Masih Bingung Cara Membuat Surat Lamaran CPNS? Begini Caranya!

in ,
Surat Lamaran Cpns 2019

Pendaftaran CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil sudah mulai dibuka. Sejumlah instansi di pemerintahan juga sudah memberikan informasi mengenai formasi dan kualifikasi pendidikan terkait dengan lowongan CPNS 2019.

Nah bagi kamu yang ingin mendaftar CPNS sudah tahu belum cara membuat surat lamaran CPNS 2019? Jika belum tahu, yuk langsung saja simak berikut ulasannya.

Seperti yang Dafunda Tekno kutip dari Menteri Perindustrian soal pelaksanaan CPNS 2019. Ada syarat-syarat yang perlu diajukan dan disampaikan lewat buku paduan kelembagaan pemerintah negara melalui platform masing-masing.

Berkas-berkas yang diperlukan tersebut bervariasi, mulai dari pas foto dengan latar merah, scan KTP asli/ Surat Keterangan Penerbitan KTP dari Dinas Dukcapil, sertifikat TOEFL, akta kelahiran. Hingga surat pernyataan untuk melamar CPNS 2019.

Begini Alur Daftar CPNS 2019

Alur CPNS 2019
okezone

Namun jika ada pelamar yang masih bingung dengan cara membuat surat lamaran CPNS 2019. Beberapa dari instansi pemerintah sudah memberikan contoh surat lamaran untuk memenuhi kebutuhan dokumen.

Surat Lamaran CPNS 2019

Salah satunya seperti Kementrian Perindustrian (Kemenperin) yang sudah menyediakan lampiran surat pernyataan di lampiran III tepatnya di buku paduannya.

Pada buku paduan daring yang sudah tersedia itu langsung dari situs resmi Kemenperin, ada 27 halaman. Halaman ke 25 adalah lampiran soal surat pernyataan tertulis yang digunakan untuk menjelaskan kondisi dan keadaan untuk tunduk pada peraturan CPNS di Kemenperin.

Lalu ada Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang memberikan contoh surat lamaran CPNS 2019 pada lampiran I. Lampiran atau contoh surat lamaran sudah tersedia di halaman 33 dari 36 halaman di panduan buku daring. Kominfo juga memberikan beberapa hal yang harus disetujui oleh pelamar CPNS 2019 pada formasi yang sudah disediakan.

Disamping mengenai persetujuan, lampiran itu juga menyebutkan beberapa daftar berkas-berkas yang perlu dipenuhi saat mendaftar. Tidak lupa pula dengan lampiran penutup surat lamaran dari Kominfo dan surat pernyataan dari Kemenperin. Dua-duanya membutuhkan materai Rp 6.000 dan memberikan nilai hukum di dokumen-dokumen tersebut.

Nah untuk begitu akan membuat para pelamar CPNS tidak bingung dengan cara membuat surat lamaran CPNS 2019. Karena sudah ada contoh atau format surat lamarannya yang disediakan masing-masing instantsi pemerintah.

Ayo mulai berdiksusi