif

Posesif merupakan salah satu film romantis dalam negeri yang juga memiliki kualitas bagus. Film yang menceritakan tentang seorang atlet loncat indah yang menemukan cinta pertamanya dan mengubah kehidupannya.

Putri Marino dan Adipati Dolken menjadi pemeran utama film Posesif ini. Seperti judulnya, kisah cinta keduanya akan berfokus pada sifat posesif yang dimiliki sang pria kepada pasangannya. Penulisnya sendiri bahkan harus melakukan riset selama 6 bulan agar tahu tentang kekerasan dalam pacaran ini.

Sinopsis Posesif

Hidup Lala jungkir balik. Bukan karena loncatan indahnya dari menara sepuluh meter, bukan pula karena ayahnya yang melatihnya dengan keras, tapi karena cinta pertamanya. Yudhis, murid baru di sekolahnya, berhasil menjebak hati Lala.

Di tahun terakhir SMA-nya, Lala ditarik keluar dari rutinitas lamanya. Hidupnya tak lagi melulu melihat birunya air kolam renang atau kusamnya dinding sekolah. Lala percaya cinta telah membebaskannya, sebab Yudhis selalu sigap menghadirkan pelangi asal Lala berjanji selamanya bersama.

Namun perlahan Lala dan Yudhis harus menghadapi bahwa kasih mereka bisa hadirkan kegelapan. Cinta Yudhis yang awalnya tampak sederhana dan melindungi ternyata rumit dan berbahaya. Janji mereka untuk setia selamanya malah jadi jebakan.

Lala kini mengambang dalam pertanyaan: apa artinya cinta? Apakah seperti loncat indah, yang bila gagal, harus ia terus coba lagi atas nama kesetiaan? Ataukah ia hanya sedang tenggelam dalam kesia-siaan?

Informasi Posesif

JudulPosesif
GenreRomance, Drama
SutradaraEdwin
Tanggal Rilis26 Oktober 2017

Ayat-Ayat Cinta (2008)

Film Romantis Indonesia Terbaik Ayat Ayat Cinta

Kamu ingat film tentang seorang pemuda Indonesia yang kuliah di Al-Azhar Cairo? Kalau iya, tentu masih ingat dong film Ayat-Ayat Cinta. Film ini merupakan adaptasi dari novel religi karya Habiburrahman El Shirazy.

Ayat-Ayat Cinta menceritakan kisah cinta Fahri dengan seorang wanita bercadar Aisha. Melakukan taaruf dan menikah, kehidupan rumah tangga mereka terguncang karena sebuah kasus besar.

Film ini dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Catwrihgt dan Carissa Putri. Ayat-Ayat Cinta memiliki sebuah sekuel yang menceritakan tentang kehidupan Fahri setelah lulus dari kuliah dan menjadi dosen.

Sinopsis Ayat-Ayat Cinta

Fahri bin Abdillah (Fedi Nuril) adalah pelajar Indonesia yang berusaha menggapai gelar masternya di Al Azhar. Hanya sedikit perempuan yang dekat dengan Fahri, salah satunya Maria Girgis (Carissa Putri). Maria adalah tetangga satu flat dengan Fahri yang beragama Kristen Koptik tapi mengagumi Al Quran dan mencintai Fahri.

Lalu ada Nurul (Melanie Putria), anak seorang kyai terkenal yang juga belajar di Al Azhar. Selain itu ada Noura (Zaskia Adya Mecca), juga tetangga Fahri, yang selalu disiksa ayahnya sendiri. Fahri berempati pada Noura dan ingin menolongnya. Terakhir muncullah Aisha (Rianti Cartwright). Sejak kejadian di kendaraan umum, Aisha jatuh cinta pada Fahri. Aisha yang lebih agresif ternyata bisa mendapatkan Fahri sebagai suami.

Informasi Ayat-Ayat Cinta

JudulAyat-Ayat Cinta
GenreRomance, Drama
SutradaraHanung Bramantyo
Tanggal Rilis28 Februari 2008

Tenggelamnya Kapal Van der Wijk (2013)

Film Romantis Indonesia Terbaik Tenggelamnya Kapan Vdw

Tenggelamnya Kapal Van der Wijk adalah salah satu film romantis Indonesia terbaik. Film ini diadaptasi dari novel karangan Buya Hamka. Bintang yang memainkan film ini juga sangat menunjang keberhasilan, karena ada Pevita Pearce dan Herjunot Ali.

Bisa dikatakan perjuangan dalam membuat film ini sangat besar. Produksinya sendiri berlangsung selama 5 tahun ditambah 2 tahun lainnya dihabiskan untuk penulisan skenario. Jadi tak anyar film ini dinobatkan sebagai salah satu film terbaik yang harus kamu tonton.

Sinopsis Tenggelamnya Kapal Van der Wijk

Nusantara 1930. Dari tanah kelahirannya, Makasar, Zainuddin berlayar menuju tanah kelahiran ayahnya di Batipuh, Padang Panjang. Di sana ia bertemu Hayati. Kedua muda-mudi itu jatuh cinta. Tapi, adat menghalangi. Zainuddin hanya seorang melarat tak berbangsa, sementara Hayati perempuan Minang keturunan bangsawan.

Lamaran Zainuddin ditolak keluarga Hayati. Hayati dipaksa menikah dengan Aziz, laki-laki kaya berbangsa yang memang ingin menyuntingnya. Zainuddin memutuskan merantau ke tanah Jawa. Zainudin bekerja keras dan menjadi penulis terkenal.

Dalam sebuah pertunjukan opera, Zainuddin kembali bertemu Hayati bersama Aziz, suaminya. Kisah cinta Zainuddin dan Hayati menemui ujian terberatnya dalam sebuah tragedi pelayaran kapal Van Der Wijck.

Informasi Tenggelamnya Kapal Van der Wijk

JudulTenggelamnya Kapal Van der Wijk
GenreRomance, Drama
SutradaraSunil Soraya
Tanggal Rilis19 Desember 2013

Surga yang Tak Dirindukan (2015)

Film Romantis Indonesia Terbaik Surga Yang Tak Dirindukan

Penutup dari rekomendasi film romantis Indonesia terbaik adalah Surga yang Tak Dirindukan. Film ini menceritakan tentang seorang suami dan ayah yang terpaksa menikahi seorang wanita karena ingin menyelamatkan nyawanya.

Film ini dibintangi oleh Fedi Nuril, Laudy C. Bella dan Raline Shah. Film sudah memiliki sebuah sekuel yang ditayangkan pada 2017 lalu. Film ini memiliki alur cerita yang bagus. Bagi kamu yang ingin menontonnya, jangan lupa siapkan tisu ya!

Sinopsis Surga yang Tak Dirindukan

Kisah cinta pada pandangan pertama Arini (Laudya Cynthia Bella) dan Pras (Fedi Nuril) begitu indah. Pernikahan yang kemudian terwujud mendatangkan kebahagiaan lain dengan hadirnya Nadia (buah cinta keduanya).

Sosok Pras yang baik dan setia selalu menenangkan Arini, berbagai kisah perselingkuhan yang dialami perempuan di sekelilingnya, termasuk sahabat dekatnya, tidak sekalipun mengusik kepercayaan Arini terhadap sang suami. Demi mewujudkan rumah agar senantiasa menjadi surga cintanya dan Pras, Arini pun berusaha mengabdikan diri sepenuh hati sebagai Ibu dan Istri.

Tetapi perjalanan takdir kemudian berujung ujian bagi cinta Arini dan Pras. Suatu hari, dalam perjalanan menuju kantor, Pras harus menolong sebuah mobil yang mengalami kecelakaan. Alangkah kagetnya Pras saat mengetahui korbannya, adalah seorang perempuan dalam balutan baju pengantin Mei Rose (Raline Shah), yang berusaha bunuh diri, setelah laki-laki yang berjanji menikahi ternyata menipunya.

Pertemuan keduanya, lalu kehadiran Akbar, membuat pernikahan Pras dan Arini berada di tepi jurang. Bisakah cinta bertahan, setelah janji-janji untuk setia tak lagi ditepati? Apa yang harus dilakukan seorang perempuan ketika sosok yang paling dicintainya seolah menemukan tambatan baru bagi hati? Sebuah kisah menyentuh yang membuat kita berpikir ulang tentang cinta, kesetiaan dan takdir serta ujian yang harus dikalahkan.

Informasi Surga yang Tak Dirindukan

JudulTenggelamnya Kapal Van der Wijk
GenreRomance, Drama
SutradaraSunil Soraya
Tanggal Rilis19 Desember 2013

Nah, itulah 10 Film Romantis Indonesia Terbaik yang bisa Dafunda Movie bagikan. Buat kamu yang memiliki film favorit sendiri dan belum masuk dalam daftar ini, bisa tuliskan di kolom komentar ya!


Sumber: FilmIndonesia

Ayo mulai berdiksusi