Cara Mudah Memperbaiki Windows yang Tidak Bisa Di Install Pada Partisi Hardisk GPT Partition Style

in , ,
Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Windows Di Partisi Gpt

Mungkin sewaktu-waktu kamu tentu akan mengalami masalah pada saat instalasi Windows. Masalah saat Install Windows yang jarang terjadi adalah tidak bisa install Windows pada partisi hardisk jenis GPT (GUID Partition Table).

GPT pada umumnya tata letak table partisi di hardisk dimana adalah bagian dari standar Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) sebagai pengganti BIOS di Laptop atau PC. Yang biasa digunakan tipe partisi MBR (Master Boot Record).

BACA JUGA:

Dengan begitu, kita tidak bisa melanjutkan install Windows sekalipun kamu sudah menghapus atau melakukan format semua partisi hardisk di PC atau laptop. Pasalnya motherboard model baru menggunakan sistem UEFI yang menggantikan sistem BIOS di motherboard PC atau laptop model lama.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mudah Mengatasi Windows 10 Expired Tanpa Harus Install Ulang

Namun kita bisa mengakali masalah tidak bisa install Windows pada partisi jenis ini dengan cara menghapus atau menonaktifkan sistem UEFI pada BIOS di motherboard apabila fitur tersebut tersedia di BIOS motherboard.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Windows Pada Partisi Hardisk Jenis GPT (GUID Partition Table)

Cara Mengatasi masalah tidak bisa install Windows pertama adalah dengan menonaktifkan UEFI melalui BIOS, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Nyalakan laptop atau PC kamu lalu masuk ke menu BIOS

  • Cara menuju menu BIOS pada laptop umumnya dengan menekan tombol ESC (berkali-kali).

Setelah itu masuk ke tab Boot

  • Disini kamu Disable kan UEFI Boot
  • Pada sebagian BIOS yang beda, bisa menggantikan pengaturan Boot Mode menjadi Legacy atau disebut MBR
  • Nah setelah itu, kamu sudah bisa melanjutkan proses install ulang Windows di PC atau Laptop kamu
JANGAN LEWATKAN •
Cara Mudah Mengaktifkan dan Mematikan Windows Defender di Windows 10

Itulah cara mengatasi tidak bisa install Windows pada partisi GPT. Jika cara ini masih belum ampuh dan tidak ada opsi untuk menonaktifkan UEFI di BIOS, kamu juga bisa melakukan cara di bawah ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.