Sebuah berita yang mengejutkan di Karawang, Jawa Barat pada beberapa waktu lalu, berita tentang seseorang pria yang tersambar petir saat menggunakan ponsel disaat cuaca mendung atau hujan. Pria yang bernama Jordan tersambar petir disaat menggunakan handsfree dengan ponsel berada didalam saku celana.

Akibat dari sambaran petir tersebut, paha kiri Jordan yang mengantongi ponsel tersebut hangus kelam disambar petir, tidak hanya Jordan , bahkan tidak hanya Jordan yang merasakan dampak sambaran petir tersebut orang yang berada disekitaran Jordan juga merasakan yang membuat mereka pingsan. Atas kejadiaan ini , tentunya menimbulkan banyak pertanyaan dikalangan masyarakat mengenai keamaan dalam menggunakan ponsel saat cuaca sedang hujan.

Ponsel-Disambar-Petir_3Namun menurut Jurnal keluaran Lembaga National Oceanic and Atmospheric menyatakan bahwa menggunakan ponsel saat cuaca hujan tetap aman, karena tidak adanya penghantar antara petir dan anda. Tetapi NOOA menyarankan agar tidak menggunakan telpon kabel disaat cuaca hujan, karena kabel yang terdapat pada telpon tersebut dapat menjadi penghantar listrik yang menyebabkan terhubungnya dengan petir.

TAHUKAH KAMU?
22 Ilustrasi Menyindir Kamu yang Kecanduan Smartphone, Sangat Menyedihkan

Kejadian serupa juga pernah terjadi sebelumnya yang ditulis dalam British Medical Journal pada tahun 2006. kejadian tersebut dialami oleh seorang wanita yang berumur 15 tahun, dengan konsep cerita yang sama yaitu menggunakan ponsel disaat cuaca hujan di tempat terbuka. Namun untungnya wanita ini hanya mengalami serangan jantung dan dapat segera diselamatkan, berlawanan dengan Jordan yang meninggal ditempat saat disambar petir.

Dikarenakan kejadian ini, timbul pertentangan tentang tinpenggunaan ponsel pada saat hujan. Namun dengan lebih berhati-hati dalam menggunakannya akan lebih membuat kita aman dalam menggunakannya seperti halnya tidak menggunakan telpon kabel saat cuaca hujan, dan lebih baik menunda penggunaan ponsel jenis apapun disaat hujan jika tidak dalam keadaan sangat dibutuhkan atau keadaan gawat darurat.

BAGIKAN GUYS
Putra Arifah
Penulis di Dafunda #Games, Mahasiswa tua yang suka dengan berita game. Kamu bisa bertegur sapa melalui sosial Media