30 Lagu Terkeren Dekade 1950an: Lahirnya Rock N’ Roll

in
Elvis Presley Lagu Terkeren 1950an
Elvis Presley | Fashionela

Seperti kita tau, musik itu sebenernya udah ada sejak tahun 1800an atau malah sebelum itu lagi alias, udah “tuir” banget.

Tapi, bisa dikatakan resmi masuk era moderen di dekade 1950an. Hal ini dikarenakan dekade ini merupakan dekade transisi menuju sound yang lebih moderen dan “memberontak”. Alhasil, lahirlah musik Rock N’ Roll.

Namun, selain genre tersebut, genre-genre lain seperti Pop, Country, dan Jazz pun, juga mengalami moderenisasi suara yang sangat signifikan. Alhasil, gak heran jika di dekade inilah musik mulai digemari bahkan menjadi gaya hidup (lifestyle) banyak orang.

Banyak banget lagu-lagu keren yang muncul di dekade awal musik moderen ini. Namun dari semuanya, berikut adalah 30 yang gue anggap paling keren banget!

30. Santo & Johnny – Sleep Walk (1959)

“Sleep Walk” merupakan lagu instrumental yang dibawakan oleh duo kakak beradik Santo dan Johnny Farina.

Lagu instrumen ini bener-bener terdengar sangat simpel dan sangat menyejukkan kedua telinga. Pokoknya pas ngedengerin lagunya ini, dijamin semua stres kamu bakalan ilang abis-abisan.

Dan dari segi teknis bermusiknya, ya gak dipungkiri bahwa sound simpel yang diciptakan keduanya sangatlah masterpiece.

29. Paul Anka – Diana (1957)

Kamu pasti pernah denger deh lagu ini diputer sama papa atau mama kamu. Gak heran. Karena “Diana” emang lagu hit dari vokalis asal Kanada ini.

Salah satu faktor kenapa lagu ini ngetop banget, adalah dikarenakan intro trumpet-nya yang sangat ikonik itu.

28. Buddy Holly – Peggy Sue (1957)

Sebenernya banyak banget lagu-lagu milik vokalis yang meninggal muda di kecelakaan peswat terbang tragis ini.

JANGAN LEWATKAN •
Austin Butler Resmi Jadi Penyanyi Ikonik Elvis Presley

“Not Fade Away” (1957) yang kemudian di tahun 60an dinyanyikan ulang oleh grup The Rollins Stones, adalah salah satu contohnya. Tapi emang, kalau mau ngomongin lagu Buddy Holly yang super duper keren, ya “Peggy Sue” lah jawabannya.

Kenapa? Bukan masalah super hit aja. Tapi sound Rock N’ Roll yang diusung sama lagu ini emang keren banget sampe bikin kita pengen angguk-angguk kepala sendiri.

27. Lloyd Price – Lawdy Miss Clawdy (1952)

Lagu ini bisa dikatakan adalah salah satu lagu yang paling underrated banget di dekade 50an. Gimana gak? “Lawdy Miss Clawdy” hingga detik ini jarang disinggung lagi banyak orang (terkecuali yang pernah hidup di zamannya atau fans).

Padahal, lagu yang berirama R&B ini sangatlah keren. Selain karena memiliki lirik repetitif yang nempel terus di kepala dan alunan melodinya yang nge-blues abis, gaya vokal Price yang unik, membuat lagunya terdengar lebih asyik namu tetap terdengar sangat classy.

26. Eddie Cochran – Summertime Blues (1958)

Dirilis di genre Rock N’ Roll masih nge-hit, “Summertime Blues” memiliki sound Rock N’ Roll yang sangat renyah di kedua telinga.

JANGAN LEWATKAN •
5 Lagu Super Legendaris Bee Gees Yang Satu Keluarga Pasti Tahu

Memang secara kualitas, lagunya tidak se-hit lagu milik Chuck Berry atau Elvis Presley, tapi tetep aja sekali lagi lagunay bikin kita senyum-senyum sendiri pas ngedengerin-nya.

25. Muddy Waters – Manish Boy (1955)

Lagu yang pernah diparodikan di salah satu episode seri animasi keluarga “gila”, Family Guy ini, gak dipungkiri adalah salah satu lagu berirama “berat” di era-nya.

Tapi pada akhirnya, “Manish Boy” sukses menjadi salah satu lagu blues terkeren yang pernah dirilis di muka bumi ini.