Cara Membuat Barcode Batang di Laptop Menggunakan CorelDraw X5

in , ,
Cara Membuat Barcode Dengan Coreldraw

Jika sebelumnya Dafunda Tekno sudah membahas cara buat barcode batang di laptop dengan menggunakan aplikasi Excel, nah kali ini Dafunda Tekno akan membahas cara membuat barcode batang di laptop dengan menggunakan aplikasi CorelDraw X5.

Barcode atau kode barang adalah sebuah susunan garis vertikal bewarna hitam putih yang berdiri sejajar dengan ketebalan yang berbeda. Jika dilihat memang sederhana, namun barcode sangatlah berguna bagi sebuah toko.

Barcode pada barang berfungsi sebagai penyimpanan data-data spesifiki seperti kode produksi, lingkaran konsentris, tanggal kadaluwarsa, nomor identitas dan lain sebagainya.

Barcode bisa kamu temukan diberbagai jenis barang seperti pada buku perpustakaan, barang yang tersebar di toko, tiket pesawat dan lain-lain.

Cara Membuat Barcode di Laptop dengan Menggunakan CorelDraw X5

Selain menggunakan Excel, kamu bisa membuat barcode di laptop dengan menggunakan CorelDraw X5. Berikut langkah-langkahnya

  1. Buka CorelDraw terlebih dahulu

  2. Kemudian buka lembaran kerja baru dengan menekan CTRL + N.

  3. Di bagian menu bar, kli Edit – Insert Barcode

  4. Pilih type barcode yang ingin kamu gunakan, tuliskan nomor yang ingin dibuat barcode lalu klik Next

  5. Selanjutnya tentukan pengaturan sesuai kemauan kamu dan pilih Next

  6. Jika sudah pilih font yang sesuai dan klik Nex

  7. Barcode sudah jadi kamu buat di CorelDraw X5 seperti gambar dibawah ini


Itulah cara membuat barcode di laptop dengan menggunakan aplikasi CorelDraw X5 yang sangat mudah. Jika kamu punya pertanyaan seputar tutorial ini, silahkan melalui kolom komentar dibawah ini ya guys!

Ayo mulai berdiksusi