4 Fitur Android 11 yang Sudah Bisa Dicoba

in ,
Fitur Android 11
Fitur Android 11 | 3nions.com

Sebelum diperkenalkan Google, sistem operasi Android terbaru kini sudah bisa dicoba oleh pengguna. Android 11 sudah bisa dicoba oleh pengguna ponsel Pixel, jadi bagi yang memiliki smartphone Pixel kalian bisa mencobanya sekarang.

Namun Android 11 ini bukan versi akhirnya dan masih versi pengembangan. Artinya pengguna tentu bakal menemukan sejumlah bug atau kesalahan di OS Android 11 tersebut.

Android 11 versi tahap pengembangan ini sudah bisa dipasang di beberapa smartphone Google seperti Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4 dan Pixel 4 XL.

Menurut Dafunda Tekno pantau dari The Verge, ada beberapa fitur unggulan dari Android 11 ini yang bisa dibilang masih baru. Termasuk fitur yang ada kaitan dengan jaringan 5G nya.

Fitur-fitur Android 11 yang Banyak Dinanti-nanti

Lalu apa-apa saja fitur yang tersedia di Android 11 ini? yuk simak berikut ulasan selengkapnya.

1. Bubbles

Pada dasarnya fitur ini adalah bagian dari Android 10 dan membuat kita mengingatkan tampilan dari chat heads milik Facebook.

Bubbles adalah tampilan antarmuka baru (UI) untuk aplikasi perpesanan. Dimana dengan fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka lebih dari satu aplikasi percakapan sekaligus dengan mudah.

Namun saat ini fitur tersebut hanya dapat dinikmati untuk sejumlah aplikasi perpesanan bawaan Android. Sangat besar kemungkinan bakal tersedia juga untuk aplikasi seperti Facebook Messenger, WhatsApp, Signal dan lainnya.

2. Conversations

Hampir mirip seperti bubbles, fitur ini bakal menampilkan percakapan di area notifikasi. Nanti tampilan pesan yang masuk di bagian notifikasi bakal disesuaikan dengan aplikasinya. Misalkan email, Instagram dan juga pembaruan aplikasi lainnya.

Fitur tersebut juga bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam berkomunikasi serta membalas notifikasi yang masuk.

3. App Permission

Fitur ini bakal menawarkan opsi yang memberikan izin sementara bagi aplikasi yang ingin diakses ke fitur tertentu di ponsel. Seperti kamera, mikrofon, serta data lokasi.

App Permission di Android 11 ini juga membuat ponsel pengguna lebih aman lagi.

4. Screen recording

Fitur perekaman layar ini padahal sudah lebih dulu diperkenalkan di Android 10 beta. Namun sempat dihilangkan karena alasan tertentu. Kini fitur tersebut kembali hadir di Android 11 yang katanya bakal memiliki tampilan yang lebih menarik lagi.

Selain itu juga terdapat sejumlah pembaruan dari minor. Seperti mode gelap (dark mode) yang aktif secara otomatis dan motion sense yang dapat memutar musik di Pixel 4.

Disamping itu, juga terdapat fitur pengaturan sensitivitas layar sentuh khusus untuk Pixel 4. Menariknya lagi di Android 11 ini koneksi bluetooth untuk perangkat audio tidak mati sekalipun airplane mode dalam keadaan aktif.

Bagikan jika kamu suka