Berita MusikDaftar MusikMusik

Banyak Insiden Kurang Menyenangkan, 4 Konser Musik Ini Terpaksa Dibatalkan

Tahun 2022 seharusnya menjadi tahun di mana geliat festival musik dan berbagai konser musik offline kembali lagi di Indonesia. Pada awal tahun ini, tidak sedikit promotor-promotor yang sudah optimis jika mereka akan berhasil melangsungkan event kembali. Beberapa artis luar negeri pun juga sudah mengkonfirmasi kehadirannya di tanah air.

Namun dalam sepekan terakhir, animo masyarakat yang luar biasa besarnya membuat geliat tersebut berubah menjadi bencana. Setidaknya, dalam seminggu terakhir kita sudah mendapat kabar beberapa konser musik ataupun festival musik yang di batalkan oleh otoritas keamanan. Waduh, apa saja nih yang masuk dalam list ini? Ini dia daftar-daftarnya merangkum artikel dari CNN Indonesia.


4 Konser Musik Indonesia Yang Terpaksa Dibatalkan Tahun Ini

1. Konser Slank di Palembang

Kabar Fajar Slank Palembang
Penampilan Slank di Palembang batal | kabar fajar

Slank sebelumnya resmi membatalkan agenda tur konser “Beautiful Smile Indonesia“. Yang semulanya bakal mereka awali di kota Palembang di Trade Center (PTC) pada 6 November kemarin. Dalam press release atau pengumuman resmi yang mereka bagikan. Pihak dari Slank dan promotor memastikan bakal mengembalikan dana atau refund tiket secara penuh kepada pembeli.

“Dengan berat hati, kami dari pihak promotor Tour Konser Beautiful SMILE Indonesia (Peace Enterprise x BOS Production) dengan ini menyampaikan pelaksanaan konser di kota pertama, yaitu Palembang pada Minggu, 6 November 2022 dibatalkan,” tulis pernyataan resmi yang diunggah akun Instagram @slankdotcom

2. Festival Musik Kickfest Bandung

Notifindonesia Com Kickfest Festival Bandung
Kickfsst Festival Bandung 2022 | Notifindonesia.com

CNN Indonesia mencatat. Pada mulanya Kickfest Bandung membatalkan penampilan band Perunggu dan unit Feel Koplo pada hari pertama berlangsungnya festival yaitu 4 November. Sehari setelahnya,, giliran Taring dan Burgerkill yang diputuskan untuk urung naik ke panggung.

“Sehubungan dengan alasan teknis, keamanan, dan keselamatan pengunjung maka dengan berat hati Kickfest terpaksa meniadakan penampilan dari Perunggu dan Feel Koplo pada tanggal 4 November 2022,” tulis pengumuman resmi Kickfest yang diunggah via Instagram, Jumat (4/11).

“Akan dilakukan beberapa penyesuaian rundown acara untuk hari ini, Sabtu 5 November 2022 tanpa penampilan Burgerkill dan Taring,” lanjut pengumuman tersebut.

Keputusan itu terpaksa di keluarkan usai terjadinya kericuhan yang terjadi akibat sejumlah pihak yang berusaha merangsek masuk area venue tanpa tiket. Aksi para penonton gelap itu bahkan sempat terekam oleh kamera dan menjadi bahan perbincangan di media sosial. 

3. Konser Dewa 19 di JIS

Liputan6 Dewa 19 Jis
Konser Dewa 19 di JIS | Liputan6.com

Dewa 19 yang sebelumnya memiliki jadwal tampil di Jakarta International Stadium (JIS) pada 12 November juga terpaksa harus mundur hingga 4 Februari tahun depan. Konser ini sebetulnya merupakan perayaan 30 tahun dari band yang di gawangi Ahmad Dhani ini.

“Sebagai pihak penyelenggara, kami dari JAKPRO dan DEWA Restography memutuskan untuk menunda konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19,” kata Widi Amanasto selaku Direktur Utama Jakpro dalam keterangan resmi via Instagram @redline.kreasindo, Rabu (2/11).

Jakpro dan Dewa Restography selaku pihak promotor mengatakan keputusan itu mereka ambil imbas tragedi acara dengan jumlah massa besar yang terjadi baru-baru ini. Beberapa aspek yang menjadi perhatian adalah keamanan dan keselamatan penonton konser. Sehingga, keputusan menunda konser mereka ambil agar dapat melakukan persiapan secara lebih matang. Terutama dengan belajar dari kejadian belakangan ini.

4. Festival Berdendang Bergoyang

Kureta Festival Berdendang Bergoyang
Berdendang Bergoyang | Kureta

Sebelumnya, kami sudah pernah menulis artikel khusus mengenai pembubaran festival Berdendang Bergoyang ini. Rencana yang semula akan berlangsung selama tiga hari. Namun pihak keamanan memutuskan mencabut izin berlangsungnya event ini dengan sejumlah alasan.

Beberapa momen yang menjadi sorotan dari event ini adalah venue panggung yang berjauhan. Selain itu, ada masalah prosedur keamanan sehingga jumlah penonton yang hadir melebihi batas yang di izinkan oleh pihak keamanan.


Itulah tadi empat konser musik dan festival musik yang terpaksa batal akibat sejumlah masalah yang terjadi sepekan terakhir. Semoga saja, isu ini segera bisa terselesaikan dan para penonton tidak mengalami kerugian karena pembatalan atau tertundanya tiket event yang sudah mereka beli.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment