GameGame List

Urutan Timeline Alur Cerita 8 Game GTA

Berikut ialah urutan game GTA berdsarkan timeline ceritanya. GTA yang terbaru nanti kemungkinan akan berlangsung pada 2025.

Inilah urutan cerita awal game GTA berlatar pada tahun 1984 dan yang terbaru akan berlatar pada tahun 2025.

Seri permainan Grand Theft Auto (GTA) adalah salah satu produk paling sukses yang dikeluarkan oleh Rockstar Games, selain Red Dead Redemption. Penggemar game ini saat ini sedang menantikan dengan antusiasnya peluncuran GTA 6 yang direncanakan akan dilakukan pada tahun 2025.

Ada tiga universe dalam seri GTA, yaitu 2D Universe, 3D Universe, dan HD Universe. Kali ini, kita akan membahas kronologi GTA berdasarkan urutan timeline dalam game.

Namun, kita hanya akan membahas timeline dari 3D Universe dan HD Universe. Kedua universe ini terhubung meskipun ceritanya tidak saling terkait.

Urutan 8 Game GTA Berdasarkan Timeline

1. GTA: Vice City Stories

urutan game GTA
Image: Rockstar

GTA: Vice City Stories diluncurkan pada tahun 2006, tetapi plotnya berlangsung pada tahun 1984. Cerita dimulai ketika Victor Vance tiba di Vice City untuk memulai kehidupan baru setelah meninggalkan karier militernya.

Di sana, Victor Vance terlibat dalam kejahatan. Game ini menceritakan peristiwa sebelum GTA: Vice City.

2. GTA: Vice City

GTA: Vice City
Image: Rockstar

Pada tahun 2002, GTA: Vice City rilis sebagai sekuel kedua dalam seri game GTA untuk konsol generasi keenam. Dengan latar tahun 1986, game ini sukses menciptakan suasana kota Miami era 1980-an yang mereka parodikan.

Cerita berpusat pada Tommy Vercetti yang baru saja bebas dari penjara dan terlibat dalam dunia kejahatan di Vice City. Selain itu, game ini juga memperkenalkan karakter Victor Vance dari GTA: Vice City Stories.

3. GTA: San Andreas

urutan game GTA
Image: Rockstar

Game yang sangat terkenal ini berlangsung di San Andreas (California) pada tahun 1992, atau enam tahun setelah peristiwa yang terjadi di Vice City.

Game ini sendiri rilis pada bulan Oktober 2004. Ceritanya mengikuti perjalanan Carl Johnson yang kembali ke Los Santos setelah tinggal di Liberty City.

Setelah ibunya meninggal, CJ harus menjalani serangkaian tugas untuk melindungi keluarganya dan merebut kembali wilayah gengnya dari kelompok Ballas.

4. GTA: Liberty City Stories

GTA: Liberty City Stories
Image: Rockstar

Game yang rilis pada tahun 2005 ini mengambil latar belakang di Liberty City (New York) pada tahun 1998, atau enam tahun setelah kejadian di San Andreas.

Ceritanya mengikuti perjalanan Toni Cipriani yang kembali ke Liberty City setelah terjadi pembunuhan seorang mafia yang berpengaruh. Peristiwa dalam game ini berlangsung beberapa tahun sebelum kejadian yang terjadi dalam GTA III.

5. GTA 3

urutan game GTA
Image: Rockstar

Cerita GTA III berlangsung pada tahun 2001, yang juga merupakan tahun rilis game ini. GTA III adalah seri pertama dalam franchise ini yang menggunakan grafis 3D.

Ceritanya berpusat pada karakter bernama Claude, yang terlibat dalam konspirasi, balas dendam, dan kejahatan di Liberty City. Claude juga pernah muncul dalam scene misi di GTA: San Andreas.

6. GTA 4

GTA 4
Image: Rockstar

Pada tahun 2008, ketika konsol PS3 dan Xbox 360 telah rilis, seri GTA memasuki era HD Universe. GTA 4 berlatar di Liberty City pada tahun yang sama.

Cerita dimulai dengan kedatangan Niko Bellic di Liberty City dengan tujuan mencari keberuntungan, terlibat dalam kegiatan kriminal, dan mengejar ambisinya sendiri.

Selain itu, GTA IV juga memiliki dua paket ekspansi, yaitu The Lost and Damned dan The Ballad of Gay Tony.

Keduanya juga terjadi pada tahun 2008. Cerita The Lost and Damned berpusat pada Johnny Klebitz, anggota The Lost MC yang berjuang untuk melindungi klubnya dari ancaman luar dan dalam.

Sementara itu, The Ballad of Gay Tony menceritakan petualangan Luis Lopez, seorang pengusaha yang juga terlibat dalam dunia kejahatan di Liberty City.

7. GTA 5

urutan game GTA
Image: Rockstar

Cerita GTA V berlangsung pada tahun 2013, yang sama dengan tahun perilisan game ini. Oleh karena itu, suasana dalam GTA V terasa seperti membawa kita kembali ke tahun 2013. Cerita game ini berpusat pada tiga tokoh utama yang memiliki sifat dan latar belakang yang berbeda.

Tokoh-tokoh utama dalam game ini adalah Michael De Santa, Franklin Clinton, dan Trevor Philips. Mereka terlibat dalam berbagai kegiatan ilegal di kota Los Santos, termasuk merampok bank dan berkonflik dengan berbagai geng kriminal.

Dalam game ini, ada juga Johnny Klebitz yang merupakan karakter dari Grand Theft Auto IV. Johnny muncul dalam satu adegan misi yang melibatkan Trevor Philips.

8. GTA 6

GTA 6
Image: Rockstar

Seperti yang telah diperlihatkan dalam trailer resminya, GTA 6 dijadwalkan untuk rilis pada tahun 2025 mendatang. Meskipun belum ada pengumuman resmi dari Rockstar mengenai tahun di mana ceritanya akan berlangsung, kemungkinan besar latar cerita GTA 6 juga akan berlangsung pada tahun 2025.

GTA 6 mengambil latar di Vice City dan menghadirkan dua tokoh utama yang bernama Lucia dan Jason. Saat ini, masih belum diketahui cerita dari permainan ini. Tetapi, yang menarik adalah apakah karakter-karakter dari seri sebelumnya akan kembali muncul atau tidak.


Itulah urutan 8 game GTA berdasarkan tahun kejadiannya. Dari game-game GTA di atas, mana yang paling kamu suka?

Related Posts

Leave Comment
Enable Notifications OK No thanks