20 Lagu The Beatles Bagi Kamu Yang Pendatang Baru

in
20 Lagu The Beatles Bagi Pendatang Baru
Sumber: Musikklik

Gue sadar banget bahwa banyak dari kalian (pembaca Dafunda) yang merupakan generasi Zaman NOW atau paling gak pertengahan 90an. Jadi mungkin banyak dari kalian yang baru familiar dengan grup Rock Inggris legendaris, The Beatles.

Ya mungkin kamu tahunya dari ayah, ibu atau kakek. Gak masalah sih. Cuma asal kamu tau aja kalau grup ini memang wajib banget untuk kamu ketahui bahkan kalau perlu disukai. Karena tanpa grup ini, evolusi musik dunia gak bakalan bisa kayak sekarang.

20 Lagu The Beatles Bagi Kamu Yang Pendatang Baru
Sumber: Warta Ekonomi

Band yang anggotanya: (alm) John Lennon (Gitar / Vokal), Paul McCartney (Vokal / Bas), (alm) George Harrison (Vokal / Gitar), Ringo Starr (Vokal / Drum) ini bersama Chuck Berry dan Elvis Presley, adalah yang mempopulerkan sound musik Rock N’ Roll modern di dekade 60an.

Lagu-lagunya berjumlah ratusan baik yang dirilis dan ngetop maupun yang gak dirilis di album utama (bahkan yang gak dirilis pun ngetop banget). Jadi sekali lagi gak heran jika gue bilang kamu semua wajib banget untuk tahu dan dengerin lagu-lagu keempatnya.

Apa? Takut gak cocok atau gak suka? Tenang itu bukan masalah. Langsung aja nih gue kasih rekomendasi 20 dari sekian ratus lagu mereka yang dijamin bikin kamu langsung jadi fans berat mereka alias, Beatlemania.

20. Yer Blues (1968)

The Beatles – Yer Blues

Dirilis di awal-awal tahun perpecahan band ini, “Yer Blues” adalah lagu yang diambil dari album The Beatles (1968) atau biasa juga dikenal dengan “The White Album”. Hal ini karena cover albumnya yang warna putih polos doang itu.

Sesuai judulnya, lagu ini berirama blues. Tau dong musik blues itu yang kayak gimana sound-nya? Lagu ini sih masuknya campuran alias Rock Blues. Tapi ya mau blues murni atau nyampur, yang jelas lagu ini bener-bener gahar dan keren banget komposisi musiknya.

Salah satu faktornya juga karena ketika mainin lagunya, timing (jeda) antara lagunya diatur dengan sangat cerdas oleh Lennon.

19. Helter Skelter (1968)

The Beatles – Helter Skelter

Juga terdapat di The Beatles, “Helter Skelter” bisa dibilang adalah pionir dari genre Metal spesifiknya lagi Heavy Metal. Tanpa lagu ini, dijamin grup Heavy Metal nomor wahid, Black Sabbath gak bakalan ada.

Bagi kamu yang emang suka lagu yang keras-keras, lagu ini pasti bikin kamu headbanging gak karuan sendiri.

18. I’ve Got a Feeling (1970)

The Beatles – I’ve Got a Feeling

Bagi kamu yang mungkin pas ciliknya di awal 90an atau mungkin akhir-akhir 80an, pastinya kamu tahu dong gimana sound-sound musik Rock-Alternatif di pertengahan 90an?

Nah kalau kamu suka banget dengan sound-sound era tersebut (Melissa Etheridge, Meredith Brooks), langsung aja denger lagu ini. Emang “I’ve Got a Feeling” dirilis di tahun 60an. Tapi uniknya sound lagunya persis seperti lagu-lagu rilisan pertengahan 90an.

Gak percaya? Langsung aja deh dengerin.

17. Oh! Darling (1969)

The Beatles – Oh! Darling

Gue rasa kamu semua tahu deh sama lagu ini. Soalnya nomor blues ini udah sering juga dinyanyiin sama peserta The Voice Kids seluruh dunia yang masih umur 7-10 tahun.

Dan gak heran kalau lagu ini lintas generasi. Oh! Darling emang lagu blues yang walau agak berat untuk ikut dinyanyikan (musti bener-bener belajar untuk nyanyiinnya secara bener), tapi tetep kerasa enteng dan enak banget di kuping.

16. Octopus’s Garden (1969)

The Beatles – Octopus’s Garden

Masih diambil dari album serupa, Abbey Road (1969), lagu ciptaan dan juga dinyanyiin oleh Starr ini, bener-bener lagu yang riang banget.

Pokoknya kalau ngedengerin kamu bakalan senyum sendiri dan semua masalah bakalan ilang selama hampir 3 menit ke depannya. Ya pas lah, Soalnya lagu ini juga dibuat oleh Starr sebagai “pelariannya” dari awal perpecahan yang dialami oleh grup nya ini.

15. Hello, Goodbye (1967)

The Beatles – Hello, Goodbye

Lagu ini juga gak kalah riang gembiranya. Apalagi lagunya terus mengucapkan lirik “Hello” dan “Goodbye” yang dijamin bakalan nyangkut terus di kepala kita.

Oh ya, jangan lupa juga dengan menjelang ending-nya yang komposisi nya gak kalah riang dan kocaknya.

14. Let It Be (1970)

The Beatles – Let it Be

Lagu ini merupakan salah satu lagu terakhir Lennon cs sebelum akhirnya bener-bener bubar. Dan emang gak salah sih.

Karena komposisi lagunya emang memiliki nada yang super mellow namun di saat yang sama tetep terdengar sangat optimis.

13. The Ballad of John and Yoko (1969)

The Beatles – The Ballad of John and Yoko

Sesuai judulnya lagu ini merupakan lagu balada cinta bagi Lennon dan istri keduanya saat itu, Yoko Ono.

Dan lagu cinta keduanya ini bener-bener sangat fun dan keren banget. Saking asyiknya, gak heran kalau kemudian lagu ini sering dijadiin salah satu algu senam atau poco-poco bagi senam-senam ibu-ibu / lansia PKK di sekitar rumah kita.

12. Come Together (1969)

The Beatles – Come Together

Mungkin dari tadi kamu bergumam seperti ini: “Kok perasaan dari tadi lagu-lagu Bitel-nya yang dari era 60an akhir terus?

Ya mau diapain bro / sis? Memang faktanya, lagu-lagu Bitel era akhir 60an memang jauh lebih enak dan hype (tapi yang 60an awal juga sama kerennya ya!)

Dan “Come Together” juga bisa dikategorikan dalam pernyataan tersebut. Berirama blues rock, “Come Together” merupakan lagu yang adem tapi tetep nge-rock banget di kedua telinga.

11. Eight Days a Week (1964)

The Beatles – Eight Days a Week

Mungkin beberapa dari kamu pernah liat judul lagu unik ini atau memang udah pernah dengerin lagunya.

Gak heran karena judul ini dipakai oleh sutradara Ron Howard (In the Heart of the Sea) sebagai judul film dokumenter The Beatles-nya yang dirilis di tahun 2016, The Beatles: Eight Days a Week – The Touring Years.

Lagu ini masih sukses menangkap sound Rock N’ Roll riang khas Beatles di awal 60an yang alhasil, membuat lagunya, bakalan langsung enak untuk didengerin.

10. Help! (1965)

The Beatles – Help!

Salah satu lagu super hit dari The Beatles. Makna liriknya memang sedikit miris. Tapi sekali lagi gak dipungkirin kalau lagunya super catchy.

9. The Long and Winding Road (1970)

The Beatles – The Long and Winding Road

Sama kayak “Let it Be”, lagu ini juga merupakan lagu balada super ngetop dari The Beatles. Dan daripada “Let it Be”, menurut gue seharusnya lagu ini yang kala itu dijadiin lagu perpisahannya.

Dari judulnya aja udah terlihat jelas bukan? Tapi ya sudahlah toh satu album juga bukan? Yang jelas bisa dibilang selain “Yesterday”, “The Long and Winding Road” adalah lagu balada The Beatles yang paling sering dinyanyikan ulang (cover).

8. Rock and Roll Music (1964)

The Beatles – Rock and Roll Music

Lagu ini sebenernya adalah lagunya Chuck Berry yang dirilis di tahun 1957. Dan kalau boleh jujur disini, gak heran kalau versi cover-nya ini yang lebih ngetop sampai sekarang.

Karena cara Lennon ngebawain ulang lagunya unik banget. Tapi di saat yang sama, tetap terasa super enerjik. Dijamin pas denger lagunya, kamu akan joged-joged sendiri.

7. She Loves You (1963)

The Beatles – She Loves You

Dengan liriknya yang “She Loves You, yeah, yeah, yeah”, siapa yang gak bakal langsung senyum-senyum dan suka dengan lagunya bukan?

Dijamin deh kamu bakalan langsung jadi Beatlemania dadakan! Dan lagu ini juga merupakan lagu yang meberikan roket kepopularitasan bagi grup asal Liverpool ini.

6. I Saw Her Standing There (1963)

The Beatles – I Saw Her Standing There

Dijamin 100% lebih kamu bakalan langsung suka walau baru ngedenger teriakan hitungan “1, 2, 3, 4” nya McCartney di awal lagunya.

Kenapa gue bilang demikian? Ya karena dari hentakan hitungan awalnya itu aja, udah jelas banget kalau lagu ini bakalan membuat kita bergoyang dan berdansa twist Rock N’ Roll ala 60an.

5. I Want to Hold Your Hand (1963)

The Beatles – I Want to Hold Your Hand

Gue yakin banget juga kalau kamu semua pasti udah pernah dengerin lagu ini. Karena lagunya juga udah di-cover di seri musikal hit 2000an, Glee (2009-2015).

Dan lagu ini, faktanya jugalah lagu yang meroketkan kepopuleran The Beatles di Amerika Serikat dan seluruh dunia. Jadi kalau belum pernah denger juga, langsung deh dengerin!

4. Ob-La-Di, Ob-La-Da (1968)

The Beatles – Obladi Oblada

Waduh kalau belum pernah denger lagu ini, “kelewatan” juga deh. Karena lagu upbeat ini memang super duper / maha ngetop banget.

“Obladi Obalada” sering banget diputer sebagai lagu senam dan di berbagai lantai dansa.

3. Yesterday (1965)

The Beatles – Yesterday

Lagu ini gue rasa udah didengeri sama sebagian besar kamu semua. Soalnya, “Yesterday” adalah lagu Beatles yang paling “umum banget”.

Gak mungkin deh kalo misalkan kamu gak tau dengan lagu ini. Lagu ini adalah lagu “selow” Beatles sejuta umat.

2. Hey Jude (1968)

The Beatles -Hey Jude

“Kalau misalkan Yesterday sejuta umat, kok masih kalah posisinya sama Hey Jude?” Karena lagu yang juga diubah sama McCartney ini, tingkat kepopulerannya bahkan bagi awam sekalipun jauh lebih tinggi.

Bahkan saking tingginya, banyak banget awam yang pertama kali denger lagu ini, langsung beranggapan kalau “Hey Jude” itu adalah lagu pertama Beatles (awal 60an).

Kenapa kok sampe sepopuler begitu? Selain liriknya gampang diingat, komposisi musik yang menggabungkan Rock, Pop, dan semi teatrikal, membuat lagunya menjadi seru banget seperti sedang nonton filmsuperhero Marvel.

1. Ticket to Ride (1965)

The Beatles – Ticket to Ride

Yap. Dan inilah lagu yang dijamin begitu ngedenger (bagi kamu yang pertama kali mau denegrin Beatles), bakalan langsung “auto” suka banget dengan band ini.

Soalnya “Ticket to Ride” itu istilahnya lagu super duper pasarannya The Beatles. Bagi yang awam pasti suka banget atau menjadi lagu paling pertama keluar di benak pas mau request lagu Beatles.

Tapi, bagi yang super duper fanboy Beatles, lagu ini (maaf) udah dianggep lagu “buangan” aja. Karena memang bagi fans, lagu ini adalah lagu super duper basic atau seperti bayi yang baru belajar merangkak.

Nah itulah tadi 20 lagu top The Beatles yang bisa dijadiin “starter” awal bagi kamu-kamu yang baru mau mendengar atau nge-fans dengan mereka. Semoga rekomendasinya pas dan bermanfaat!

Bagikan jika kamu suka