Tidak Bisa Drag dan Drop di Windows, Begini Cara Mengatasinya!

in ,
Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Drag Dan Drop Mouse
Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Drag Dan Drop Mouse | ynda.com

Mouse tidak bisa drag dan drop di Windows 10 menjadi masalah yang cukup serius. Masalah di komputer atau laptop memang cukup sering terjadi, namun kadang kala cara memperbaikinya relatif mudah, ada juga sulit. Ya intinya gampang-gampang sulit.

Bisa dibilang mudah karena caranya tidak harus memperbaiki sistem, sementara yang sulit dibutuhkan keahlian mendalam untuk memahami algoritma. Atau kode-kode perintah melalui cmd dan lain sebagainya.

Nah kali ini Dafunda Tekno ingin kasih tahu cara mengatasi mouse bermasalah tidak bisa drag dan drop di Windows 10. Masalah pada mouse seperti ini mungkin cukup sering terjadi, baik itu untuk pengguna PC atau laptop.

Di khasus seperti ini, Dafunda Tekno bakal melakukan di PC atau Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 7 atau 10.

Penyebab Mouse Tidak Bisa Drag dan Drop di Windows 10 dan Cara Mengatasinya

Masalah Mouse tidak bisa drag dan drop di Windows Bisa Disebabkan dua hal yaitu:

Masalah pada Hardware

Masalah yang pertama biasanya ada hubungan dengan hardware atau device yang digunakan. Biasanya disebabkan oleh penggunaan yang begitu lama, atau bisa dibilang usia mouse sudah tua dan perlu diganti.

Namun sebelum mengklaim mouse yang digunakan itu rusak, maka perhatikan terlebih dahulu kondisi mouse. Baik dari segi indikator lampu (menyala atau tidak), srollnya, kondisi kabel dan kondisi fisik mouse lain di mouse itu sendiri seperti baterai (pada mouse koneksi wirreles).

Masalah pada Software

Jika setelah kamu perhatikan mouse benar-benar tidak mengalami masalah. Masalah kedua bisa jadi karena software atau driver di PC/laptop kamu bermasalah. Nah untuk mengatasi Windows 10 tidak bisa drag dan drop mouse. Dafunda Tekno ingin menyarankan kamu untuk mencoba tutorial di bawah ini.

JANGAN LEWATKAN •
Windows 7 Akan Tutup Usia Tahun 2020, Kamu Sudah Siap Move On?

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Drag dan Drop Mouse

Cara mengatasi Windows 10 tidak bisa drag dan drop mouse di bawah ini yaitu melalui cmd. Cara mengatasi mouse tidak bisa drag dan drop di laptop atau komputer dijamin berhasil. Karena sebelumnya Dafunda Tekno juga pernah mengalami hal serupa.

Nah jika kamu juga mengalami masalah yang serupa, kamu bisa menggunakan cara di bawah ini untuk mengatasi mouse tidak bisa drag dan drop di Windows 10 ini.

  1. Buka jendela Run

    Caranya tekan tombol logo Windows + R. Setelah itu bakal muncul seperti gambar di bawah ini.
    Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Drag Dan Drop Mouse (1)

  2. HKEY_LOCAL_MACHINE

    Setelah muncul jendela Registry Editor, klik dua kali pada HKEY_LOCAL_MACHINE . Selanjutnya klik pada tombol Software.Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Drag Dan Drop Mouse (2)

  3. Setelah itu cari folder Folder Microsft

    Lalu setelah folder Microsoft klik pada foldernya setelah itu klik pada folder Windows.Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Drag Dan Drop Mouse (3)

  4. CurrentVersion

    Jika sudah klik folder Windows, sekarang klik pada folder CurrentVersion.Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Drag Dan Drop Mouse (4)

  5. Folder Policies

    Setelah berada di folder CurrentVersion, klik pada folder Policies.Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Drag Dan Drop Mouse (5)

  6. Folder System

    Langkah selanjutnya klik pada folder System dan pilih EnableLUACara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Drag Dan Drop Mouse (6)

  7. Mengubah EnableLUA

    Ubah Value data menjadi angka ‘0’. Setelah itu klik pada tombol OK.Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Drag Dan Drop Mouse (7)

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mematikan Cortana di Windows 10, Untuk Kamu yang Tidak Membutuhkan Personal Assistant

Itulah cara mengatasi Windows 10 yang tidak bisa drag dan drof mouse, atau cara mengatasi mouse tidak bisa mengarahkan folder dengan cara drag atau drop. Jika kamu punya cara lain untuk mengatasi masalah seperti di atas, kamu bisa bagikan melalui kolom komentar di bawah ini.