5 Penyebab Baterai Ponsel Cepat Habis dan Tips Mengatasinya

in , , ,
Penyebab Baterai HP Cepat Habis Dan Cara Hemat Baterai By Dafunda Tekno

Perangkat elektronik seperti Laptop dan Ponsel menggunakan Baterai sebagai sumber daya utamanya. Tanpa Baterai maka tidak akan ada pasokan daya yang dapat menjalankan ponsel atau perangkat elektronik lainnya.

Baterai pada perangkat yang disebutkan tadi mungkin bisa digunakan berulang kali, karena bisa dilakukan yang namanya pengisian ulang atau Charging. Namun dengan penggunaan yang intens, Baterai tentu akan cepat habis dan borors.

Apa penyebab Baterai HP cepat habis dan gimana cara hemat Baterai? Kali ini Dafunda Tekno akan memberikan tips untuk menghemat Baterai ponsel kalian. penasaran? Simak penjelasan-nya di bawah ini.

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis

Perlu diingat juga, terlalu sering melakukan Charging dalam waktu yang dekat bisa menyebabkan Baterai Drop, terutama pada ponsel jadul. Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi baterai ponsel yang cepat habis.


1. Faktor Kecerahan

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Dan Cara Hemat Baterai By Dafunda Tekno

Tingkat kecerahan layar yang tinggi dan bahkan dibuat menjadi maksimal adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap baterai. Semakin tinggi kecerahan yang diatur, maka akan semakin cepat baterai terkuras.

Untuk mengatasi penyebab baterai HP cepat habis yang satu ini, atur kecerahan layar secukupnya saja. Bila tampilan masih terlihat jelas pada pengaturan di bawah 50%, jangan ditambah lagi. Ini juga untuk meminimalisir gangguan mata dan menghemat baterai.


2. Fitur yang Aktif Tanpa Disadari

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Dan Cara Hemat Baterai By Dafunda Tekno

Cara mengatasi baterai cepat habis yang bisa dilakukan berikutnya adalah memperhatikan fitur pemindai WiFi. Terkadang, para pengguna tidak sadar bila fitur tersebut sedang aktif. Mungkin lupa mematikan sehabis main di Free WiFi.

Kemudian fitur GPS, bila fitur tersebut aktif terus sepanjang hari, maka baterai perangkat mu akan cepat habis. Apalagi jika ponsel tersebut masih terhubung dengan koneksi internet. Maka dari itu perhatikan pengaturannya sebagai cara hemat baterai.

Selain itu, beberapa aplikasi yang diinstal dari Play Store atau internet mempunyai pengaturan otomatis untuk berjalan di belakang layar. Pergi ke pengaturan baterai dan lihat aplikasi-aplikasi yang beroperasi di belakang layar.

Bila tidak terlalu diperlukan, matikan saja fungsinya tersebut. Jika kamu secara tidak sengaja terkena Adware karena mengaktifkan notifikasi dari sebuah situs tidak dikenal, untuk mengatasinya, silahkan instal Antivirus yang ampuh.


3. Faktor Sinyal

Apakah ada hubungannya sinyal dengan pemborosan baterai? Jawabannya adalah ada. Ponsel akan menggunakan lebih banyak daya baterai ketika mencoba terhubung di area yang rendah akan sinyal. Jika memang masih di area sulit sinyal, nyalakan saja Mode Pesawat.


4. Faktor Software

Beberapa Software melakukan pembaruan atau Update pada waktu tertentu. Jika software yang digunakan pada perangkatmu sudah usang atau tidak up-to-date, maka bisa berefek ke pengurasan baterai yang cepat. Bisa dibilang akan terjadi Bug.


5. Faktor Hardware

Bila beberapa poin diatas sudah benar-benar diperhatikan dan disesuaikan dengan baik, namun baterai masih cepat terkuras dan malah cepat sekali habis dari biasanya. Bisa dipastikan Baterai tersebut Soak atau mengalami kerusakan.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya karena kebiasaan tidak mencabut Charging pada waktu yang lama padahal baterai sudah terisi penuh. Kemudian bisa juga karena adanya kerusakan pada pengisi daya atau Charger.


Tips atau Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis

Tips pertama yang harus benar-benar diketahui dan diperhatikan ada pada produk pengganti atau kualitas aksesoris. Pilihlah Baterai, Charger atau Spare Part ponsel yang kualitasnya terjamin Original. Hindari penyebab baterai HP cepat habis.

Jika ponsel yang mengalami pengurasan baterai yang cepat sudah digunakan bertahun-tahun, diganti baterai dan Charger tetap saja, mungkin lebih baik ganti ke ponsel baru. Carilah produk HP baru yang punya kapasitas baterai lebih besar.


Itulah tadi pembahasan mengenai cara mengatasi baterai cepat habis dan cara hemat baterai yang baik pada perangkat-perangkat seperti smartphone dan perangkat lainnya seperti Laptop.

Sumber: Carisinyal