Hati-hati Aplikasi Ini Bisa Menguras Isi Dompet, Sekalipun Sudah Dihapus!

in ,
Aplikasi Bahaya Di Google Play
Aplikasi Android Fleeceware | kaldata.com

Belakangan ini firma keamanan siber, Sophos berhasil menemukan setidaknya ada 21 aplikasi Android yang dinilai bahaya dimana dapat menguras isi dompet penggunanya. Sejumlah aplikasi Android bahaya tersebut ditemukan masuk ke dalam kategori fleeceware.

Perlu kamu ketahui soal fleeceware, ini bukan aplikasi sejenis malware atau virus. Namun aplikasi ini lebih ke arah aplikasi yang dapat menipu penggunanya dengan iming-iming dapat menggunakan aplikasi secara gratis dalam masa percobaan.

Setelah masa percobaan tersebut, maka pengguna nantinya bakal dikenai biaya untuk berlangganan.

Nah kebiasaan pengguna tertarik untuk memasang aplikasi tersebut di perangkatnya. Setelah masa percobaan habis kebiasaan pengguna bakal menghapus aplikasi (uninstall), dengan anggapan tidak akan dikenai biaya langganan.

Namun berbeda dari aplikasi pada umumnya, aplikasi fleeceware ini bakal menuntut para pengguna untuk mengeluarkan biaya langganan sekalipun aplikasinya sudah dihapus dari perangkat.

JANGAN LEWATKAN •
Waspada! Ada Malware FinSpy yang Kerjanya Mengintai WhatsApp Pengguna

Karena aplikasi sejenis fleeceware ini menilai jika para pengguna tidak menghentikan free trial secara manual. Jadi pengguna masih dianggap berlangganan aplikasi tersebut.

Sehingga pengguna yang tidak menghentikan layanan tersebut di aplikasi fleeceware, bisa jadi kaget jika ada biaya langganan secara rutin dibebankan.

Aplikasi Fleeceware Ini Juga Terdaftar di Google Play Store

Menurut temuan Sophos, sejumlah aplikasi fleeceware ini bisa dibilang cukup populer. Bahkan ada satu aplikasi angka unduhannya sudah mencapai 600 juta kali.

Pihak Sophos menilai jika pelaku pengembang aplikasi fleeceware ini biasa menggunakan jasa pihak ketiga untuk meningkatkan jumlah ‘install’ aplikasi. Bahkan mereka juga berniat untuk menghujani kolom review dengan ulasan positif demi meyakinkan para korban.

Penasaran apa-apa saja aplikasi yang dapat membuat isi dompet kamu terkuras? berikut 21 aplikasi Android fleeceware hasil temuan Sophos.

JANGAN LEWATKAN •
Spesifikasi Lengkap dan Harga Vivo Y91 di Indonesia

Namun yang perlu kamu ingat, hingga artikel ini muncul sebagian aplikasi yang masuk ke dalam daftar aplikasi fleeceware ini seperti Go Keyboard dan Fortunemirror ada di Google Play Store.

21 Aplikasi yang Dapat Menguras Isi Dompet Pengguna Sekalipun Sudah Dihapus

  1. Astrofun
  2. Easysnap
  3. VCUT
  4. Face X Play
  5. Filmigo
  6. Go Keyboard
  7. Go Keyboard Lote
  8. Go SMS Pro
  9. Go Recorder
  10. Go Security
  11. Fortunemirror
  12. Z Camera
  13. Master Recorder
  14. S Photo Editor
  15. Wonder Video
  16. Clipvue
  17. Filmix
  18. Photo Recovery & Video Recovery
  19. ScreenRecorder
  20. V Recorder
  21. V Recorder Lite

Itulah sejumlah aplikasi Android yang dapat menguras isi dompet kamu tanpa kamu sadari. Jadi lebih bijaklah dalam memilih aplikasi, jika merasa aplikasi tersebut tidak terlalu dibutuhkan lebih baik tidak memasang di perangkatmu.