30 Lagu Terkeren Dekade 1960an: Invasi Dan Dominasi Musik Inggris

in

12. The Doors – Light My Fire (1967)

Walau emang durasi lagunya bisa amembuat kita buang air dulu 5 menit di antara lagunya, tapi gak dipungkiri kalau “Light My Fire” adalah sebuah pencapaian sempurna dari genre Rock, Blues, dan Psychedelic).

Lirik yang gampang dihafal, vokal Bariton Jim Morrison yang ikonik, dan komposisi musiknya yang top notch, wah sempurna deh lagu ini!

11. Bob Dylan – Like A Rolling Stone (1965)

Ngomongin betapa kerennya vokalis Folk ini memang gak bakal ada abisnya. Karena Dylan emang keren sih. Mau itu “Blowin in the Wind”, “All Along the Watchtower”, “Make You Feel My Love”, dab tentunya lagu ini, semuanya keren banget.

Terlebih ya lagu ini. Komposisi musik yang terdengar fresh di era-nya, dan gaya vokal “ngasal teknikal” Dylan yang ngetop itu, semuanya blend-in dengan sangat gokil yang alhaisl menghasilkan lagu sekeren ini.

JANGAN LEWATKAN •
7 Fanboy Wars Yang Masih Eksis Saja Hingga Detik Ini

10. The Beach Boys – Good Vibrations (1966)

Dari zaman “kuda” kita kerap mendengar pernyataan kalau saingan / rival The Beatles adalah The Rolling Stones. Ya emang sih. Tapi selain keduanya sahabat, level rivalitas mereka ya biasa-biasa aja.

Justru yang menjadi saingan berat Beatles adalah band keluarga asal California, AS ini. Sama-sama berkarir dari awal 60an, namun barulah di pertengahan 60an grup yang digawangai oleh Brian Wilson ini membuat Lennon-McCartney ketar-ketir sendiri.

Hal ini dikarenakan kejeniusan Wilson dalam menciptakan sound-sound fresh yang nantinya akan menjadi template awal dari genre psychedelic. Dan hal itu nampak banget di salah satu lagu terunik di dalam sejarah musik di dunia ini.

Gampangnya, kalau kala itu Wilson cs gak ngebuat lagu ini dan ngerilis album Pet Sounds (1966), The Beatles gak akan mengeksplor lebih jauh genre psychedelic dan tentunya, ngerilis album Revolver (1966).

JANGAN LEWATKAN •
Mungkinkah The Beatles Balik Lagi Seandainya John Lennon Masih Hidup?

9. Del Shannon – Runaway (1961)

Walau jelas-jelas masih ter-influens oleh sound dekade 50an, tapi gak dipungkiri, Shannon sukses meramunya dengan awal osund 60an yang khas itu yang alhasil membuat “Runaway” terdengar sangat keren nan epik banget.

8. Creedence Clearwater Revival – Born on the Bayou (1969)

Ngomongin lagu-lagu yang dimiliki oleh grup yang juga dikenal dengan nama CCR, emang gak bakal ada abisnya deh.

Semua lagu-lagu mereka ya enak-enak. Terutama lagu ini. Gak country banget, gak rock banget, tap kombinasinya kedengeran sangat keren dan bikin kita yang pria langsung negerasa jadi super macho nan jantan banget.

7. The Mamas & The Papas – California Dreamin’ (1965)

Mengatakan The Mamas and The Papas adalah sebuah ancaman di dekade 60an, sangatlah dimengerti banget.

Kuartet yang digawangi oleh “Big Mama” Cass Elliot ini, sukses merilis lagu-lagu yang langsung nge-hit nan memorable banget. Dan tentunya salah satunya adalah hit yang paling enak dan ngetopnya ini.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Maha Keren Dari The Beatles

“California Dreamin” merupakan surat cinta indah bagai California yang dibalut dengan sound tradisional Rock awal 60an yang sangat mendayu namun tetap terdengar gahar di saat yang sama.