30 Lagu Terkeren Dekade 1960an: Invasi Dan Dominasi Musik Inggris

in

24. Cliff Richards – The Young Ones (1962)

Dirilis di awal-awal keemasan dekade ini, “The Young Ones” gak hanya meroketkan karir aktor / penyanyi asal London, Inggris ini saja, namun juga sukses meng-ademkan kedua telinga kita dengan komposisi musiknya yang terdnegar nyiur-nyiur pantai tersebut.

23. The Jackson 5 – I Want You Back (1969)

Yap. Jauh sebelum menjadi raja Pop dunia, Michael Jackson awalnya adalah penyanyi cilik yang tergabung dalam grup The Jackson 5 bersama saudara-saudaranya.

Dan tentunya dari seluruh lagu-lagu hit mereka, adalah “I Want You Back” yang gak hanya keren, namun masih abadi banget hingga detik ini. Saking abadinya, lagu ini dijadikan soundtrack di film Marvel (MCU) hit, The Guardians of the Galaxy (2014).

Kamu semua tentunya tahu dong lagunya ditampilkan di adegan yang mana?

22. The Stooges-I Wanna Be Your Dog (1969)

Jauh sebelum The Strokes, adalah grup Iggy Pop inilah yang mempopulerkan genre Garage Rock ke publik.

JANGAN LEWATKAN •
7 Fanboy Wars Yang Masih Eksis Saja Hingga Detik Ini

Dan “I Wanna Be Your Dog” adalah hit Stooges yang sukses mempopulerkan genre tersebut. Walau mungkin kedengerannya terlalu “berisik” Tapi ya namanya saja garage rock. Jadi musti berisik bukan? Lagipula lagunya emang enak banget sih.

21. The Animals – The House of the Rising Sun (1964)

“The House of the Rising Sun” sebenarnya adalah lagu folk (rakyat) di Amerika Serikat spesifiknya, kota New Orleans. Lagu ini udah ada sejak bertahun-tahun lamanya.

Namun kembali mencuat ketika The Animals menyanyikan dan merilis lagi di tahun 1964. Dan gak heran. Komposisi musik yang disuguhkan oleh Animals di lagu ini bener-bener gokil banget.

Nge-rock banget tapi, gak lantas ngilangin unsur musik tradisionalnya yang kita kenal selama ini.

20. Bee Gees – New York Mining Disaster 1941 (1967)

“Hah, ini Bee Gees? Yang Stayin’ Alive itu?” Iya bener kok guys. Memang banyak abnget dari kita yang gak tau kalau trio asal Australia yang di dekade 70an ngetop dengan musik disko-nya ini, sudah bermusik dari tahun 60an.

JANGAN LEWATKAN •
Juice WRLD Sukses Menyamai Rekor Yang Dipegang The Beatles

Malah kalau mau dibandingin. Justru lagu-lagu dia di dekade 50an dan awal-pertengahan 60an lah yang keren-keren. Salah satunya, ya lagu Mining Disater ini.

Yang bikin keren lagunya ini adalah pembagian suara (koor) nya yang sangat padu dan syahdu yang kemudian, dikombinasikan dengan liriknya yang sangat kelam itu.

19. The Monkees – I’m a Believer (1966)

Salah satu pelopor genre Bublegum Rock, “I’m a Believer” gak dipungkiri adalah lagu super terkenal dari genre tersebut.

Di tengah-tengah booming-nya The Beatles, The Rolling Stones, dan The Beach Boys, dengan lagu ini, band yang anggotanya juga bintang film semua ini, meraih kesuksesannya melalui hit sejuta umat ini.