Instagram Tidak Segan-Segan Blokir Aplikasi Tukang Ngintip

in ,
Aplikasi Intip Di Instagram

Ada sebuah aplikasi yang berusaha untuk menghidupkan salah satu fitur di Instagram yang bisa membuat orang dapat memata-matai pengguna Instagram lain. Setelah Instagram tahu akan hal tersebut, pihaknya langsung memblokir Aplikasi yang di maksud.

Aplikasi yang dimaksud adalah Like Patrol. Aplikasi ini berusaha untuk mengembalikan fungsi dari tab ‘Following’ Instagram. Sejak awal Oktober lalu, Instagram sejatinya sudah menghapus fitur itu.

Tab ‘Following’ ini memungkinkan pengguna untuk melihat segala aktivitas orang lain di Instagram. Pengguna bisa melihat aktivitas tema-teman di instagram tentang potingan mana yang di interaksinya.

Aplikasi Ngintip di Instagram Diblokir

Jadi dengan adanya fitur tersebut di Instagram semua bisa tahu aktivitas orang lain di Instagram tersebut berupa apa yang disukai, dan komentar apa yang ditinggalkan. Bisa dibilang fungsi dari tab ‘following’ ini adalah tukang ngintip di Instagram.

Nah aplikasi Like Patrol yang dirilis di perangkat iOS ini tidak hanya mengembalikan fungsi mata-mata di Instagram, tetapi juga untuk memperkuat-nya. Tidak butuh waktu lama bagi Instagram untuk menyadari dengan keberadaan aplikasi ini.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari CNET, Instagram mengatakan jika developer Like Patrol ini sudah melanggar hukum mereka. Setelah itu pihak Instagram langsung mengirimkan surat teguran kepada developer aplikasi itu.

Akan Tempuh Jalur Hukum

Hal ini bukan kali pertama bagi pihak Instagram untuk mengecam aplikasi pihak ketiga yang mengambil data pengguna Instagram tanpa sepengetahuan mereka.

“Like Patrol sudah melanggar kebijakan kami, dan kami akan mengambil tindakan pada perusahaan terkait. Like Patrol sudah melakukan pengumpulan data orang lain, jadi kami akan mengambil tindakan penegakan hukum”. Ungkap juru bicara Facebook.

Nah yang perlu diketahui, aplikasi seperti Like Patrol hanya salah satu cara untuk memperlihatkan fungsi dari teknologi dapat memantau aktivitas orang lain.

Aplikasi Like Patrol

Selain Like Patrol ini, ada juga aplikasi yang fungsinya serupa lainnya seperti Stalkerware contohnya. Aplikasi ini sering dipakai di dalam hubungan pasangan yang tidak sehat. Stalkerware ini bisa melacak serta mengirim data lokasi, daftar kontak, call logs hingga pesan kepada pengguna.

Memang Like Patrol ini tidak separah Stalkerware. Namun jelas sekali jika aplikasi ini memberikan dorongan kepada orang untuk memanfaatkan teknologi dalam memonitor aktivitas media sosial orang lain.

Tinggalkan Balasan