Curi Lirik Lagu, Genius Tuntut Google Sebesar 701 Miliar

in , ,
Google

Google di tuduh dan di gugat oleh genius sebesar 50 juta dollar AS atau sebesar 701 Miliar rupiah. Sang mesin pencari terbesar di dunia ini di gugat karena di tuduh mencuri lirik lagu dari Genius.

Bagi kamu yang tidak tahu, Genius adalah penyedia lirik lagu yang populer. Bukan tanpa alasan gugatan ini di tujukan kepada google, Genius sudah mendapati hal-hal serupa sebelumnya.

Alasan gugatan Genius kepada Google

Genius mengatakan bahwa google telah mencuri lirik lagu dari genius. Pencurian lirik lagu yang di tuduhkan bukan tanpa alasan. Genius mengatakan bahwa selama ini Google di dapati menampilkan lirik lagu di pencarian yang berasal dari situs genius.

Lalu bagaimana cara genius membuktikannya? Genius ternyata menanam watermark di dalam lirik lagu yang berbentuk kode morse. Jadi ketika Google menampilkan lirik lagu di pencarian, dari situlah genius tau bahwa lirik yang di tampilkan google berasal dari situs genius.

JANGAN LEWATKAN •
Pendiri Android Khawatir Apa yang Dibuatnya Justru Merusak Dunia Anak-Anak

Dari pernyataan genius tersebut, google menanggapi bahwa lirik yang selama ini di tampilkan di mesin pecarian mereka adalah kerja sama antara google dengan LyricFind. Google juga menambahkan lirik lagu yang di tampilkan di mesin pencarian mereka di perbarui secara berkala sesuai dengan kerja sama dengan pemilik lagu.

Iklan Guardian Tales - Middle Post (336x280)

Kami tidak melakukan crawling terhadap sebuah halaman untuk menampilkan lirik lagu di hasil pencarian. Lirik yang ditampilkan berasal dari para penyedia konten dan mereka melakukan pembaruan otomatis secara berkala

Google dan Genius sudah lama berseteru

Gugatan yang di layangkan Genius ternyata bukan baru baru ini terjadi, Genius telah lama melayangkan gugatan yang sama sejak tahun 2017.

Genius sendiri merasa sangat dirugikan oleh google yang di anggap telah melanggar persyaratan layanan dan merugikan bisnis dan database lirik mereka yang telah di bangun selama 10 tahun.

JANGAN LEWATKAN •
Cari Uang Dari Youtube Bakal Makin Sulit Karena Aturan Baru Google

Pada kenyataannya, Google dan Genius sama-sama tidak memiliki hak kepemilikan atau yang biasa kita sebut Copyright atas lirik lagu yang di unggah. Namun, Google dan genius hanya mendapatkan lisensi dari Pemilik Lagu. Inilah yang nanti akan membuat kasus jadi lebih rumit.

Sekian dulu infonya gaes, terus ikuti dafunda tekno, kami akan terus memuat berita seputaran tekno yang masih hangat.

Bagikan jika kamu suka