Gmail Bakal Tersedia Fitur Chatting Hingga Video Call

in ,
Fitur Baru Di Gmail
Fitur Baru Di Gmail | Google

Saat ini semua aplikasi sudah meluncurkan berbagai fitur terbaik untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Apalagi seperti saat ini di masa pandemi yang banyak orang bekerja dari rumah (work from home/WFH). Begitu pula dengan Gmail yang berencana ingin menghadirkan fitur teranyarnya.

Pada pekan ini, platform untuk mengirim surat elektronik milik Google ini dipastikan bakal hadir sejumlah fitur baru. Fitur tersebut diantaranya tab untuk ‘Chat’, ‘Rooms’ sampai ‘Meet’.

Vice President & GM, G Suite Google, Javier Soltero mengungkapkan jika fitur baru ini bakal membantu produktivitasi para pengguna.

Gmail Bakal Tersedia Fitur Chatting Hingga Video Call

Fitur Terbaru Di Gmail
Fitur Terbaru Di Gmail | Google

Pasalnya, banyak dari pengguna yang mengaku jika produktivitas mereka sangat terganggu apabila harus beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Dengan begitu, Google kini ingin melakukan perubahan besar terhadap Gmail dengan melakukan integrasi e-mail dengan layanan komunikasi.

JANGAN LEWATKAN •
Bocoran dari Wujud Google Pixel 3a dan Pixel 3a XL

“Satu hal yang terus kami dengar dari pengguna adalah bagaimana proses perpindahan antar aplikasi mengganggu kerja serta fokus mereka” ungkap Javier seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Kompas.com.

Nanti fitur Chat di Gmail bakal tersedia di bagian bawah dan dapat diakses ketika ingin melakukan percakapan dengan teman lainnya. Sedangkan tab Rooms bisa digunakan untuk berbagi file antara rekan kerjanya. Sementara Meet bisa diakses saat pengguna ingin menggunakan layanan video telekonferensi.

Fitur Gmail ini memudahkan produktivitas para pengguna

Disamping itu, Google juga ikut memindahkan fitur-fitur utama di Gmail ke dalam satu tab khusus yang bernama ‘Mail’. Sehingga pengguna lebih mudah lagi ketika ingin mengakses tab sesuai dengan kebutuhan tanpa harus membuka banyak aplikasi lagi.

“Misalkan pengguna ingin melakukan panggilan video dari sebuah percakapan, meneruskan ke kontak masuk dan membuat jadwal tugas” Jelas Javier.

Jadi nanti pengguna tidak lagi perlu repot-repot untuk menginstall aplikasi Meet untuk melakukan rapat secara virtual. Karena dengan adanya fitur terbaru ini, layanan video call juga sudah bisa dilakukan di aplikasi Gmail.

JANGAN LEWATKAN •
Sepi Peminat, YouTube Gaming Bakal Ditutup Akhir Bulan Ini!

Walaupun begitu, belum ada informasi soal kapan fitur-fitur tersebut bisa digunakan oleh pengguna Gmail secara umum. Jelasnya nanti setelah meluncur, fitur tersebut bakal tersedia bagi pengguna Gmail baik versi mobile atau web yang berlangganan layanan G Suite saja.