Samsung Masih Dinobatkan Sebagai Raja Ponsel di Dunia

in ,
Raja Ponsel Dunia

Kabar baik didapat oleh Samsung pada perayaan 50 tahunnya. Pabrikan smartphone asal Korea Selatan ini masih dinobatkan sebagai raja ponsel di Dunia.

Dua perusahaan yang melakukan riset, Canalys dan Counterpoint baru saja membagikan hasil laporan pengapalan ponsel sepanjang kuartal ketiga 2019. Keduanya terlihat menempatkan Samsung sebagai posisi paling atas.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Canalys terlihat ada perubahan dari pasar di periode Juli hingga September di tahun ini. Jumlah pengapalan mencapai 352,4 juta ponsel ke seluruh dunia. Angka tersebut naik sebesar 1% dibanding periode sebelumnya yaitu 348,9 juta.

Samsung Masih Menepati Urutan Teratas

Pada peringkat kedua ada Huawei yang juga ikut mengalami perkembangan paling tinggi dari sederetan vendor lain, mencapai hingga 29%. Mereka berhasil mengapalkan sebanyak 66,8 juta unit dari sebelumnya hanya 51,9 juta unit.

Data Pengapalan Ponsel 2019 Canalys

Data Raja Ponsel Dunia
Canalys

Hingga saat ini Huawei masih punya pangsa pasar 19% dimana sebelumnya mereka hanya berhasil memiliki market share sebesar 14.9%.

Berbeda dengan cerita dari vendor Apple. Hadirnya trio iPhone 11 ternyata bukan menjadi pangsa pasar Apple naik. Malah sebaliknya, mereka mengalami penurunan pertumbuhan hingga 7%.

Di kuartal ketiga tahun lalu, mereka hanya dapat mengapalkan 46,9 juta unit, namun kini hanya 43,5 juta saja. Itulah yang membuat market share mereka menjadi menurun dimana tadinya memiliki 13,4% kini menjadi 12,3%.

Hal sama juga dialami oleh Xiaomi, penurunan juga harus ditelan oleh vendor asal China ini sebanyak 3%. Tercatat pengapalan ponsel pada kurtal ketiga 2019 mencapai 32,5 juta unit. Padahal pada periode sebelumnya mereka berhasil memperoleh di angka 33,4 juta unit.

Sekarang Xiaomi hanya memiliki pangsa pasar sebesar 9,2%. Pada peringkat kelima ada Oppo dengan perolehan market share 9,1%.

Oppo terlihat mengalami peningkatan sebesar 6% jika dibanding dari tahun lalu. Sepertinya di lini ponsenya, smartphone Reno lah yang berhasil mendorong angka pengapalan. Dimana sebelumnya hanya 30,2 juta dan sekarang menjadi 32 juta.

Data Pengapalan Ponsel 2019 Counterpoint

Sedangkan berdasarkan hasil riset Counterpoint. Daftar ponsel yang masuk kedalam lima besar ada perbedaan dengan hasil riset Canalys. Hanya berbeda di urutan keempat yang diduduki Oppo.

Sedangkan data pengapalan kelima vendor itu angkanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa langsung melihat melalui tabel di bawah ini.

Counterpoint Data Smartphone 2019
Counterpoint

Bagikan jika kamu suka