30 Lagu Terkeren Dekade 1960an: Invasi Dan Dominasi Musik Inggris

in
30 Lagu dekade 60an
The Beatles | BBC

Dekade 50an seperti yang gue bilang kemarin, adalah dekade awal dari moderenisasi musik dunia atau lebih spesifiknya, Rock N’ Roll.

Nah memasuki dekade 60an, genre tersebut perlahan-lahan mulai mengalami peningkatan yang jauh lebih moderen nan mantap lagi. Dan salah satu faktornya adalah dikarenakan mulai banyak bermunculan band / penyanyi solo dari Inggris atau yang dikenal dengan istilah: “British Invasion”.

Namun selain kemajuan signifikan Rock N’ Roll, di dekade ini kita juga melihat kelahiran genre-genre musik baru lainnya yang mana, salah satunya yang paling ngetop kala itu, psychedelic.

Berdasarkan pernyataan tersebut, maka gak heran jika dekade 60an juga sukses menelurkan lagu-lagu yang gak kalah enak dan tentunya, gak kalah abadinya dari dekade sebelumnya. Namun dari semua yang enak-enak itu, berikut adalah 30 terkeren diantaranya.

30. Paul Anka – Puppy Love (1960)

Setelah meroket di dekade 50an dengan “Diana”, tepat di awal 60an, Anka kembali meroket namanya dengan merilis lagu cinta-cintaan anak muda ini.

Lucu, lirih, sedih, dan tentunya innocent, gak heran jika “Puppy Love” langsung disukai dan masih abadi hingga detik ini.

29. Scott McKenzie – San Francisco (1967)

Sebenarnya kalau dipikir, banyak banget lagu-lagu yang judul dan liriknya, memuja / mengagungkan kota atau negara bagian di Amerika Serikat.

Namun uniknya, walau udah banyak, hampir sebagaian besar lagu-lagunya, terdengar enak banget dan gak ngebosenin. Dan “San Francisco” milik McKenzie, adalah salah satunya.

28. Ben E. King – Stand By Me (1961)

Waduh kalau sampe belum pernah denger lagu ini, entah gue harus ngomong apa ke kalian. Soalnya “Stand By Me” milik E. King gak dipungkiri adalah lagu yang saking terkenalnya udah di-cover oleh banyak orang.

JANGAN LEWATKAN •
5 Lagu The Rolling Stones Yang Pasti Kamu Kenal Dan Suka Banget

Bahkan dijadikan soundtrack di beberapa film top yang salah satunya, adalah film animasi hit Disney, The Lion King (1994). Dan gak heran apabila lagunay begitu dicintai.

Soalnya “Stand By Me” adalah contoh sempurna banget dari lagu super sederhana namun, di-komposisi dan di-produksi dengan sangat masterful.

27. The Tempatations – My Girl (1964)

Sama hal-nya seperti “Stand By Me”, kebangetan banget-banget kalau kamu belum pernah denger lagu yang diciptain sama Smokey Robinson dan juga pernah dinyanyikan oleh ikon R&B, Otis Redding ini.

Soalnya lagu ini ngetop banget man! Bahkan sampe dijadiin inspirasi judul film layar lebar yang dibintangi si Kevin McCalister di seri komedi hit, Home Alone, Macaulay Culkin.

Walau lagunya memiliki berbagai versi (termasuk versi Redding), gak dipungkiri versi milik Temptations inilah yang paling enak dan populer banget.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Maha Keren Dari The Beatles

26. Roy Orbison – Crying (1961)

Mungkin banyak dari kamu yang kenal dengan sosok Orbison dari lagu “Oh, Pretty Woman” (1964) yang kemudian di tahun 1990 judulnya dijadikan inspirasi film hit Julia Roberts (My Best Friend’s Wedding), Pretty Woman.

Dan emang lagu itu hit banget dan ggue juga suka. Tapi tetep aja kalau mau ngomongin yang paling keren, adalah lag patah hati ini. Gaya vokal Orbison di lagu ini benar-benar lirih tapi tetap terdengar sangat powerful yang alhasil, langsung mengoyak kedua telinga dan emosi diri kita.

25. The Trashmen – Surfin’ Bird (1963)

Gue yakin banget beberapa dari kalian udah pernah denger lagu ini. Yap bener banget lagu konyol ini kembali dipopulerin di episode 2 musim 7 seri komedi konyol hit, Family Guy yang ditayangkan pada tanggal 5 Oktober 2008.

JANGAN LEWATKAN •
20 Lagu The Beatles Bagi Kamu Yang Pendatang Baru

Walau konyol, gak dipungkiri, bahwa lagu berirama Surf Rock ini, secara komposisi musik, gokil, kompleks, dan keren banget.