Beberapa Inovasi Teknologi yang Dibawa Vivo Bisa Jadi Kedua Terbesar di Indonesia

in ,
Teknologi Dan Fitur Smartphone Vivo

Vivo kini dinobatkan sebagai vendor smartphone kedua terbesar dikuartal III-2019 oleh Firma riset IDC. Pabrikan smartphone asal China ini mampu memperoleh 22,8% dari total pangsa pasar smartphone di Indonesia.

Berdasarkan penilaian Risky Febrian selaku analis pasar IDC, ada beberapa aplikasi dan fitur yang disematkan pada smartphone Vivo. Itulah salah satu faktor yang membuat Vivo melambung di volume kuartal ini.

“Terutama sekali adanya Z1 Pro, yang hadir dengan spesifikasi dan fitur menarik dan harga cukup bersaing” Cetus Rizky.

Memberikan spesifikasi dan fitur yang menarik di sebuah smartphone itu bukanlah hal yang mudah. Vivo di sini memiliki strategi khusus untuk memaksimalkan segala fungsi tim riset dan pengembangan (R&D).

Vivo Andalkan Inovasi Untuk Bersaing di Pasar Smartphone Indonesia

Keunggulan dari beragam fitur dan inovasi menarik adalah menjadi senjata bagi Vivo untuk menyaingi pasar smartphone Indonesia. Indonesia adalah salah satu pasar paling penting menurut Vivo selaku perusahaan smartphone dunia.

Sepanjang tahun ini Vivo sudah berhasil meluncurkan model smartphone mulai dari seri S, V dan Y. Keseluruhannya itu ada 17 varian yang dipasarkan Vivo ke Indonesia.

Lalu apa-apa saja portofolio inovasi yang sudah dibuat oleh Vivo dan teknologi apa sama yang disematkan di jajaran smartphone mereka itu? Kali ini Dafunda Tekno ingin bagikan beberapa smartphone unggulan Vivo serta inovasi sepanjang tahun 2019 ini.

Beberapa Inovasi dan Teknologi Smartphone Vivo

1. Kamera Pop-up 32 MP Pertama

Fitur Canggih Hp Vivo
Kompas.com

Vivo mulai menerapkan kamera pop-up di Vivo V15 yang diluncurkan pada Maret Lalu. Smartphone ini mengusung kamera pop-up 32MP yang diklaim adalah pertama di dunia. Tidak hanya pertama di dunia, inovasi Vivo V15 ini juga pertama masuk ke Indonesia.

Melalui Vivo V15 inilah yang menjadikan kiblat trend pop-up kamera yang sudah digunakan pada smartphone lainnya saat ini. Seri V ini juga menjadi pertama smartphone Vivo mendukung teknologi AI Triple Camera atau tiga kamera di bagian belakang dan mode malam.

2. Layar Ultra o-screen Perdana

Teknologi Smartphone Vivo
Kompas.com

Tepat pada pertengahan 2019 lalu, Vivo sudah meluncurkan seri terbaru yaitu Z1 Pro. ini adalah seri yang dirilis di bulan Agustus 2019 yang lebih ditujukan kepada para gamer mobile.

Smartphone ini membawa desain muka Ultra O-Screen yang pertama di Vivo. Desain ini terlihat hanya ada sisa sedikit di layar untuk lubang kamera selfie di bagian pojok kiri atas. Sampai saat ini, Vivo Z1 ini masih menjadi salah satu smartphone yang banyak diminati karena memiliki desain Ultra o-screen.

Karena lebih ditujukan kepada para gaming, dapur pacu yang digunakan tentu tidak abal-abal. Vivo percayakan pada chip Snapdragon 712 AIE sebagai prosesor dari Vivo Z1 Pro untuk memberikan performa maksimal.

3. Smartphone dengan Kamera dual-pop Selfie Pertama

Fitur Kerena Vivo
Kompas.com

Vivo tidak butuh waktu lama untuk memberikan inovasi terbaru dan menarik untuk smartphone mereka. Salah satu inovasi terbaru diterapkan di smartphone Vivo V17 Pro. Smartphone ini dirilis sekitar bulan September 2019 dengan model kamera baru. Yaitu Dual-Pop Up Selfie Camera, diklaim pertama yang menggunakan konsep tersebut.

Kamera selfie ganda itu masing-masing memiliki resolusi 32MP untuk kamera utama dan 8MP kamera wide. Tidak hanya itu smarphone ini menjadi seri pertama Vivo yang sudah mengusung empat kamera di bagian belakan atau Quad Camera.

Lensa baru yang disematkan adalah lensa makro yang berguna untuk mengambil gambar lebih detail dan tekstur gambar yang dihasilkan lebih kentara.

Vivo juga tidak lupa menyediakan mode malam di smartphone ini. Vivo V17 Pro diklaim juga menjadi smartphone pertama Vivo menggunakan konektor USB-C dan RAM 8GB, ROM 128 GB.

4. Modul Kamera 4 Lensa yang Unik

Kecanggihan Smartphone Vivo
Kompas.com

Di akhir tahun, Vivo masih saja haus untuk mengeluarkan smartphone terbaru lagi. Kali ini adalah Vivo S1 Pro. Smartphone ini menjadi andalan di seri ‘S’ dan juga pertama kali hadir di Indonesia.

Vivo S1 Pro ini merupakan smartphone pertama di Indonesia yang mengusung modul kamera yang berbentuk belah ketupat. Jika istilah dari Vivo adalah Diamond Shape Camera.

Empat kamera di bagian belakang itu masing-masing memiliki resolusi 48MP kamera utama, 8MP ultra wide, 2MP makro dan 2MP depth sensor.

Bentuk dari kamera smartphone ini tentu menjadi penarik bagi pengguna smartphone di Indonesia. Karena baru ini pertama smartphone yang menggunakan konsep begini.

Selain modul kamera yang terbilang unik ini, Vivo S1 Pro ini juga sudah mengusung fitur screen Touch ID, dan layar Super AMOLED dan kamera selfie 32 MP.


Itulah beberapa teknologi smartphone Vivo dan segudang fitur andalannya yang patut untuk dipertimbangkan. Tidak salah jika Vivo menjadi vendor smartphone kedua terbesar di Indonesia jika mereka terus memberikan inovasi terbaik.

Tinggalkan Balasan