Cara Mengunci Word dengan Password Agar Tidak Bisa di Copy dan Diedit Orang Lain

in ,
Cara Kunci Word Dengan Password
Cara Mengunci Word Dengan Password

Supaya file word kamu bisa aman, kamu bisa kunci word dengan password agar tidak bisa di copy dan diedit orang lain. Cara mengunci word supaya tidak bisa di copy ini bisa kamu terapkan di Microsoft Word versi 2007, 2010, 2013, dan 2016. Jika kamu sedang mencari tahu cara kunci Word, kamu sedang berada di artikel yang tepat.

Ada saatnya kita tidak ingin dokumen yang kita miliki itu diakses oleh sembarangan orang. Dokumen yang dimaksud adalah berupa file word, excel, pdf dan lain sebagainya. Mungkin file dokumen tersebut berisi data penting, apalagi terkait dengan data perusahaan.

Maka langkah yang tepat untuk mencegah orang lain untuk mengakses file dokumen tersebut yaitu dengan mengunci word dengan password.

Nah di artikel ini Dafunda Tekno bakal memberi tahu kamu tutorial cara mengunci file word dengan password agar tidak di copy dan diedit oleh orang lain. Tutorial ini Dafunda Tekno coba di aplikasi Microsoft Word 2016.

Cara Mengunci Word Agar tidak Bisa di Copy Orang

Time needed: 3 minutes.

Beberapa langkah yang harus kamu tempuh untuk mengunci word dengan password di bawah ini. Kamu tidak perlu khawatir, karena caranya gampang banget kok. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word

    Setelah aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer kamu terbuka. Pilih Review di bagian atas.Cara Mengunci Word Dengan Password (1)

  2. Menu Review

    Pada bagian menu Review, pilih Restrict Editing.Cara Mengunci Word Dengan Password (4)

  3. Bakal Muncul Beberapa menu dari Restrict Editing

    Selanjutnya centang di beberapa menu di dalam Restrict Editing diantaranya:
    1. Formatting restrictions
    2. Editing restrictions
    Lalu pada Exceptions (optional) di bagian kolom Everyone

    Cara Mengunci Word Dengan Password (3)

  4. Masukkan password untuk mengunci file word

    Isikan password di dalam kolom yang tersedia. Masukkan password dengan kombinasi yang sulit di tebak. Setelah itu klik pada tombol OK.Cara Mengunci Word Dengan Password (2)

Setelah kamu ikuti langkah-langkah di atas, file Word bakal terkunci. Sehingga siapa saja yang membuka file tersebut, mereka tidak dapat mengedit dan meng-copy isinya.

Itulah tutorial cara mengunci word agar tidak bisa di copy orang lain yang mudah dan dijamin aman. Jika kamu punya cara lain untuk mengunci file Word, kamu bisa bagikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Nah jika kamu pernah menemukan file word terkunci dan kamu ingin membukanya. Dafunda Tekno juga pernah membahas caranya. Kamu bisa lihat melalui tautan di bawah ini.