Bukan Hanya Dari Iklan, Begini Cara YouTuber Dapatkan Banyak Uang

in ,
Cara Mendapat Uang Google Adsense

Saat ini sangat banyak orang yang berkeinginan menjadi YouTuber karena berbagai alasan. Salah satunya mendapat uang di YouTube melalui AdSense yang katanya bisa jadi kaya raya.

AdSense adalah salah satu program kerja sama periklanan yang dikelola oleh Google. Selain menjadi YouTuber, para blogger yang memiliki website juga bisa memanfaatkan AdSense sebagai sumber iklan dan meraup untung. Kali ini Dafunda Tekno akan kasih tahu kamu cara YouTuber dapat uang. Jangan berpikir cuma hanya mengandalkan iklan lewat AdSense saja ya!

BACA JUGA:

Tidak Hanya Lewat Iklan Saja, Begini Cara YouTuber Dapat Uang Banyak

Cara Mudah Mendapat Uang Di Internet

Untuk mendapatkan Adsense, para YouTuber membutuhkan minimal 1.000 subscriber (pelanggan) dan 4.000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir.

Nah setalah akun Google sudah terhubung dengan Adsense, maka setiap video yang ditonton minimal 30 detik akan dihitung dan dikonversikan ke Adsense.


Adsense Indonesia Memiliki Nilai yang Sangat Kecil

Cara Mendapat Uang Di Adsense

Namun cara membuat orang menonton video minimal selama 30 detik itu tidaklah mudah. Apalagi mereka yang mengklik iklan terpanjang.

Selain sulit untuk mendapatkannya, nilai Adsense dari YouTube ternyata terbilang kecil. Apalagi di Indonesia nilai Adsense/CPM (Cost Per Miles) sangat rendah dibandingkan dengan negara lain.

CPM adalah sebuah layanan yang disediakan untuk YouTube, setiap kelipatan 1.000 view konten mereka. Dan ini menjadi salah satu faktor yang paling penting memonetisasi iklan dari YouTube.

JANGAN LEWATKAN •
4 Fitur Baru di Google Search Ini Perlu Kamu Ketahui

Pendapatan yang diperoleh dari Adsense sendiri bisa fluaktif. Hal ini tergantung dari momen-momen tertentu dimana para pengiklan memasang iklan di YouTube.


Memiliki Subscriber Banyak Bukan Berarti Bisa Kaya

Cara Mendapat Subscriber Banyak

Para YouTuber tidak bisa menghasilkan uang banyak jika hanya mengandalkan urusan monetasi sepenuhnya di Adsense.

Tim Schmoyer, YouTuber di kanal Viceo Creators, pernah menceritakan tentang YouTuber lain yang memiliki 2 juta subscriber. Dengan jumlah subscriber tersebut, YouTuber tersebut hanya mampu mendapat uang ratusan dollar AS per bulan dari Adsense.

Memang jumlah subscriber adalah modal utama untuk memperoleh penghasilan di YouTube melalui Adsense. Namun bukan menjadi faktor utama, pasalnya jumlah subscriber banyak belum pasti bisa menghasilkan penonton yang banyak pula.

YouTube akan lebih sering memasang iklan di channel yang memiliki karakteristik pononton dan sesuai dengan target audience pengiklanan.

Misalkan ada brand barang mewah yang tidak mungkin dipasang di channel YouTuber yang mayoritas penontonnya adalah remaja atau anak-anak.

JANGAN LEWATKAN •
Hati-hati Memilih Buku Cerita Anak di PlayStore, Karna Ada Konten Dewasa!

Jika memang konten video yang ditonton itu sesuai dengan target iklan yang diterapkan di video tersebut, maka tentu nilai Adsense akan juga lebih tinggi.


Diperlukan Rencana Bisnis yang Sangat Matang

Cara Menjadi Youtuber Terkenal

Para konten kreator YouTuber diharapkan memiliki rencana bisnis yang matang mengenai bagaimana cara menawarkan nilai konten mereka. Sayangnya sebagian dari konten kreator YouTube tidak memiliki rencana tersebut.

Banyak yang pasrah kepada YouTube dan berharap uang yang didapat akan datang dengan sendiri dari channel yang mereka buaut.

Mencari uang dari Adsense di YouTube adalah alasan utama dari para YouTuber saat ini, walaupun presepsinya masih kurang tepat.

Uang yang dihasilkan YouTuber itu adalah hasil dari rencana yang matang lewat konten yang dibagikan di YouTube. Tidak boleh asal sudah ada konten sudah boleh dibagikan di YouTube.

Maka itulah Adsense bukan menjadi salah satu pendapatan bagi YouTuber untuk mendapat uang banyak.

JANGAN LEWATKAN •
Google Tidak Sengaja Bocorkan Tanggal Peluncuran Android 11, Catat Tanggalnya!

Endorsement dan Jualan Merchandise

Cara Mudah Mendapat Endorsement

Endorsement atau kegiatan offline lainnya juga salah satu pendapatan yang didapat diluar Adsense. Endorsement adalah mempromosikan produk pengiklanan oleh sang pemilik channel. Jika kegiatan offline adalah contohnya menjadi pembicara disebuah event.

Keduanya bisa saja dilakukan oleh seorang YouTuber supaya dikenal oleh banyak orang dan akan memiliki banyak pengikut sehingga sudah dipandang sebagai influencer. Dengan kata lain mereka bisa menggunakan pengaruh dari influencer untuk mendatangkan uang banyak.


Konten Berbayar

Cara Menjadi Youtuber Cepat Kaya

Mungkin bagi para YouTuber akan mendapatkan pesanan untuk membuat konten yang berbayar. Dimana mereka akan diminta untuk membuat sebuah review sesuai permintaan dan mengulas setra memperkenalkan fitur-fitur atau keunggulan dari produk tersebut.

Jika memang channel YouTube kamu sudah berkembang, pasti akan ada yang meminta untuk mengulas produk untuk dibuatkan review. Nah tawaran konten berbayar itu kamu terima atau tidak tenggantung dari kamu yang memiliki channel YouTube tersebut.

JANGAN LEWATKAN •
Pemerintah Minta Apple dan Google Hapus Uber Taiwan dari Toko Aplikasi, Mengapa?

Honor yang bisa kamu dapatkan dari konten berbayar itu bisa saja bernilai cukup tinggi. Menurut The Economist, YouTuber dengan subscriber di angka 100.000 rata-rata mampu mendapatkan hasiil higga 12.500 dollar AS atau setara Rp 177 juta dari konten berbayar.


Dari ulasan di atas kamu tentu akan mendapat gambaran bagaimana cara YouTuber dapat uang banyak kan? Jangan pernah menjadi seorang YouTuber yang hanya mengandalkan Adsense untuk mendapat uang banyak.