Inilah Penyebab Foto Danau yang Viral Bisa Rusak Ponsel Android

in ,
Begini Penyebaba Ponsel Android Rusak Karena Pasang Wallpaper Yang Sedang Viral
Begini Penyebaba Ponsel Android Rusak Karena Pasang Wallpaper Yang Sedang Viral | bobo.grid.id

Belakangan ini ada sebuah foto pemandangan matahari terbenam yang terlihat di atas danau dengan latar belakang pegunungan viral di sosial media. Pasalnya ketika foto tersebut dipasang di ponsel Android sebagai wallpaper. Banyak yang melaporkan ponsel mereka menjadi hang. Informasi tersebut berasal dari leaker yang cukup andal Ice Universe lewat akun Twitter-nya, @Universelce.

Dalam isi twet-nya ia mengajak pengguna Android tidak memasang foto ‘terkutuk’ tersebut sebagai wallpaper atau lockscreen ponsel.

Begini penyebab foto pemandangan atau danau yang viral membuat ponsel Android bisa hang

“Awas!!! jangan coba-coba untuk memasang foto ini menjadi wallpaper. Apalagi para pengguna ponsel Android! Foto ini bisa mengakibatkan ponsel kamu crash! jangan dicoba! jika seseorang mengirim foto ini, diabaikan saja,” ungkap Ice Universe lewat akun Twitter pribadinya.

Foto ini diklaim tidak berbahaya jika hanya disimpan di Google Photos atau Galeri ponsel. Foto ini hanya akan membuat ponsel hang disaat pengguna mulai memasang sebagai wallpaper.

JANGAN LEWATKAN •
5 Rekomendasi Aplikasi Cheat Game Android Terbaik Tanpa Perlu Root

Disebabkan oleh warna

Walaupun belum diketahui secara pasti soal penyebab foto pemandangan tersebut bisa membuat ponsel hang. Namun ada yang menilai dari spektrum warna pada foto inilah yang menjadi sumber dari masalah.

Foto pemandangan tersebut katanya memiliki ruang warna (color space) yang lebih besar dibandingkan dengan foto pada umumnya.

Di saat foto digunakan atau dipasang sebagai wallpaper, membuat UI System yang terdapat pada ponsel menjadi crash.

Tetapi Ice Universe sendiri mengklaim foto ‘danau maut’ yang didapat dari media sosial Weibo asal China itu tidak menyebabkan crash saat dijadikan sebagai wallpaper di ponselnya.

Foto yang diunggah dari Twitter memang tidak mengalami perubahan warna. Tetapi ponsel tetap mengalami crash disaat dipasang sebagai wallpaper.

Cara mengatasi jika ponsel hang ketika crash akibat foto tersebut adalah menyetting ponsel melalui bootloader. Selain itu pengguna bisa melakukan cara lain dengan masuk pada safe mode dan menghapus file foto yang terdapat di dalam ponsel.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah 5 Aplikasi Yang Boros Kouta Internet

Namun ada beberapa pengguna yang tidak beruntung. Mereka terpaksa harus melakukan reset yang terdapat pada pengaturan pabrik untuk membuat ponsel kembali normal. Hal tersebut tentu bakal kehilangan seluruh data yang terdapat di dalam ponsel.

Tidak berlaku untuk semua ponsel Android

Sejumlah warganet dilaporkan ada yang nekat melakukan pemasangan foto ‘terkutuk’ di ponsel Android mereka. Hasilnya beberapa ponsel Android tidak mengalami error.

Seperti yang dicoba di ponsel OnePlus, ponsel tersebut tidak mengalami kendala sama sekali. Kemudian dicoba di Pixel 4XL dengan sistem operasi Android 11, ponsel tersebut masih baik-baik saja dan tidak menunjukkan adanya masalah.

Namun pada saat dipasang di ponsel Google Pixel 3 XL dengan sistem operasi Android 10, maka secara otomatis ponsel mengalami hang atau crash.

Pertanyaannya, mengapa di sistem operasi Android 11 tidak mengalami hang atau crash sedangkan di Android 10 ponsel mengalami masalah?

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mudah Blokir Internet Orang Lain dengan Android

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari WCCF Tech, ternyata Android 11 sudah memiliki kemampuan mengubah ukuran color space di dalam foto. Sementara Android 10 belum dapat melakukan hal yang serupa di Android 11.