20 Mangaka Shonen Jump Terbaik Menurut Penduduk Dunia Maya, Siapakah Mereka?

in ,
manga dari Mangaka Terbaik di Shonen Jump

Sebentar lagi Weekly Shonen Jump akan mengadakan acara untuk memperingati 50 Tahun berdirinya perusahaan majalah itu. Acara Weekly Shonen Jump Exhibition tersebut akan menampilkan karya-karya terbaik yang pernah terbit dalam majalah mereka. Seperti biasanya, sebuah laman polling diterbitkan yang bertujuan untuk menentukan mangaka terbaik dalam majalah itu.

Faktor utama yang dinilai untuk memilih mangaka terbaik adaalah kemampuannya sebagai mangaka itu sendiri. Namun para pemilih atau netizen yang memilih lebih mengutamakan gaya gambar dari karya mereka. Dan didapatkanlah 20 mangaka yang terpilih menjadi terbaik berdasarkan pendapat netizen.

Mangaka Terbaik di Shonen Jump Menurut Pendapat Netizen

Takeshi Obata (Death Note)

Takeshi Obata Death Note

Takeshi Obata (小畑 健, Obata Takeshi, lahir di Prefektur Niigata, Jepang, 11 Februari 1969; umur 48 tahun) adalah seorang mangaka Jepang. Obata biasanya bekerja sebagai seniman utama yang bekerja sama dengan seorang penulis utama. Dia menjadi terkenal berkat karyanya Hikaru’s Go (dengan Yumi Hotta) yang berhasil memopulerkan kembali permainan go di Jepang. Setelah sukses dengan karya nya bersama Tsugumi Ohba yang berjudul Death Note, kali ini ia tengah mengerjakan manga Bakuman yang diserialisasikan di Weekly Shonen Jump, bersama dengan Tsugumi Ohba.

Akira Toriyama (Dragon Ball)

Akira Toriyama Dragon Ball Z

Akira Toriyama (鳥山 明 Toriyama Akira?, lahir 5 April 1955 di Nagoya, Aichi) adalah salah satu mangaka legendaris di Jepang dan bahkan dunia. Ia banyak menghasilkan karya-karya hebat, di antaranya Dragon Ball, Fox Tale, dan Blue Dragon.

JANGAN LEWATKAN •
Nostalgia, Empat Karakter The Saint Beasts Dari Serial Yu Yu Hakusho

Selain membuat manga dia juga bekerja sebagai desainer karakter untuk beberapa permainan video terkenal seperti seri Dragon Quest, Blue Dragon, dan Chrono Trigger. Toriyama dianggap sebagai salah satu artis yang telah mengubah sejarah manga karena karyanya yang sangat terkenal dan berpengaruh pada artis-artis manga berikutnya.

Dia meraih penghargaan Shogakukan Manga Award tahun 1981 untuk manga shōnen atau shōjo terbaik yakni Dr. Slump dan karyanya ini terjual lebih dari 35 juta copy di Jepang. Dr. Slump diadaptasi menjadi serial anime yang sukses dan juga anime keduanya dibuat pada tahun 1997 atau tiga belas tahun setelah manganya tamat. Serinya yang berikutnya adalah Dragon Ball yang telah menjadi salah satu manga paling sukses dan terkenal di dunia. Dragon Ball telah terjual lebih dari 230 juta copy di seluruh dunia dan menjadi manga dengan penjualan terbaik nomor tiga sepanjang masa dan dianggap menjadi salah satu alasan utama untuk “Masa Keemasan Jump” selang periode pertengahan 1980-an dan 1990-an saat peredaran manga sedang dalam masa puncaknya. Di luar negeri, adaptasi anime Dragon Ball bahkan lebih sukses daripada manganya dan diakui menjadi pendorong popularitas anime di dunia terutama Dunia Barat.

JANGAN LEWATKAN •
Editor Shonen Jump Meminta Maaf Untuk Komentar Eiichiro Oda dalam Manga One Piece Volume Ke-89

Takehiko Inoue (Slam Dunk)

Takehiko Inoue Slam Dunk

Takehiko Inoue (井上雄彦 Inoue Takehiko, 12 Januari 1967 – ) adalah salah satu mangaka Jepang yang paling terkenal. Karyanya biasa muncul dalam majalah manga untuk remaja lelaki.

Debutnya dalam majalah manga terjadi pada 1988 melalui Purple Maple yang muncul dalam majalah Shonen Jump. Debut buku manganya adalah Chameleon Jail pada 1989. Karyanya yang paling terkenal adalah Slam Dunk, yang telah menjadi pengaruh besar di Jepang, dan kemudian juga hingga ke luar negeri.

Karya berikutnya adalah Buzzer Beater yang dapat ditemukan di Internet. Manga ini ada di situs webnya, dan tampil dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Saat ini dia sedang mengerjakan dua manga yaitu Vagabond dan Real. Keduanya telah menjadi bagian dari manga-manga yang paling banyak diterbitkan di Jepang.

Tsukasa Hojo (City Hunter)

Tsukasa Hojo City Hunter

Tsukasa Hojo adalah mangaka terkenal lewat manga buatannnya yang berjudul “City Hunter”. Gaya mengambarnya didapat setelah belajar di Kyushu Sangyo University. Sebelum debut, dia sudah membuat dua shot berjudul Cat’s Eye dan Angel Heart.

JANGAN LEWATKAN •
Demi Kelangsungan Seri One Piece, Eiichiro Oda Berkomitmen Untuk Rutin Jalan Kaki 30 Menit Sehari!

Hirohiko Araki (JoJo’s Bizarre Adventure)

Hirohiko Araki Jojo's Bizzare Adventure

Hirohiko Araki adalah Mangaka yang terkenal lewat karya Manly yang berjudul JoJo’s Bizarre Adventure. karya populer itu diterbitkan pada tahun 1986.

Masakazu Katsura (DNA²)

Masakazu Katsura

Masakazu Katsura (桂正和 Katsura Mazakazu, lahi pada 10 Desember 1962) adalah seorang mangaka dengan serangkaian karyanya, antara lain Dream Fighter Wingman, Shadow Lady, DNA², Video Girl Ai, I”s (Aizu) dan Zetman.

Eiichiro Oda (One Piece)

Eiichiro Oda One Piece

Saat Eiichiro Oda kecil, Eiichiro Oda selalu berangan-angan sebagai bajak laut dan ingin menjadi mangaka. Pada umur 17 tahun, Eiichiro Oda mengirimkan karyanya berjudul Wanted dan memenangkan berbagai penghargaan. Pada umur 19 tahun, Eiichiro Oda menjadi asisten Nobuhiro Watsuki dalam pengerjaan Rurouni Kenshin. Bersamaan dengan itu pula, Eiichiro Oda menggambar Romance Dawn yang merupakan bab awal dari One Piece. Pada tahun 1997, One Piece terbit pertama kali di majalah Shonen Jump dan menjadi salah satu manga terpopuler di Jepang. Manga One Piece ini pun menjadi Manga no 1 di Dunia bukan hanya di Jepang .

JANGAN LEWATKAN •
10 Karakter Anime One Piece Populer Yang Kaki Atau Tangannya Buntung

Hideaki Sorachi (Gin Tama)

Hideaki Sorachi Face

Kalau yang satu ini memang mangaka favoritnya Penulis. Karyanya Gintama mampu mengocok perut siapa saja yang membacanya. Gori-sensei juga mampu mengaduk emosi pembaca lewat beberapa ceritanya dalam Gintama.

Tetsuo Hara (Fist of the North Star)

Tetsuo Hara

Tetsuo Hara (原 哲夫) lahir pada 2 september 1961. Komik Artis dari Jepang ini terkenal lewat karyanya berjudul Fist of the North Star (Hokuto no Ken) yang di kerjakan bersama Buronson.

Shun Saeki (Food Wars! Shokugeki no Soma)

Shokugeki no Souma S2

Shun Saeki adalah mangaka yang populer karena karyanya yang membahas soal makanan. Dan tentunya kalian tahu itu, Shokugeki no Soma.

Yuusuke Murata (Eyeshield 21)

Yuusuke Murata

Kentaro Yabuki (To Love-Ru -Trouble-)

Kentaro Yabuki To Love Ru

Masashi Kishimoto (Naruto)

Masashi Kishimoto Naruto author

Yoshihiro Togashi (Yu Yu Hakusho, Hunter X Hunter)

Yoshihiro Togashi Hunter X Hunter

Tite Kubo (Bleach)

Tite Kubo Bleach

Akira Amano (Reborn!)

Akira Amano

Osamu Akimoto (Kochikame)

Osamu Akimoto

Buichi Terasawa (Space Adventure Cobra)

Buichi Terasawa

Haruichi Furudate (Haikyu!!)

Haruichi Furudate Haikyuu

Katsura Hoshino (D.Gray-man)

Katsura Hoshino D gray Man

[td_smart_list_end]

JANGAN LEWATKAN •
Karakter Pemakan Buah Iblis Yang Bisa Melewati Laut Dengan Cara Unik

Di Posisi pertama di duduki oleh mangaka Death Note. Seri buku kematian itu memang terkenal sampai kebarat. Seri itu sendiri sudah mendapatkan adaptasi Anime dan beragam versi adaptasi Live-action (salah satunya Death Note Versi Amerika).

Hal yang membuat Dafunda Otaku pusing tujuh keliling adalah peringkat Mangaka One Piece, Naruto, dan Gintama yang berada di tengah-tengah daftar kali ini. Mungkin pemilih kali ini kebanyakan dari kalangan orang yang sudah berumur.

Source: ANN, WikiPedia