15 Lagu Cover Yang Lebih Enak Dari Versi Orisinil nya

in ,
Lagu cover lagu orisinil
Natalie Imbruglia - Torn

Berikut adalah 15 lagu cover yang jauh lebih enak / keren dari versi orisinil-nya.

Terdapat satu pepatah di dalam  industri musik: “Kalau mau menyanyikan lagu orang lain, usahakan kita lebih keren dari versi aslinya”.

Nah untungnya, 15 lagu versi cover ini memahami banget pepatah tersebut. Alhasil membuat versi cover nya ini, jauh lebih enak dari versi orisinilnya. Dan berikut, adalah ke-15 lagu yang dimaksud tersebut.

15. Michael Buble – Feeling Good

Musisi Orisinil: Nina Simone

Sebenarnya “Feeling Good” adalah lagu yang dirilis di tahun 1964. Yan pertama kali menyanyikannya adalah aktor-penyanyi asal Inggris keturunan Guyana, Cy Grant.

Namun menjadi populer ketika di-cover oleh vokalis R&B legendaris, Nina Simone setahun kemudian. Dan setelah itu, lagu “Feeling Good” langsung kian bervariasi versi cover-nya.

Dan bisa dikatakan rata-rata semua versinya, enak. Tapi tentunya dari semua, masing-masing dari kita memiliki versi cover favorit-nya. Nah bagi gue, adalah versi si vokalis Jazz pria bersuara empuk, Michael Buble.

JANGAN LEWATKAN •
Ini Dia Cuplikan Sneak Peek Perdana Dokumenter The Beatles, Get Back

Mendasari versi cover dengan versi Simone. Versi cover “Feeling Good” Buble terdengar jauh lebih build-up, tensional, dan megah. Oh ya satu lagi, terdengar lebih James Bond banget.

Buble melalui cover ini, juga sukses menunjukkan ke kita semua kalau ia memiliki range yang juga gak kalah luas dari penyanyi pria Pop atau Rock.

14. KT Tunstall – I Want You Back

Musisi orisinil: The Jackson 5

Seperti hal-nya The Beatles, tidak sembarang orang yang bisa melakukan cover lagu-lagu grup si raja pop ketika cilik, Michael Jackson, The Jackson 5.

Salah sedikit atau terlalu copy-paste, dijamin langsung gagal di tempat. Belum lagi rata-rata lagu mereka, memiliki progresi chord yang tinggi-tinggi. Dan Tunstall, untungnya sadar akan hal tersebut.

Alhasil, iapun memutuskan untuk memodifikasi habis-habisan lagunya (namun tak menghilangkan basic sound lagunya). Tunstall memutuskan hanya menggunakan gitar akustik, suara raspy-nya yang ikonik itu, dan juga bantuan teknik looping.

Dan kombinasi tersebut, sukses membuat lagu versi cover nya ini, jauh lebih enak dari versi orisinil-nya.

13. Adele – Make You Feel My Love

Musisi orisinil: Bob Dylan

Walau aslinya adalah lagu miliki si legenda folk rock, Bob Dylan, namun versi cover Adele bisa dikatakan, mengambil basis dari versi si vokalis Pop legendaris, Billy Joel.

Tapi ya mau berbasis dari versi manapun, yang jelas lagu “Make You Feel My Love” versi cover milik Adele, jauh lebih enak dan dalam. Tentunya hal ini dikarenakan vokal Adele yang penuh feel banget ketika menyanyikannya.

12. Joan Jett – Love Hurts (1990)

Musisi orisinil: The Everly Brothers

Lagu slow rock sejuta umat ini pertama kali dinyanyikan oleh duo legendaris, The Everly Brothers yang dirilis di tahun 1961.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Maha Keren Dari The Beatles

Walau versi orisinil tersebut terkenal, namun kian terkenal ketika di cover oleh grup Rock asal Sktolandia, Nazareth di tahun 1974. Nah, versi Nazareth inilah yang paling populer bahkan, bagi kita-kita warga +62.

Namun walau lagu “Love Hurts” versi Nazareth emang enak dan badass, bagi gue, ya lebih keren versi rocker wanita keren ini.

Selain terasa jauh lebih “feely”, juga versi cover Jett, memiliki komposisi sekaligus modifikasi sound yang jauh lebih menyayat lagi melodius. Semakin enak dengan tarikan vokal Jett yang khas itu.

11. Soft Cell – Tainted Love (1981)

Musisi orisinil: Gloria Jones

Kalau kamu yang besar di tahun 80an atau generasi lebih mudah tapi, suka dengan lagu-lagu 80an, pasti tahu dengan lagu yang mempopulerkan grup new wave, Soft Cell ini.

Dan mungkin dengan fakta dekade 80an, adalah dekade yang paling aktif dalam merilis lagu-lagu hit nan keren, alhasil kiat selalu menganggap lagu ini adalah lagu orisinil Soft Cell.

Padahal gak demikian. Lagu ini adalah lagu versi cover. Lagu versi orisinil nya, pertama kali dinyanyikan oleh vokalis soul wanita, Gloria Jones yang dirilis pada tahun 1965.

Versi Jones mungkin bagi beberapa memang enak (well, versi orisinil nya bukan?). Tapi ya secara general, versi cover Soft Cell inilah yang jawara.

Pasalnya, Cell sukses memodifikasi habis dengan komposisi synthesizer dan rhythm machine-nya yang terdengar super adiktif di kedua telinga.

10. Michael Andrews feat. Gary Jules – Mad World

Musisi orisinil: Tears for Fears

Lagu versi cover “Mad World” ini bukan hanya lebih enak, namun juga lebih populer dari versi orisinil yang dibawakan oleh grup populer 80an, Tears for Fears.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Terkeren Dekade 1960an: Invasi Dan Dominasi Musik Inggris

Dan yang membuat versi cover ini jauh lebih keren dari versi orisinil nya, adalah Andrews & Jules membuat lagunya terdengar jauh berbeda. Spesifiknya, versi asli lagu ini jauh lebi nge-beat.

Sedangkan versi cover ini, jauh lebih slow dan dalam. Alhasil, membuat “Mad World” versi cover ini jauh lebih sosialis kemaknaan liriknya serta, juga kerap dijadikan soundtrack program TV dan film terutama, film sci-fi thriller hit, Donnie Darko (2001).

9. Florence + The Machine – Stand By Me

Musisi orisinil: Ben E. King

Semenjak lagu versi orisinil nya dirilis di tahun 1961 oleh Ben E. King, gak dipungkiri kalau “Stand By Me”, menjadi lagu favorit untuk di-cover oleh banyak musisi.

Pentolan The Beatles, John Lennon saja pernah men-cover nya. Namun dari seluruh versi cover “Stand By Me” yang ada, adalah versi milik band Florence + The Machine ini yang gue favoritkan.

Pasalnya versi cover mereka ini jauh lebih terdengar build-up, megah, dan juga sangat antemik. Belum lagi suara si vokalis, Florence Welch juga sangat WOW! Gak heran jika versi cover ini yang lantas dijadikan soundtrack utama dari game RPG, Final Fantasy XV (2016).

8. Santana – Black Magic Woman

Musisi orisinil: Fleetwood Mac

Ya sama seperti kasus “Soft Cell” nya Tainted Love. Pasti awalnya banyak dari kita yang menyangka kalau nomor klasik rock ini, adalah versi asli dari Santana.

Tapi faktanya, lagu ini adalah milik grup Rock legendaris, Fleetwood Mac tahun 1968. Tapi gak dipungkiri, adalah versi cover Santana ini yang paling populer. Bahkan sering kita mainkan di game Guitar Hero III: Legends of Rock (2007) dulu.

Tentunya yang membuat versi cover “Black Magic Woman” ini lebih ngetop dari versi orisinil Fleetwood Mac, adalah karena komposisi musiknya yang dahsyat banget. Terlebih, sayatan gitar Carlos Santana nya yang gila itu.

JANGAN LEWATKAN •
Juice WRLD Sukses Menyamai Rekor Yang Dipegang The Beatles

7. Nirvana – The Man Who Sold the World

Musisi orisinil: David Bowie

Yap lagu ini aslinya adalah lagu milik salah satu role model seluruh musisi di dunia ini, David Bowie. Tapi gak memungkiri, bahwa versi cover Nirvana ini yang jauh lebih enak.

Pertama kali dibawakan secara spontan di set list manggung mereka di sesi MTV Unplugged in New York tahun 1993, lagu versi Nirvana ini langsung mendapatkan resepsi positif banget.

Bahkan Bowie-nya saja kala itu mengatakan kalau versi Nirvana dari lagu nya ini, enak dan heartfelt banget. Pasca mendengar versi cover nya, sebenarnya Bowie ingin banget ketemu si vokalis, Kurt Cobain.

Tapi seperti kita tahu, sayangnya pertemuan itu tidak pernah terjadi. Pasalanya Cobain keburu meninggal dunia akibat aksi bunuh diri yang dilakukannya.

6. Peter Green / Fleetwood Mac – Need Your Love So Bad

Musisi orisinil: Little Willie John

Versi orisinil lagi “Need Your Love So Bad” dinyanyikan oleh vokalis R&B kulit hitam, Little Willie John pada tahun 1955.

Versi orisinil lagu ini terdengar sangat blue tradisionalis. Staright forward dan agak mentah (raw). Namun semua ini berubah total ketika akhirnya pentolan grup Fleetwood Mac, Peter Green, merilis versi cover nya tahun 1968.

Versi cover  nya ini terdengar jauh lebih enak, dalam, dan tasteful. Well, c’mon. Semua lagu kalau di-cover dalam genre blues, ya pasti hasilnya akan terdengar jauh lebih gokil.

5. Pearl Jam – Last Kiss

Musisi orisinil: Wayne Cochran

JANGAN LEWATKAN •
5 Aktor Yang Hampir Memerankan Karakter Ikonik The Lord of the Rings

WOW kalau kamu mendengar versi asli lagu ini yang dirilis di tahun 1961 terus, mendengar dan membandingkan dengan versi cover ini, pasti bakalan kaget banget.

Soalnay beda banget. Versi orisinil Cochran terdengar jauh lebih upbeat. Sedangkan, versi Pearl Jam, jauh lebih ballad. Sehingga, makna liriknya yang memang sangat tragis, menjadi terasa banget.

4. Cake – I Will Survive

Musisi orisinil: Gloria Gaynor

Yang namanya merubah lagu yang tadinya genre disko lalu, menjadi Rock Alternatif, gak gampang banget. Dan jarang banget ada yang super enak.

Tapi hal tersebut gak berlaku dengan Cake ketika melakukan cover hit disko sejuta umat ini. Pokoknya versi cover Cake ini terdengar beda dan enak banget.

Tapi di saat yang sama, tetap mempertahankan elemen sound klasik lagunya yang kita dengar selama ini. GOKIL!

3. The Beatles – Twist and Shout

Musisi orisinil: The Top Notes

Dengan kelegendaan The Beatles yang amat sangat, gak heran jika masih banyak dari kita yang menganggap seluruh lagu mereka orisinil semua.

Padahal justru mereka di awal-awal karirnya banyak melakukan cover dari lagu-lagu R&B, Blues, dan Rock N’ Roll dekade 50an dan awal 60an juga. Tapi hebatnya, The Beatles ya itu guys.

Setiap lagu yang mereka cover, pasti akan selalu lebih ngetop daripada versi orisinil nya. Termasuk “Twist and Shout” ini. Mungkin dari semua lagu cover mereka, hanya lagu ini yang paling identik dengan The Beatles.

Tapi gak heran. Karena John Lennon cs, memang sukses banget dalam mengkomposisi ulang sound dari lagu ini. Pokoknya lagu ini terdengar Beatles banget.

2. Janis Joplin – Piece of My Heart

Musisi orisinil: Emma Franklin

11-12 dengan The Beatles. Si legenda blues rock ini, pasti akan selalu bagus menyanyikan lagu apapun. Mau itu lagu cover maupun, lagu orisinil.

JANGAN LEWATKAN •
Yuk, Lihat Lagu Cover Perdana dari Virtual YouTuber Yozora Mel Versi 3D!

Gak pernah ada ceritanya Joplin gagal total dalam menyanyikan ulang sebuah lagu cover. Pasti hasilnya selalu lebih enak dan keren daripada versi orisinil nya.

Dan “Piece of My Heart” yang aslinya dinyanyikan oleh vokalis R&B Emma Franklin ini, juga bukan pengecualian sama sekali. Saking enaknya, seluruh orang hingga detik ini ketika mendengar judul lagu ini, pasti yang langsung terngiang adalah 2 kata: Janis dan Joplin.

1. Natalie Imbruglia – Torn

Semua lagu cover di daftar ini memang jauh lebih enak dari versi orisinilnya. Tapi gak dipungkiri yang jauh lebih enak dan beda banget hanya 2: “Piece of My Heart” milik Janis Joplin, dan “Torn” miliki Natalie Imbruglia ini.

Saking bedanya sound cover “Torn” dari Natalie Imbruglia ini, gak heran jika banyak orang yang langsung kaget sekaget-kagetnya ketika mengetahui lagu ini bukan lagu orisinil Imbruglia pada akhir Agustus 2017 silam.

Ya, “Torn” aslinya adalah lagu milik grup Rock Alternatif, Ednaswapp yang dirilis pada tahun 1995. Dan kalau kamu dengar versi orisinil nya, waduh beda banget dengan versi cover yang dirilis 2 tahun kemudian ini.

Dan yap seperti yang diungkapkan di paragraf pembuka. Apabila musisi berhasil banget membuat kita lupa atau tidak tahu kalau lagu yang ia nyanyikan, adalah lagu cover, maka ia gak dipungkiri adalah musisi yang super mumpuni. Natalie, adalah salah satunya.

Nah itulah tadi pembahasan 15 lagu yang versi cover nya lebih enak dari versi orisinil nya. Dari seluruh lagunya ini, menurutmu versi cover manakah yang lebih enak dari versi orisinil nya?