Anime & MangaOtakuOtaku List

10 Rekomendasi Manga School Terbaik

Anime atau Manga School, biasanya akan menceritakan tentang kehidupan sekolah. Selain itu, serial ini juga akan dipadukan dengan cerita kisah cinta atau comedy antar tokoh. Nah kali ini Dafunda Otaku akan memberikan rekomendasi manga school terbaik.

Daftar Rekomendasi Manga School Terbaik

Penasaran? Oke, tanpa basa-basi lagi mari kita lihat daftarnya bersama dibawah ini.

1. Koe no Katachi

Koe No Katachi
Koe No Katachi|©Ooima Yoshitoki

A Silent Voice, awalnya serial ini merupakan film animasi karya dari Kyoto Animation. Selain itu, adaptasi komiknya dikembangkan oleh Ooima Yoshitoki, dan terbit pada 7 Agustus 2013.

Terbit7 Agustus 2013
StatusFinish
GenreDrama, School, Shounen
Score8.86

Bercerita tentang Shōya Ishida yang selalu bersikap nakal dan bertidak semaunya. Suatu hari ada seorang murid baru yang bernama Shōko Nishimiya, awalnya ketika Nishimiya memberitahu teman sekelasnya bahwa ia tuli.

Kemudian Ishida bersama teman-temannya pun mulai melancarkan aksinya dengan cara menganggu Nishimiya. Beberapa tahun kemudian, semenjak kejadian itu Ishida pun tidak memiliki teman, dan ia kembali lagi bertemu dengan Nishimiya.

2. Horimiya

Rekomendasi Manga School Terbaik Horimiya
Horimiya|©HERO

Kemudian ada Horimiya, serial manga comedy ini merupakan karya dari HERO. Selain itu komik ini telah terbit melalui Monthly G Fantasy pada Oktober 2011, dan serial ini merupakan komik alternatif karya HERO sebelumnya.

Terbit18 Oktober 2011
StatusOngoing
GenreComedy, Romance, School, Shounen, Slice of Life
Score8.47

Bercerita tentang Kyoko Hori adalah seorang gadis remaja yang dikagumi karena prestasi dan akademiknya, namun ia memiliki sisi lain yang tidak ingin orang lain lihat.

Sementara itu teman sekelasnya yaitu Izumi Miyamura, remaja laki-laki otaku yang menggunakan kacamata. Saat berada di sekolah dan diluar sekolah ia sangat berbeda.

Kemudian ketika keduanya bertemu secara tidak sengaja, mereka saling menemukan masing-masing rahasia dan berkembang menjadi hubungan yang tidak terduga.

3. Nisekoi

Nisekoi
Nisekoi|©Naoshi Komi

Selanjutnya adalah Nisekoi, serial ini merupakan manga comedy karya dari Naoshi Komi. Selain itu komik ini telah terbit melalui Weekly Shōnen Jump pada 21 November 2011.

Terbit7 November 2011
StatusFinish
GenreComedy, Romance, School, Shounen, Harem
Score7.76

Komik ini menceritakan seorang remaja SMA yang bernama Raku Ichijou, pada saat masih kecil, ia pernah membuat janji dengan seorang gadis. Akan tetapi saat sudah dewasa ia melupakan gadis tersebut.

Singkat cerita, Raku pun bertemu dengan seorang cewek cantik pindahan yang bernama Chitoge. Namun kesan pertama mereka awal bertemu tidak baik, kemudian ia mendapat kabar, bahwa ayahnya telah menjodohkanya dengan seorang wanita cantik.

4. Shokugeki no Soma

Shokugeki No Soma
Shokugeki No Soma|©Yūto Tsukuda, Shun Saeki

Berikutnya adalah Shokugeki no Soma, serial ini merupakan manga ecchi karya dari Yūto Tsukuda dan ilustrasi dari Shun Saeki. Selain itu, komik ini telah terbit melalui Weekly Shōnen Jump.

Terbit26 November 2012
StatusFinish
GenreEcchi, School, Shounen
Score8.10

Serial ini mengambil latar Akademi Kuliner Saryo Totsuki. Bercerita tentang Yukihira Soma, yang bercerita-cita menjadi chef full-time di restoran milik ayahnya, dan melampaui ayahnya.

Namun, beberapa saat setelah ia lulus dari SMP, ayahnya yang bernama Yukihira Jōichirō mendapatkan pekerjaan ke Amerika. Akan tetapi ayahnya memberikan tugas kepada Soma untuk bertahan dan menjadi kuat di Akademi Totsuki.

5. Kaguya-sama: Love is War

Kaguya Sama Love Is War
Kaguya Sama Love Is War|©Aka Akasaka

Rekomendasi manga school terbaik selanjutnya adalah Kaguya-sama: Love is War. Serial ini merupakan manga romance karya dari Aka Akasaka. Selain itu komik ini telah terbit melalui Weekly Young Jump.

Terbit19 Mei 2015
StatusOngoing
GenreComedy, Romance, School, Seinen
Score8.95

Menceritakan kisah dari Miyuki Shirogane sang ketua OSIS dan Kaguya Shinomiya sang Wakil Ketua OSIS. Mereka berdua memang merupakan pasangan yang sempurna.

Pasalnya Kaguya merupakan anak orang kaya, dan Shirogane merupakan murid populer. Meskipun mereka berdua saling menyukai, akan tetapi mereka mempunyai harga diri yang tinggi.

6. Great Teacher Onizuka

Rekomendasi Manga School Terbaik Great Teacher Onizuka
Great Teacher Onizuka|©Toru Fujisawa

Selanjutnya adalah Great Teacher Onizuka, manga ini merupakan series karya Toru Fujisawa. Kemudian komik ini terbit melalui majalah Weekly Shōnen Magazine pada Mei 1997

Terbit11 Desember 1996
StatusFinish
GenreAction, Comedy, Drama, Ecchi, School, Shounen
Score8.89

Onizuka adalah seorang guru yang cabul dan mantan anggota geng. Meskipun masa lalu dan sikapnya terbilang cukup buruk, tetapi ia merupakan guru yang konyol dan ingin dekat dengan murid dari kelas 3-4.

Namun hambatan selalu hadir menghadang Onizuka, mulai dari wakil kepala sekolah yang botak sampai Hiroshi Uchiyamada musuh lamanya Onizuka. Mampukah Onizuka menjadi guru yang hebat?

7. Prison School

Rekomendasi Manga School Terbaik Prison School
Prison School|©Akira Hiramoto

Kemudian adalah Prison School, serial ini merupakan manga seinen karya dari Akira Hiramoto. Kemudian komik ini telah terbit melalui Weekly Young Magazine pada 2011.

Terbit7 Februari 2011
StatusFinish
GenreComedy, Ecchi, Romance, School, Seinen
Score7.63

Hachimitsu Private Academy merupakan sekolah SMA elit khusus perempuan. Namun pihak sekolah malah membuatnya menjadi sekolah umum, dan mengizinkan murid laki-laki untuk mendaftar.

Menceritakan tentang kelompok laki-laki mesum yang bernama Andrei, Gakuto, Kiyoshi, Jo dan Shingo. Mereka melakukan rencana untuk mengintip perempuan mandi, akan tetapi mereka ketahuan oleh OSIS dan masuk ke penjara sekolah.

8. 5-toubun no Hanayome

5 Toubun No Hanayome
5 Toubun No Hanayome|©Negi Haruba

The Quintessential Quintuplets, merupakan sebuah serial shounen karya dari Negi Haruba. Selain itu, komik ini telah terbit melalui Weekly Shōnen Magazine pada 9 Agustus 2017.

Terbit9 Agustus 2017
StatusFinish
GenreComedy, Romance, School, Shounen, Harem
Score7.97

Fuutarou Uesugi adalah seorang siswa SMA, tetapi ia menjalani kehidupan yang sulit. Kepribadiannya yang tertutup telah membuatnya tidak mempunyai teman, selain itu ayahnya juga mempunyai hutang.

Kemudian ia pun mendapat kesempatan untuk melunasi hutang keluarganya, yaitu menjadi guru les privat untuk putri keluarga kaya, dengan upah lima kali lipat dari harga pasar.

9. Medaka Box

Medaka Box
Medaka Box|©Nisio Isin, Akira Akatsuki

Rekomendasi manga school terbaik berikutnya adalah Medaka Box, serial ini merupakan manga action karya dari Nisio Isin dan ilustrasi oleh Akira Akatsuki. Kemudian komik ini terbit melalui Weekly Shōnen Jump.

Terbit11 Mei 2009
StatusFinish
GenreAction, Comedy, Drama, Ecchi, School, Shounen
Score7.83

Bercerita tentang Medaka Kurokami, seorang siswa Akademi Hakoniwa tahun pertama yang sangat kharismatik. Selain itu hebatnya lagi ia terpilih menjadi ketua OSIS dengan 98% suara.

Kemudian dengan teman masa kecil, serta bantuan dari anggota OSIS lainnya. Mereka membereskan permasalah dan permintaan setiap murid, dengan cara tidak konvensional.

10. Komi-san wa, Komyushou desu

Rekomendasi Manga School Terbaik Komi San Wa Komyushou Desu
Komi San Wa Komyushou Desu|©Tomohito Oda

Terakhir adalah Komi-san wa, Komyushou desu. Serial ini merupakan manga romance karya dari Tomohito Oda. Kemudian komik ini terbit melalui Weekly Shōnen Sunday.

Terbit18 Mei 2016
StatusOngoing
GenreComedy, School, Shounen
Score8.35

Pada hari pertamanya masuk SMA swasta Ita, Shouko Komi langsung menarik banyak perhatian, wajahnya yang cantik serta penampilannya yang sungguh mempesona.

Meskipun penampilannya sangat sempurna. Namun hanya Hitohito Tadano yang mempunyai kesempatan untuk menyadari bahwa Komi mempunyai masalah serius dalam berkomunikasi.


Demikianlah beberapa rekomendasi manga school terbaik menurut Dafunda Otaku. Nah setelah melihat daftarnya, kira-kira serial mana nih yang menurut kalian paling seru?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment