Seperti yang kita tahu, setiap aplikasi di Smartphone baik itu Android dan iOS tentu memiliki tingkat penggunaan data yang berbeda-beda. Mulai dari sedikit pengunaan nya sampai tingkat dewa saat mengkonsumsi kouta internet banyak, kejadian itu terkadang membuat kita tidak percaya kouta Internet cepat habis.

Jangan salah, Hal tersebut tak lepas dari menggunakan sebuah aplikasi. Acap kali setiap pengguna tidak menyadari bahwa kouta internet cepat habis, mau tidak mau pengguna tentunya harus mengisi kembali paket supaya dapat berselancar di internet. Namun sebagian pernah bertanya, bagaimana solusi supaya kouta internet tidak cepat habis ? solusi yang dapat Saya berikan adalah, adakala baiknya, Kamu harus kenali terlebih dahulu beberapa aplikasi yang sangat boros kouta internet.

Dengan mengetahui beberapa aplikasi yang boros kouta internet, setidaknya sekarang Kamu sudah bisa memulai mengatur penggunaannya. Selain itu bisa saja untuk meringankan beban tadi, gunakan pemakaian aplikasi yang boros kouta internet pada saat sedang terhubung dengan WiFi, atau bisa mengatur dengan mematikan fitur-fitur tertentu.

5 Aplikasi Boros Kouta Internet di Android

Berikut ini adalah beberapa aplikasi android yang boros kouta internet menurut data Cnet, sebagai referensi dan landasan buat mengatur penggunaan aplikasi tertentu.

JANGAN LEWATKAN
Cara Mengatasi Poke Ball Stuck Saat Menangkap Pokemon GO

1Facebook

Salah satu jejaring sosial saat ini sangat populer yaitu Facebook ternyata salah satu aplikasi yang boros data internet. Jika penggunaan yang rutin dalam mengecek Facebook ini akan berdampak data internet Kamu cepat habis, pasalnya Aplikasi ini tidak hanya berisi teks saja, namun didalamnya ada foto, video yang memang pada dasarnya sangat banyak mengosumsi data internet.

Ditambah lagi jika Kamu sangat sering membukanya misalkan dalam jangka waktu lima menit sekali Kamu membukanya, dan jika Kamu menyalakan fitur autoplay video, kelar hidup paket data.

Apalagi Facebook saat ini sudah menambahkan fitur baru yaitu pada video linimasi secara otomatis akan terputar ketika pengguna sudah sampai pada bagian video tersebut.

Sangat beruntung sekali untuk fitur autoplay tersebut bisa dimatikan dan akan berjalan jika pengguna menggunakan perangkat yang terhubung dengan WiFi.

2Twitter

Pada urutan kedua kali ini ada Twitter yang salah satu aplikasi yang sangat boros dengan data internet. Berbagai kicauan di Twitter yang di tampilkan secara linimasa dan pendek.

JANGAN LEWATKAN
Tips Menggunakan Valkyrie untuk Clan Wars di Clash of Clans

Namun dalam artian pendek bukan berarti tidak memerlukan kouta internet yang besar. Serupa dengan Facebook, pada Twitter juga ada dengan namanya fitur autoplay video. Jika Kamu membiarkan setiap video berputar dengan sendirinya secara otomatis data internet akan tersedot banyak.

Solusinya adalah, matikan fitur tersebut. Caranya sangat mudah, tinggal sentuh ikon titik tiga bagian sudut kanan aplikasi, lalu pilih settings. Kemudian pilih tab yang betuliskan Data.

Sekarang mulailah untuk mengatur fitur autoplay video aktif saat perangkat terhubung dengan WiFi saja. Alangkah bagusnya lagi, Kamu bias mengatur agar aplikasi twitter tidak menampilkan gambar dan foto.

3Instagram

Seperti yang kita ketahui saat ini, aplikasi yang memungkinkan kita untuk berbagi foto dan video saat ini tengah populer dikalangan anak, remaja, serta dewasa yaitu tepatnya adalah Instagram. Siapa sangka Instagram sangat banyak menyedot kouta, konten dalam bentuk saja sangat banyak disedot kouta apalagi dalam bentuk konten video.

JANGAN LEWATKAN
5 Perusahaan Teknologi Ini Menawarkan Gaji Hingga Milyaran Rupiah

Yang sangat disayangkan dari aplikasi ini adalah tidak ada cara untuk mematikan video yang terputar secara otomatis didalam aplikasi tersebut.

Namun solusi yang bisa Kamu lakukan adalah, coba untuk membuka menu pengaturan. Disitu Kamu akan menemukan tab yang bertulisan Cellular Data Use. Dengan begitu aplikasi ini akan secara otomatis akan menghemat data internet Kamu.

Jangan salah mengartikan bahwa Kamu bisa mematikan autoplay. Sebagai gantinya aplikasi Instagram tidak lagi menggunakan data internet seluler saat video berputar.

4Youtube

Aplikasi pemutar video yang sangat boros kouta adalah Youtube. Kenapa tidak ? karena Youtube merupakan Aplikasi streaming Video online dan tentu Kamu juga bisa berbagi video di Youtube dengan durasi yang panjang. Sehingga membuat pengguna terlena dengan video yang ditawarkan disana.

Beruntung nya di youtube tidak ada fitur autoplay sehingga pengguna bisa mengontrol dalam penggunaannya. Solusi terbaik adalah, nontonlah video di Youtube dengan resolusi yang rendah. Dan ingat jangan lupa untuk mengatur fitur play HD on WiFi Only, sehingga Youtube tidak akan memutar video dengan durasi tinggi di koneksi seluler, karena membuat kouta cepat habis.

JANGAN LEWATKAN
Asik Bernyanyi saat Menyetir, Pria Ini Terekam Kamera Alami Kecelakaan

5Spotify

Terakhir aplikasi yang boros kouta adalah aplikasi streaming musik yang bisa memanjakan telinga bagi pecinta musik pastinya. Dengan aplikasi ini pengguna tidak sadar bahwa data yang dikuras sangat banyak.

Solusi hemat dari aplikasi ini adalah, Spotity sudah menawarkan fitur download untuk pengguna yang premium. Dengan cara tersebut, pengguna sudah bias mengunduh berbagai album yang disukai, tanpa harus berulang menggunakan data internet dalam pemakaian online.

Jika ruang penyimpanan perangkat Kamu menipis, dan ingin mendengarkan musik sercara online, Kamu masih tetap bisa menghemat data dengan cara mengatur kualitas streaming musik.

Caranya mudah, tinggal masuk ke pengaturan yang ada di Spotify lalu pilih tab Streaming Quality. Kemudian akan ada pilihan Otomatis, Normal, High, dan Extreme. Jika Kamu ingin hemat pilih yang kualitas normal saja.

Itulah 5 aplikasi yang boros kouta internet baik di Android dan iOS yang memungkinkan Kamu untuk mendapat acuan dalam mengatur setiap penggunaan aplikasi diatas, sehingga isi dompet bisa beristirahat sejenak 😀

SOURCECnet
BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...
  • http://dafunda.com Kautsar Juhari

    Bagus sih… Tapi rela bagi2 :v