Anime & MangaOtaku

Inilah Sejarah dan Perkembangan Virtual Youtuber yang Harus Kalian Tau

Virtual Youtuber bisa dibilang seorang Youtuber yang menghibur para penonton dengan menggunakan Avatar hasil komputer dan Avatar tersebut bisa dibilang sebagai sosok yang mewakilkan orang yang ada dibalik komputer tersebut. Jadi simpelnya Vtuber ini merupakan seorang Youtuber, tapi menggunakan Avatar sebagai bentuk visual utamanya. Oleh karena itu kali ini kita akan membahas sejarah dan perkembangan Vtuber.

Jadi Vtuber ini merupakan perkembangan baru dalam Pop Culture Jepang, dengan menampilkan karakter semacam Anime yang berinteraksi langsung dengan penontonnya. Walaupun sebenarnya Vtuber tidak harus terpaku kepada anime.

BACA JUGA:

Berikut Sejarah dan Perkembangan Vtuber

1. Sejarah Vtuber

Sejarah Vtuber
Sejarah Vtuber | esportsnesia

Pasti dari kalian banyak yang bertanya-tanya siapa Vtuber pertama? Dan pastinya juga banyak dari kalian yang akan menjawab Kizuna Ai. Sebenarnya hal tersebut tidak salah, tapi menurut informasi yang kami dapatkan, ada Vtuber jauh sebelum Kizuna Ai.

Baca juga:
Kenalan Dengan Mint-chan Yuk, Virtual Youtuber Indonesia yang Baru!

Jadi elemen Vtuber itu sudah ada sejak tahun 2010, yang dimana semua itu bermula dari Kreator Visual Novel yang mengunggah sebuah video ke Youtube, yang menampilkan animasi 3D Super Sonico.

1 tahun setelah itu, pada tahun 2011 Vloger Jepang yaitu Ami Yamato mengunggah video pertamanya yang menampilkan Avatar Virtual Animasi yang berbicara ke kamera. Namun pada saat itu banyak orang yang membuat kesimpulan kalau Ami Yamato ini tidak sadar kalau ia adalah Vloger Virtual. Soalnya tujuan Ami Yamato memakai Avatar saat itu karena ingin menampilkan sesuatu yang berbeda.

Setelah Ami Yamato, pada tahun 2012 perusahaan Jepang Weathernews, mendebut sebuah karakter bergaya Vocaloid yang bernama Weatheroid dan pembawaan karakter ini dianggap sebagai awal mula pendobrak ke arah Vtuber.

Nah pada tahun 2016, Digital Artist Activ8 mendebut karakter avatar 3D yang bernama Kizuna Ai. Tentunya kepopuleran Kizuna Ai ini membuat ledakan besar bagi dunia Virtual Youtube, dan karena kepopulerannya tersebut Kizuna Ai disebut sebagai Vtuber.

Baca juga:
Crowdfunding Hadiahkan Asi dari Oppai Virtual Youtuber Ini Untuk Kamu, Mau?

2. Agensi Vtuber

Agensi Vtuber
Agensi Vtuber | NIJISANJI_ID

Nah karena kepopuleran Kizuna Ai, sehingga pada tahun 2018 Trend Vtuber berada di titik yang sangat meningkat. Pada tahun 2018 Anycolor membuat sebuah inovasi baru yaitu agensi Vtuber yang dikenal dengan Nijisanji.

Tidak lama setelah itu Corporation perusahaan yang awalnya mengembangkan Perangkat Lunak Augmented Reality dan Virtual beralih fokus ke dunia Vtuber dengan mendirikan agensi yang dikenal sebagai Hololive.

Sejak saat itu Vtuber sudah menjadi bagian dari Youtube dan karena perkembangannya yang semakin luas karena mengikuti daya tarik fans anime dan manga. Tentunya melihat perkembangan yang besar itu Agensi Nijisanji dan Hololive semakin melebarkan sayapnya dengan membuat cabang di berbagai negara. Serta mulai banyak bermunculan Agensi besar lainnya.


Demikianlah pembahasan soal sejarah dan perkembangan Vtuber. Nah setelah mengetahui dan sejarahnya, kira-kira nih bagaimana menurut kalian soal fenomena Vtuber itu? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Dafunda Otaku yah.

Baca juga:
Trailer dan Jadwal Tayang Virtual-san wa Miteiru, Anime Baru Dengan 30 Virtual Youtuber Sebagai Karakternya

Related Posts

Leave Comment
Dafunda.com Maukah kamu menerima notifikasi konten terbaru dari kami?
Dismiss
Allow Notifications