30 Lagu Terkeren Dekade 1960an: Invasi Dan Dominasi Musik Inggris

in

18. Steppenwolf – Born to Be Wild (1968)

Lagu yang juga menjadi soundtrack film klasik, Easy Rider (1969) ini, bahkan dari riff intro gitarnya yang sangar banget, sudah ketauan bakal bikin kita langsung mengangguk-anggukan kepaal nge-rock gak karuan sendiri.

Sangar dan macho banget, “Born to be Wild” gak dipungkiri adalah salah satu lagu Rock terbaik yang pernah diciptakan di dunia ini.

17. David Bowie – Space Oddity (1969)

Sama hal-nya seeprti Bee Gees, gaara-gara Bowie lebih ngetop dan aktif di dekade 70an, alhasil banyak yang lupa kalau vokalis androgini ini, telah aktif dari dekade 60an.

Dan lagi-lagi seperti Bee Gees, lagu-lagu bowie di era 60an juga gak kalah kerennya dari hit-hit 70a dan 80an nya. Terlebih lagu bertemakan sci-fi yang super duper keren ini.

16. Tom Jones – I’ll Never Fall In Love Again (1967)

Walau dirinya kini lebih dikenal sebagai juri di kompetisi bernyanyi The Voice UK, tapi gak dipungkiri kalau Tom Jones, adalah salah satu musisi paling ikonik sepanjang masa.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Terkeren Dekade 1950an: Lahirnya Rock N' Roll

Ketenarannya bisa disejajarkan langsung dengan sahabatnya, Elvis Presley. Salah satu faktor yang membuatnya begitu ngetop, tentunya adalah dikarenakan kehebatannya dalam men-cover ulang hit milik Lonnie Donegan ini.

Pokoknya selain menampilkan olahraga vokal yang sangat keren, Jones, sukses banget menyuntikkan emosi patah hati yang amat sangat ke dalam lagunya ini.

15. Led Zeppelin – Whole Lotta Love (1969)

Oke, oke semua lagu dari band Hard Rock asal London, Inggris ini gak ada yang gak enak dan gak gahar. Semua lagunya pas didenger pengen bikin kita langsung rusuh sendiri gak karuan.

Tapi ya dari semuanya, yang bisa bikin kita rusuh banget ya lagu super hit nya ini. Plus, dibanding lagu-lagu keras mereka lainnya, “Whole Lotta Love” memiliki build-up tensi yang paling enak alurnya dari awal hingga akhir.

JANGAN LEWATKAN •
Klub Tempat Manggung Pertama The Beatles, The Cavern Club, Bakalan Ditutup?

14. Elvis Presley – In the Ghetto (1969)

Disebut sebagai rajanya musik Rock N’ Roll itu emang gak salah sih. Pasalnya selain meng-inovasi genre-nya, Elvis juga terus aktif nger-rock hingga akhir 60an.

Bahkan kalau mau jujur, sama seperti The Beatles, karya-karya Elvis di era-era akhirnya jauh lebih enak daripada era-era awalnya. Nah banyak orang yang mem-favoritkan “Suspicious Minds” (1969) ketika membicarakan lagu keren Elvis era akhir.

Emang keren sih. Tapi kalau bagi gue, yang keren banget ya lag berirama semi country ini.

Selain memiliki komposisi irama mellow yang adem banget, lirik kritikan sosialnya mengenai kerasnya kehidupan seorang anak yang lahir di tengah lingkungan tak berkecukupan, sangatlah realistis, dan membuat kita sedih dan miris sendiri ketika mendengarkannya.

13. Etta James – I’d Rather Go Blind (1968)

“At Last” emang enak banget dan gak dipungkiri, merupakan pencapaian besar dari biduanita asal Los Angles, California, AS ini.

JANGAN LEWATKAN •
Apa Sih Genre Musik Psychedelic Itu?

Tapi tetep aja sih yang paling enak ya lagu yang berirama blues ini. James sukses banget dalam menyalurkan seluruh lirih patah hatinya tersebut yang alhasil, membuat kitapun juga sedih dan sakita snediri ketika mendengarnya.