10 Lagu Ciptaan Freddie Mercury Yang Keren Banget

in ,
Lagu Ciptaan Freddie Mercury
Freddie Mercury | uDiscover Music

Berikut adalah 10 lagu ciptaan vokalis band Rock Queen, Freddie Mercury yang keren banget.

Gak memungkiri selain memiliki suara yang luar biasa, hal lain yang membuat sosok vokalis Queen, Freddie Mercury begitu dipuja, adalah kehebatannya dalam menciptakan sebuah lagu.

Mau itu lagunya bersama Queen, maupun lagu ketika ia memutuskan untuk bersolo karir memasuki di pertengahan 80an silam.

Dan salah satu alasan utama mengapa lagu-lagu ciptaannya begitu hebat, adalah kejeniusannya dalam mengawinkan lirik-lirik puitisnya dengan komposisi musiknya yang enak banget.

Alhasil, gak heran jika seluruh lagu-lagu karyanya masih abadi hingga detik ini. Namun dari semua karyanya tersebut, berikut adalah 10 lagu ciptaan seorang Freddie Mercury yang menurut gue keren banget kualitasnya.

10. Is This the World We Created (1984)

Sebenarnya apabila kita mengaku fans Queen (terlebih Freddie), pasti tau banget kalau Freddie adalah sosok yang memiliki kepedulian sosial yang sangat tinggi.

Dan lagu ciptaan Freddie  bersama gitaris Brian May yang terdapat di album The Works (1984) ini, adalah puncak dari pembuktiannya. “Is This the World We Created?” diciptakan Freddie setelah ia melihat berita bencana kelaparan dan kemiskinan di Afrika.

Dan ketika membaca lirik demi liriknya, sekali lagi, terlihat banget kepedulian mendalam Freddie terhadap bencana yang sangat menghebohkan dekade 80an tersebut.

Alhasil, gak heran ketika di paruh kedua penampilan Queen di pertunjukan Live Aid 1985, lagu ini dibawakan dengan sangat syahdu oleh Freddie dan May.

9. Don’t Stop Me Now (1978)

Selain jago dalam menuliskan lirik berbau sosial, Freddie juga pintar juga dalam menciptakan lagu berlirik nakal namun, tetap terdengar elegan (gak kampungan).

JANGAN LEWATKAN •
10 Film Layar Lebar (Movie) Paling Dinanti Fall 2018

Dan lagu riang ciptaan Freddie Mercury yang sejuta umat ini adalah buktinya. Dengan menggunakan planet mars, roket, supersonik, dan juga pengarahan setiap bagian (part) vokalnya yang variatif terpadu.

“Don’t Stop Me Now” sukses menjadi lagu nakal elegan Queen yang bisa membuat kita langsung tersenyum lebar dan ikut menyanyikan tanpa perlu merasa takut dicap sebagai seorang pervert.

8. A Winter’s Tale (1995)

Salah satu lagu favorit gue juga. Lagu ciptaan Freddie Mercury ini dijamin akan membaut kita langsung merasa adem, dan ingin segera buru-buru menuju hari Natal.

Atau setidaknya, mengkhayalkan sedang santai di dalam rumah dengan hujanan salju di luar rumah kita. WOW kebayang gak tuh tenang dan ademnya? Dan sekali lagi terima kasih banget ke Freddie yang jenius banget dalam menciptakan lagunya ini.

7. Crazy Little Thing Called Love (1979)

Menciptakan lagu yang juga merupakan tribute ke si Raja Rock N’ Roll, Elvis Presley, memang sangat intimidatif rasanya.

JANGAN LEWATKAN •
30 Lagu Super Duper Keren Dari Queen

Well, he’s freakin’ Elvis. Tapi kerennya, Freddie tidak merasa demikian. Dan lagu super hit inipun akhirnya tercipta. Dan kerennya lagi, Freddie menciptakan “Crazy Little Thing Called Love” hanya dalam waktu 5-10 menit ketika ia sedang berendam di dalam bathtub.

6. Barcelona (1988)

Proyek duey antara Freddie dan soprano legendaris asal Barcelona, Spanyol, Montserrat Caballe. Lagu ini merupakan lagu super hit keduanya yang tentunya merupakan ciptaan Freddie Mercury.

Mengawinkan elemen musik klasik seriosa tradisional dan juga Rock Operatik ala Queen. Perkawinan keduanya, sukses menciptakan sebuah lagu tribute antemik terhadap tanah kelahiran Caballe.

Lebih jauhnya lagi, “Barcelona” juga menjadi lagu tema perhelatan pesta olahraga Olimpiade 1992 di Barcelona.

5. We Are the Champions (1977)

Siapa sih yang gak tau lagu ini? “We are the Champions” hingga detik ini digunakan sebagai lagu atau soundtrack kemenangan terutama dalam event olahraga.

JANGAN LEWATKAN •
Jadi, Apakah Sekuel Bohemian Rhapsody Akan Diproduksi?

Padahal sih, sebenarnya, lagu ini bukan lagu untuk demikian. Spesifiknya, lagu ciptaan Freddie Mercury ini diciptakannya sebagai respon terhadap audiens konser mereka yang menyanyikan lagu tradisional Inggris, “Youll Never Walk Alone” di salah satu konser mereka kala itu.

Menginginkan agar audiens menyanyikan lagu milik mereka (yang terdengar menyatukan suara mereka semua), Freddie dibantu May, lantas menciptakan lagu ini dan “adik” nya, “We Will Rock You”.

4. My Melancholy Blues (1977)

Sekali lagi, mengatakan sosok Freddie Mercury sebagai sosok jenius, bukanlah sebuah kefanatikan sempit. Tapi adalah fakta banget.

Dan melalui nomor yang diambil dari album News of the World (1977), pernyataan tersebut semakin kukuh saja. Bayangkan guys, lagu ini sebenarnya menggabungkan elemen musik klasik dan Jazz standar yang terdengar simpel dan renyah.

Tapi oleh Freddie, kerenyahan dan kesimpelan tersebut berubah menjadi kekompleksan ketika kita ingin mencoba untuk menyanyikan lagunya. Good luck banget deh untuk bisa menyanyikan lagu ini dengan BENAR dalam 1-2 kali percobaan.

JANGAN LEWATKAN •
5 Drama Dibalik Layar Yang Hampir Menggagalkan Proyek Film

3. Killer Queen (1974)

Lagi-lagi, serahkan ke seorang Freddie Mercury untuk menciptakan lagu bernuansa nakal atau seksual tapi tetap terdengar dan terasa elegan.

“Killer Queen” pada dasarnya adalah lagu yang berfokus pada gadis panggilan (PSK) kelas atas. Dan Freddie dengan kejeniusannya dalam menggubah chord-chord-nya, alhasil membuat lagunya terasa megah dan berkelas.

2. Love Me Like There’s No Tomorrow (1985)

Percaya atau tidak, lagu balada solo Freddie ini, terinspirasi dari beberapa lagu balada rekan musisinya, George Michael.

Awalnya Freddie ingin menciptakan lagu balada  ala Geogre (mungkin ingin seperti hit George, “Careless Whisper”). Tapi pada akhirnya, Freddie “gagal”, dan alhasil terciptalah “kegagalan” ini.

Well, tentunya “Love Me Like There’s No Tomorrow” bukanlah sebuah lagu gagal. Yang ada sukses banget hingga sekarang. Terima kasih dengan kejeniusan Freddie dalam menampilkan rangkain puitisasi patah hatinya yang sangat dalam dan sakit banget.

JANGAN LEWATKAN •
Rami Malek Guncang Panggung Musik Lewat Trailer Bohemian Rhapsody

1. Bohemian Rhapsody (1975)

Yap, lagu ciptaan Freddie Mercury mana lagi yang keren banget, selain lagu yang kembali super populer melalui film biopik berjudul sama yang dirilis tahun 2018 lalu ini?

Dan tentunya letak kekerenannya, adalah di sisi liriknya. Yang mana, walau banyak dari kita dan bahkan rekan Queen nya sendiri gak ngerti 100% maknanya, tetap terdengar indah dan koheren.

Hanya Freddie yang tahu persis maknanya. Dan hanya dia yang bisa menciptakannya. Yap itulah tadi 10 lagu ciptaan Freddie Mercury yang keren banget. Dari 10 lagu ini yang mana yang merupakan favoritmu?