30 Lagu Terkeren Dekade 1960an: Invasi Dan Dominasi Musik Inggris

in

6. Shocking Blue – Venus (1969)

Kalau mau ngomongin lagu yang keren, epik, dan unik sendiri di lagu 60an yang mana, di luar psikadelik, ya inilah jawabannya.

Gak bisa dibilang pure Rock, gak bisa dibilang pure Country, gak bisa dibilang psikadelik juga. Ya it is Venus and it is you fire and your desire!

5. Jefferson Airplane – White Rabbit (1967)

Kalau mau ngedenger bagaimana sound psychedelic yang sesungguhnya, langsung aja kamu dengerin nih lagu super hit milik Jefferson Airplane ini.

Dijamin walau kamu gak lagi mabok LSD atau Lem (DON’T DO DRUGS OK!), kamu bakalan langsung ngerasa lagi teler sendiri. Tapi ya terlepas pernyataan tersebut, “White Rabbit” gak dipungkiri adalah salah satu lagu terkeren yang pernah diciptakan di dunia ini.

4. Janis Joplin – Ball N’ Chain (1968)

Kalau kamu adalah yang masih mengangggap “Piece of My Heart” dan Cry Baby” adalah terbaiknya Janis Joplin, wah ketinggalan zaman deh he..he.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Maha Keren Dari The Beatles

Emang 2 lagu cover itu keren banget pas dibawain lagi oleh Joplin. Tapi coba deh dengerin cover lagu Big Mama Thornton ini yang ditampilkan Joplin di Monterey Pop Festival di tahun 1967 ini (setahun sebelum dirilis rekaman utuhnya).

Dijamin kamu bakalan terpukau bahkan, gak menutup kemungkinan, menitikkan 1-2 air mata. Karena ya emang keren banget sih cover-nya guys.

3. The Rolling Stones – You Can’t Always Get What You Want (1969)

Sama seperti hit-hit yang dimiliki oleh rival sekaligus sahabatnya, The Beatles, gak adil banget emang apabila harus menentukan lagu Stones mana yang paling enak / keren.

Karena ya semuanya keren-keren. Tapi untuk daftar ini. gue milih lagu yang diambil dari album Let it Bleed (1969) ini. “You Cant” pada esensinya adalah “Hey Jude”-nya Mick Jagger cs (well, Mick saja pernah mengatakan kalau algu ini terinspirasi dri hit Beatles tersebut).

JANGAN LEWATKAN •
Klub Tempat Manggung Pertama The Beatles, The Cavern Club, Bakalan Ditutup?

Namun walau terinspirasi, Mick cs yang memang seelalu menjadi “pemberontak” di industri musik, sukses membuat lagunya ini jauh lebih megah / grande dan lebih “liar” dari lagu inspirasinya tersebut. Pokoknya rame dan pecah banget deh lagunya.

2. Fleetwood Mac – Need Your Love So Bad (1968)

Dinyanyikan oleh vokalis utamanya saat itu (sebelum Stevie Nicks gabung), Peter Green, “Need Your Love So Bad” sebenarnya adalah cover dari hit milik Little Willie John yang dirilis di tahun 1955.

Tapi di tangan Green, gak dipungkiri lagunya menjadi jauh lebih nge-blues. Pokoknya bagi kamu yang emang ngaku sebagai pecinta musk blues, ya wajib banget sih untuk megendengerin lagunya ini.

1. The Beatles – A Day in the Life (1967)

Kalau ngomongin musik tahun 60an, ya udah pasti binti super default, The Beatles harus di posisi pertama. Gak peduli lagu mana yang dipilih, pokoknya Beatles harus nomor satu.

JANGAN LEWATKAN •
5 Lagu The Rolling Stones Yang Pasti Kamu Kenal Dan Suka Banget

Bukannya karena gue fanboy berat (well, gue fanboy Queen dan Queen lebih keren dari Beatles sekalipun tapi, ya tetep aja gue juga suka Bitel), tapi bisa liat dan tanya deh ke semua musisi di seluruh muka bumi ini.

Bahkan Queen aja terinspirasi dari grup Rock asal Liverpool, Inggris ini. Ya pokoknya, Beatles adalah pionir musk moderen dunia setelah Elvis Presley. Pokoknya gak ada Beatles, ya musik gak akan seperti sekarang.

Anyway, seperti yang gue bilang di poin Rolling Stones, gak adil emang kalau harus menetapkan lagu Bitel mana yang paling keren. Semuanya ya keren dan pionir banget. Tapi untuk di daftar ini, adalah “A Day in the Life” yang gue pilih.

Alasannya, lagu ini mungkin (bagi gue ya) adalah adalah lagu ter-grande yang pernah diciptakan oleh grup ini. Yap bahkan lebih megah dari hit sejuta umat, “Hey Jude”. Kemegahannya juga dipengaruhi habis-habisan oleh eksplorasi sekaligus eksploitasi besar-besaran dari aliran musik avant-garde yang dikombinasikan oleh psikadelik.

JANGAN LEWATKAN •
5 Aktor Yang Hampir Memerankan Karakter Ikonik The Lord of the Rings

Pokoknya lagu ini keren, sempurna, megah, dan gak ngebosesnin. Nah, dari 30 lagu dekade 60an ini, yang manakah yang menurutmu paling keren?