Mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata tercepat sebagai julukan untuk berbagai kendaraan jenis apapun, tidak terkecuali kereta api. tentu ini tidaklah sebuah berita yang mengejutkan. banyak yang sudah meng-klaim ada banyak kereta api tercepat di dunia yang bahkan tidak sedikit orang mengakuinya. seperti halnya di jepang. kereta api tercepat tersebut menggunakan energi magnet yang memungkinkan kereta api melayang beberapa senti di atas rel yang membuat dorongan kepada kereta api. penerapan teknologi ini berhasil memecahkan rekor hingga membuat kecepatan kereta api melaju sampai kecepatan 603 km/jam hingga membuat kereta api ini menyandang gelar sebagai kereta api tercepat di dunia! nama teknologi ini adalah “magnet levitation

Terlepas dari kereta api tercepat di dunia yang berada di jepang, lagi-lagi teknologi dunia menampakkan kembali kemampuannya. tidak hanya berhenti pada gelar kereta api tercepat di dunia, teknologi kini menciptakan kereta api yang bernama Hyperloop yang di sebut-sebut akan menyandang gelar kereta api tercepat di dunia selanjutnya, dan kereta api yang bernama Hyperloop ini akan di uji pada tahun 2016 nanti. Pengembangan teknologi ini di maksudkan guna mempermudah perjalanan antar negara menjadi cepat dan singkat.

Sistem yang di gunakan Hyperloop menggunakan tekanan udara yang sangat rendah di dalam ‘tabung’ hingga membuat dorongan kapsul yang berisi orang atau kargo dalam kecepatan 3 digit. Tabung yang dimaksudkan adalah tabung yang menjadi jalur kereta api itu sendiri dan udara di atur serendah mungkin hingga memiliki tekanan dana dorongan untuk kereta api itu sendiri. Tabung yang berisi kereta api ini juga berisi koil stator yang di bangun diatas nya dan juga menggunakan teknologi Magnet Levitation untuk mendukung kecepatan kereta api yang bernama Hyperloop ini.

seperti ini lah kira-kira gambang tabung yang akan di terapkan pada Hyperloop :

tabung HyperloopBelum secara resmi kereta api ini telah di uji, tapi CTO dan Co-Founder Hyperloop teknologi sudah memiliki angan yang besar yaitu membentang jalur kereta api menjadi sangat panjang untuk membawa penumpang nanti. tapi agar tujuan itu terwujud, tentunya ia harus memastikan semua rencananya berjalan dengan baik, maka dari itu teknologi ini akan langsung di uji pada tahun 2016 nanti, lebih tepatnya pada awal tahun 2016.

Panjang trek ini akan di uji sejauh setengah mil di North Las Vegas dengan koil stator sepanjang beberapa ratus meter. namun tidak ada kapsul pada uji coba nanti. hanya ada bagian alasnya yang akan di uji dengan bantuan magnet guna memberikan dorongan dan beberapa trailer pembangkit listrik. Perusahaan memperkirakan akselerasi kereta api ini akan melaju dengan kecepatan 0 sampai 336 mil per jam hanya dalam waktu 2 detik saja!

cepat sekali bukan? akankah kereta api ini menyandang gelar sebagai kereta api tercepat di dunia selanjutnya? bagaimana menurut kamu?