10 Game Indie Terbaik Dalam Satu Dekade Terakhir!

in ,
Game Indie Terbaik Satu Dekade Terakhir

Pengembang game indie selalu berusaha agar terlihat menonjol di antara judul game AAA. Beberapa game indie terbaik mendapat sambutan yang bagus dari para kritikus dan pemain. Beberapa bahkan berhasil memenangkan penghargaan pada ajang Game Awards ditahunnya.

Game indie biasanya memperlihatkan permainan yang hebat dengan banyak karakter. Dibawah ini terdapat sepuluh game indie terbaik dari 1 dekade terakhir. Setiap game memiliki gaya seni, genre, dan mekanisme permainan yang berbeda. Jika kamu belum memainkannya, maka pastikan untuk mencobanya.

Inilah 10 Game Indie Terbaik Dalam Satu Dekade Terakhir

10. Limbo (2010)

Limbo adalah game membingungkan yang menampilkan kisah seorang bocah lelaki yang melintasi dunia. Gaya seni game ini berbeda dan membuatnya menonjol dari game lain dalam daftar ini. Karakter, landscape dan objek di dalam game di perlihatkan dengan siluet yang konstan.

Mekanika game Limbo sederhana, Pemain harus mencari tahu bagaimana cara melewati laba-laba raksasa yang ada didalam game.

Limbo adalah game yang dikembangkan oleh studio Playdead. Game ini dirilis pada Juli 2010 di Xbox Live Arcade, dan kemudian rilis di beberapa platform lain termasuk PlayStation 3 dan Microsoft Windows.

9. Bastion (2011)

Supergiant Games merilis game role-playing yaitu Bastion pada musim panas 2011. Bagi para penggemar gelar indie, game ini adalah rilisan game di musim panas yang sempurna. Kamu akan bermain sebagai bocah lain yang melintasi beberapa wilayah yang diisi oleh musuh.

Pemain juga bisa membawa item yang di temukan di dalam game, yang mana item tersebut bisa melakukan peningkatan. Bastion adalah game yang sangat berwarna, tidak seperti Limbo. Game indie ini mendapatkan banyak pujian dari cerita dan gaya seni yang tersaji.

8. Journey (2012)

Banyak yang menyebut Journey sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa. Alasan untuk klaim tersebut adalah game ini memiliki mekanisme eksplorasi yang unik.

Pemain mengambil peran penuh dalam melintasi gurun dan menemukan pemain lain. Kamu dapat mengajak pemain lain untuk bereksplorasi bersama.

Journey tidak menampilkan dialog atau cutscene apa pun. Pemain juga tidak bisa berbicara satu sama lain. Pengembang game Thatgamecompany menginginkan pemain untuk terhubung satu sama lain daripada berbicara atau berkelahi. Kamu dapat memainkan game ini di Windows 10 atau PlayStation 4.

7. OUTLAST (2013)

Dianggap sebagai salah satu game paling menakutkan yang pernah ada, Outlast menjadi tolak ukur standar untuk game horor. Red Barrels menciptakan game yang sangat menakutkan dan masih mendapat pengakuan hingga saat ini.

Outlast unik karena pemain perlu menggunakan fungsi night vision kamera untuk melintasi dunia didalam game. Desain lingkungan dan cerita membantu menghadirkan suasana yang menakutkan. Outlast dikabarkan akan melanjutkan seri ketiga selanjutnya yang akan segera hadir.

6. This War of Mine (2014)

This War of Mine adalah video game perang bertahan hidup yang dikembangkan dan diterbitkan oleh perusahaan pengembangan game Polandia 11 bit studio. Game ini berbeda dari kebanyakan game perang lainnya. War of Mine lebih berfokus pada pengalaman menjadi warga sipil dalam zona medan perang.

War of Mine ini dirilis untuk Microsoft Windows, OS X, dan Linux pada November 2014. untuk Android dirilis pada 14 Juli 2015, diikuti oleh iOS pada hari berikutnya yaitu 15 Juli. Konten tambahan bernama This War of Mine: The Little Ones dirilis untuk PlayStation 4 dan Xbox One pada tanggal 29 Januari 2016.

5. Undertale (2015)

Undertale dirilis pada 2015 dan merupakan salah satu game dengan rating tertinggi tahun itu. Undertale adalah game dimana pemain berperan sebagai seorang anak yang jatuh ke dunia yang dikenal sebagai dunia bawah tanah.

Undertale adalah game yang dibuat oleh pengembang indie Amerika, Toby Fox. Didalam game, pemain akan bertemu berbagai monster selama perjalanan kembali ke dunia atas.

Setiap monster dapat dibunuh atau membebaskannya. Setiap pemain akan memiliki jalan cerita akhir yang berbeda tergantung keputusan yang diambil selama permainan berlangsung.

4. Firewatch (2016)

2016 penuh dengan judul indie yang luar biasa dan sangat sulit untuk memilih yang mana yang terbaik dari semuanya. Namun, Firewatch ditulis dengan sangat baik dan suaranya saja akan membuat kamu ingin memainkan game ini berulang kali.

Firewatch adalah gim petualangan yang dimainkan dari sudut pandang orang pertama. Game ini mengambil tempat di negara bagian Wyoming Amerika pada tahun 1989. Pemain berperan sebagai Henry, pengawas kebakaran yang ditugaskan di Hutan Nasional Shoshone.

Firewatch adalah game petualangan yang dikembangkan oleh Campo Santo dan diterbitkan oleh pengembang dalam kemitraan dengan Panic.

Game ini dirilis pada Februari 2016 untuk Microsoft Windows, OS X, Linux, dan PlayStation 4, untuk Xbox One pada September 2016, dan untuk Nintendo Switch pada Desember 2018.

3. Hellblade: Senua’s Sacrifice (2017)

Game ini dirilis sebelum studio pengembang yaitu Ninja Theory dibeli oleh Microsoft. Tanpa di sangka, mereka berhasil menghadirkan sebuah game yang menakjubkan yang dikenal sebagai Hellblade: Senua’s Sacrifice. Game ini adalah game aksi petualangan yang terinspirasi dari mitologi Norse.

Pemain akan bermain sebagai Senua, prajurit Pict yang harus pergi ke Helheim untuk menyelamatkan jiwa kekasihnya yang diambil oleh dewi Hela. Game ini dirilis di seluruh dunia untuk Microsoft Windows dan PlayStation 4 pada Agustus 2017, Xbox One pada April 2018, dan Nintendo Switch pada April 2019.

2. Dead Cells (2018)

Dead Cells adalah game roguelike-metroidvania yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Motion Twin.

Sekitar satu tahun dalam early access, Dead Cells dirilis untuk Linux, macOS, Microsoft Windows, Nintendo Switch, PlayStation 4, dan Xbox One pada 7 Agustus 2018. Mobile untuk iOS telah dirilis pada 28 Agustus 2019 dan Android direncanakan diwaktu mendatang.

Dalam permainan, pemain mengambil peran sebagai makhluk berlendir yang mengendalikan mayat di ruang bawah tanah dan harus berjuang untuk keluar. Pemain mendapatkan berbagai senjata, harta, dan alat lainnya dilevel berbeda untuk melawan musuh yang ada di dalam game.

1. Untitled Goose Game (2019)

Game Untitled Goose dirilis di akhir tahun 2019 untuk Nintendo Switch. Game ini sangat berwarna dan gaya seni yang disajikan juga sederhana. Tidak ada terlalu banyak detail di dalam game, tetapi itulah yang membuatnya terasa seperti game indie.

Gameplaynya sederhana, tidak ada yang berfikir sebelumnya untuk bermain sebagai angsa. Didalam game angsa dapat membunyikan mengeluarkan suara keras, mengepakkan sayapnya, dan mengambil barang apa pun dalam permainan.


Apa Judul Game Indie Terbaik Versi Kamu?

Journey 2

Nah, itulah daftar game indie terbaik dalam satu dekade terakhir. Menurut kamu, game indie mana yang paling cocok menjadi game indie terbaik sepanjang masa? Tuliskan jawabanmu di kolom komentar di bawah.

Kunjungi terus Dafunda Game untuk informasi, tips, tutorial dan rekomendasi game keren lainnya.