Inilah Penyebab Windows Mobile Kalah Saing dengan Android Menurut Bill Gates

in ,
Alasan Windows Phone Kalah Dengan Android

Android untuk saat ini bisa dibilang masih menjadi sistem operasi paling populer. Pasalnya ekosistem Android semakin hari semakin berkembang, terlebih lagi jumlah smartphone yang menggunakan OS ini makin banyak di pasaran.

Jadi sudah bisa dinilai jika sistem operasi mobile saat ini masih dikuasai oleh Android. Namun jika dilihat pada masa sebelumnya, OS milik Microsoft, Windows Mobile juga pernah memiliki porsi di pangsa pasar walaupun tidak sebanyak Android.

Begini Alasan Microsoft Kalah Saing dengan Android Menurut Bill Gates

Bill Gates selaku pendiri Microsoft sudah mengungkapkan alasan kenapa Windows Mobile bisa kalah dengan Android. Tepatnya pada saat acara konferensi DealBook yang diadakan oleh The New York Time pekan lalu.

Menurut Bill Gates penyebab terbesarnya adalah pada masalah gugatan anti-trust (monopoli) yang dialami oleh Microsoft di penghujung dekade 1990-an. Karena hal tersebut, membuat perhatian Microsoft teralihkan, dan membuat tidak konsentrasi untuk pengembangan OS mobile pada gadgetnya.

“Sebenarnya kami sudah menuju ke dalam tahap pengembangan OS mobile. Namun karena perhatian teralihkan dan saya gagal,” ungkap Gates ketika masih menjabat sebagai CEO Microsoft.

“Jika bukan karena masalah anti-trust, maka kamu akan bisa menggunakan Windows Mobile saat ini bukan Android,” tambahnya seperti yang Dafunda Tekno kutip dari The Verge.

Fokus Micorosft sejak itu menjadi terbelah saat kehadiran Windows Mobile. Gates juga menyebutkan OS miliknya telat hadir sehingga tidak bisa disematkan di sebuah ponsel merek Motorola yang akan diluncurkannya.

Namun Gates tidak memberikan informasi yang jelas soal ponsel Motorola mana yang dimaksud, atau waktu rilisnya. Bisa jadi Motorola yang dimaksud yaitu Motorola Droid yang dirilis di AS 10 tahun yang lalu.

Windows Mobile Diubah Nama Menjadi Windows Phone

Windows Phone 8.1
Tampilan Windows Phone 8.1 | The Verge

Microsoft juga sempat mengubah nama Windows Mobile menjadi Windows Phone 7 yang digunakan di sejumlah ponsel HTC pada 2010. Dua tahun setelah itu, smartphone Android pertama yang juga produksi HTC dirilis di pasar.

Walaupun memiliki desain antarmuka yang baru dan segar yang berbasis tile aplikasi, Windows Phone 7 bisa dibilang masih kecolongan start. Hingga makin hari, posisi Windows Phone terus digeser dan akhirnya pangsa pasarnya dikuasai oleh iOS dan Android. Nasib serupa juga dirasakan oleh Blacberry sejak itu.

Jatuhnya Microsoft di sektor mobile menurut Gates adalah kesalahan terbesar semasa ia mengembangkan perusahaan tersebut.

Ayo mulai berdiksusi