Berita TeknologiTekno

Gara-gara Virus Corona, Server PUBG Mobile di China Down

Virus corona sempat diklaim menjadi penyebab server game milik Tencent menjadi ‘down’. Sebagian besar dari masyarakat China lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Salah satu kegiatan yang dilakukan selama berdiam diri di dalam rumah adalah bermain game.

Seiring meningkatnya jumlah pemain yang melakukan login di akhir pekan lalu, membuat server Game of Peace (di versi global yang dikenal sebagai PUBG Mobile) itu mengalami penurunan layanan atau down.

Server Game PUBG Mobile di China Down Gara-gara Virus Corona

Salah satu pemain Game of Peace, Tiyuxiaoqiao lewat jajaring sosial Weibo mengaku tidak bisa sama sekali mengakses game battle royale tersebut.

“Tidak jadi nonton film, drama, kumpul-kumpul, mandi di pemandian air panas. Cuma ingin main game, tapi (servernya) collapse” tulis Tiyuxiaoqiao.

Menurut pengamat industri, meningkatnya traffic yang dialami Game of Peace ini disebabkan masa liburan Tahun Baru Imlek. Mengingat perayaan ini merupakan hari libur nasional bagi rakyak China.

Walaupun demikian, peningkatan itu juga bisa sebabkan karena penyebaran virus corona. Membuat para masyarakat lebih memilih untuk berdiam diri di dalam rumah, sambil bermain game.

Penyebab Server PUBG Mobile Down di China Karena Masyarakat Hanya di Rumah

Tencent setelah mengetahui hal tersebut, pihaknya langsung menanggapi keluhan para gamer dengan memperbaiki server dan bakal meningkatkan kapasitas.

“Antusias dari pemain luar biasa, sehingga server mengalami down bisa terjadi” cetus Tencent seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Kompas.com.

Sebelum diperbaiki, perusahaan game yang basisnya di Shenzhen itu juga memberikan ‘item in game’ secara gratis sebagai kompensasi, termasuk juga kosum ‘crazy rabbit pejamas’.

Tencent diketahui sudah melakukan kontribusi soal penanganan virus corona yang berpusat di Wuhan dengan menyumbangkan 300 juta Yuan atau sekitar Rp 590 miliar. Dana tersebut digunakan untuk membantu pasokan medis.

Game of Peace yang merupakan game battle royale itu menurut App Anie adalah game paling populer dan berada lima besar di dunia menurut jumlah pemain. Sedangkan secara global game ini dikenal dengan sebutan PUBG Mobile.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.