Mampu Bobol Smartphone Pixel, Google Kasih Hadiah Hingga Rp 14 Miliar, Tertarik?

in ,
Hadiah Google Bagi Hacker Pixel

Siapa di sini yang ngakunya hacker, mungkin kamu bisa dapatkan uang langsung dari lomba yang dibuat Google ini. Cara kerjanya gampang, kamu cuma diberikan tugas membobol smartphone Pixel milik Google. Hadiah yang diberikan juga tidak tanggung-tanggung yaitu 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 14 miliar sekali bobol.

Syaratnya sang peretas harus dapat menemukan cara untuk melakukan ‘remote code execution’ di mana dapat memberikan akses yang tersambung ke perangkat Pixel 2 dan Pixel 4.

Artinya lomba meretas yang diadakan Google ini untuk membuktikan dan menguji kemampuan dari chip keamanan Titan M yang tertanam di ponsel Pixel miliknya itu.

Lomba Meretas Pixel Milik Google

Google menanamkan chip keamanan di Pixel 3 saat diluncurkan pertama kali pada tahun 2018 lalu. Lalu, chip ini hadir kembali untuk produk yang baru diperkenalkan yaitu Pixel 4.

Titan M yang diandalkan Google memiliki peran untuk melindungi dari upaya peretasan terhadap ponsel Pixel 3 dan Pixel 4. Salah satunya mencegah loading malware dan juga soal pengamanan informasi penting seperti password.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Forbes, Google juga ikut menyediakan hadiah hingga 1.5 juta AS atau Rp 21 miliar. Bagi hacker yang dapat menemukan celah keamanan OS Android versi developer preview.

Ada Juga Lomba Kategori Android Security Rewards

Di samping itu, Google juga ikut memberikan informasi soal kategori baru di Android Security Rewards, program yang sudah mulai diadakan sejak tahun 2015 lalu. Hadiahnya mencapai kisaran 500 ribu AS atau sekitar Rp 7 miliar.

Sampai saat ini, Google sudah menghabiskan hadiah mencapai 1,5 juta dolar AS hanya untuk program bug bounty. Setidaknya selama 4 tahun terakhir Google sudah menggelontorkan lebih dari 4 juta dolar AS untuk program tersebut.

Google telah memberikan rata-rata lebih dari 15.000 dollar AS atau Rp 210 juta bagi peretas yang mampu membobol sistem keamanan setiap produk miliknya.

Bagikan jika kamu suka